Cicipi Keunikan Dan Kesegaran Kuliner Khas Blitar

Cicipi Keunikan Dan Kesegaran Kuliner Khas Blitar

Eksapedia.com - Kota Blitar adalah sebuah kabupaten di Jawa Timur dan dikenal sebagai Kota Proklamator karena di kota inilah Presiden Sukarno, presiden pertama Republik Indonesia dimakamkan. Selain itu, Kota Blitar juga dikenal sebagai Kota PETA di mana Supriyadi, pimpinan PETA (Pembela Tanah Air) melakukan pemberontakan kepada Jepang yang menginspirasi timbulnya gerakan perlawanan serupa di daerah lainnya sehingga di kota ini terdapat museum PETA untuk menghargai jasa Supriyadi dan pasukannya.


Kota lahar juga menjadi nama lain kota ini karena wilayahnya berada di kaki Gunung Kelud dengan suhu udara 24 – 34 derajat Celsius di ketinggian 156 meter dari permukaan laut. Dengan wilayah yang hampir seluruhnya perkotaan membuat kota ini tidak menjadikan sumber daya alam sebagai andalan pariwisatanya. Hotel dan penginapan tersedia dekat dengan obyek wisata yang ada di Kota Blitar seperti makam Bung Karno, Sumber Udel Water Park dan Candi Penataran.


Jika anda berkunjung ke kota ini, jangan lupa mencicipi keunikan makanan khas kota Blitar yang berjarak 167 km dari Kota Surabaya dan ditempuh dalam waktu 2 jam berkendara. Berikut beberapa jenis kuliner yang wajib anda coba jika berkunjung ke Kota Proklamator:


Nasi Ampok 

Photoright: pesonawisatakabupatenblitar01.blogspot.com 

Nasi ampok adalah nama lain nasi jagung yang bisa menjadi alternatif bagi anda yang berpantang memakan nasi putih. Nasi ini bermanfaat untuk mengurangi kadar gula dalam tubuh walau tidak semua orang suka mengkonsumsinya karena rasanya yang sedikit hambar. Namun lauk dan sayur akan membuat nasi ini menjadi gurih dan nikmat.


Cara pembuatannya pun sangat sederhana, hanya menghaluskan jagung dengan kualitas baik sehingga tercampur rata dan siap disajikan. Nasi ampok dibandrol hanya Rp.4.000,00 dengan lauk gerih (ikan asin) dan kulupan (urap) serta sayur pepaya dan tewel (nangka muda). Nasi ampok ini dapat anda temukan tidak jauh dari stasiun Blitar, tepatnya di Jl. Veteran Blitar.


Es Pleret 

 Photoright: resepminumansegarmenggoda.blogspot.com

Es pleret terbuat dari tepung beras yang dibentuk seperti pentol bakso yang diisi dengan pemanis dan disajikan dengan santan, sirup atau gula jawa dan batu es yang menjadikan minuman ini terasa segar dikonsumsi di siang hari.


Penamaan pleret diambil dari nama sesepuh Blitar yaitu Kyai Pleret. Pentol bakso atau disebut bola-bola pleret ini terkadang diberi warna merah dan putih dan dicampur dengan agar-agar yang membuat tampilan es pleret ini lebih menarik dan nikmat.


Minuman khas Blitar ini hanya ada disini dan penjualnya makin berkurang. Minuman yang bisa ditemukan di alun-alun Kota Blitar ini hanya dibanderol Rp.2.500,00 per porsinya.


Peyek Uceng 

 Photoright: moomilkcorner.blogspot.com 

Peyek uceng berbahan baku ikan uceng (spesien Nemachelius) yaitu sejenis ikan tawar yang biasanya hidup di sungai yang jernih dan mengalir deras. Ikan ini berbentuk bulat memanjang sebesar jari kelingking dengan garis vertikal hitam di badannya seperti ikan teri.


Usaha untuk membudidayakan ikan teri air tawar ini sempat dilakukan namun usaha tersebut gagal karena ikan jenis ini harus hidup di sungai jernih seperti Kali Lekso yang merupakan jalur aliran lahar yang memiliki air yang bening dan deras dengan batuan material gunung.


Di Blitar, peyek uceng menjadi salah satu oleh-oleh yang bisa anda dapatkan di warung uceng Djoyo Mulyo yang berlokasi di Desa Babadan Kecamatan Wlingi.


Es Drop

Photoright: cafewisata.com

Es drop ini merupakan sebuah jajanan legendaris dari Kota Blitar yang telah ada bahkan semenjak zaman Belanda. Jajanan ini terbuat dari gula jawa dan santan yang dicetak persegi panjang dan diberi gagang dari lidi serta dibungkus kertas dengan bagian bawah yang tetap terbuka.


Es drop ini dijajakan secara berkeliling oleh loper es drop di dalam sebuah kaleng di mana dalam satu kaleng berisi 30 hingga 40 batang es. Satu batang es dihargai Rp.2.500,00 dengan varian rasa coklat, vanila, durian, frambozen, dan kacang hijau sebagai varian favorit. Es drop dibuat di sebuah pabrik yang terletak di Jl. Anggrek No. 51 Kota Blitar di mana anda bisa membeli dalam jumlah banyak.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama