Pesona Air Terjun Sekar Langit - Magelang

Pesona Air Terjun Sekar Langit - Magelang

Eksapedia.com - Di salah satu tempat yang berada di daerah perbatasan antara Magelang dan Semarang terdapat salah satu tempat wisata alam yang sangat indah. Lokasi wisata ini berada di lereng gunung Telomoyo. Objek wisata ini bernama air terjun sekar langit. Pemandangan yang ditawarkan air terjun sekar langit sangatlah mempesona ditambah lagi dengan udaranya yang sejuk dan jauh dari polusi. Tak heran jika objek wisata air terjun sekar langit menjadi salah satu destinasi wisata favorit saat hari libur dan akhir pekan.

Nama sekar langit sendiri tak lepas dari cerita mitos si Jaka Tarub. Konon katanya dahulu kala ada beberapa bidadari yang sedang mandi di sekitar air terjun. Kemudian si Jaka Tarub dengan sengaja mengambil selendang milik salah satu bidadari tersebut. Saat selesai mandi para bidadari tersebut hendak kembali ke asalnya, namun na'as bidadari yang tadi selendangnya di ambil oleh si Jaka Tarub tidak dapat ikut kembali pulang ke asalnya.

Dengan demikian si bidadari tersebut dengan terpaksa harus tinggal di bumi. Cerita mengenai Jaka Tarub tersebut sebenarnya sudah terkenal hingga sekarang bahkan kini sudah banyak para produser memfilmkan mitosnya.

Air Terjun Sekar Langit - Magelang

Lokasi air terjun sekar langit berada di desa Telogorejo,  kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Untuk menuju kemari ada 2 rute yang bisa dilalui para pengunjung, yang pertama dari arah Magelang itu sendiri dan yang berikutnya dari Kopeng dengan melalui jalur Getasan. Jika dari arah Magelang pertama tama pengunjung harus melewati Jl. Raya Pingit Pringsurat kemudian ambil arah menggunakan rute Jl.Pringsurat - Grabag. Lurus saja terus hingga melewati Jl.Sekar Langit, ikuti jalan tersebut sampai menemukan spanduk besar di pinggir jalan bertuliskan objek wisata air terjun sekar langit.

Sebenarnya ada 2 gerbang yang bisa dilalui jika dari Getasan melalui gerbang atas dengan melewati Jl. Getasan kemudian saat melihat pom bensin mini di kiri jalan masuk ke gang di sebrang jalan.Ikuti terus jalan tersebut hingga kurang lebih 10 Km. Maka akan ada papan penunjuk objek wisata air terjun sekar langit. Jika masih bingung cek map dibawah.

Untuk menuju kemari bisa menggunakan sepeda motor, mobil pribadi, dan mini bus. Medan yang akan pengunjung lalui jika dari Magelang medanya naik serta berkelok berbeda dengan yang dari Getasan dengan medan turunan yang berkelok. Area parkir yang ditawarkan disini juga cukup luas sehingga memungkinkan menampung banyak pengunjung. Di lokasi parkir sudah ada beberapa warung makan yang bisa di manfaatkan para pengunjung untuk bekal menuju ke lokasi jika lupa membawa bekal.

Biaya tiket masuk Air Terjun Sekar Langit

  • Tiket masuk : Rp.4.000/orang
  • Parkir sepeda motor : Rp.2.000/unit

Biaya yang cukup murah dan terjangkau.

Setelah membeli tiket masuk kini saatnya pengunjung harus berjalan kurang lebih 500 meter agar bisa sampai menikmati keindahan air terjun sekar langit. Perjalanan menuju ke lokasi sangat baik dan mulus karena sudah dicor, sehingga aman dan nyaman saat dilewati. Namun walau begitu pengunjung harus melewati beberapa anak tangga, walau tidak banyak. Sepanjang perjalanan pengunjung sudah bisa mendengar gemercik air yang berada dibawah (kiri) jalan menuju ke air terjun.

Pepohonan bambu yang rimbun membuat perjalanan menjadi sejuk dan segar. Apalagi jika kesini saat pagi hari. Di tengah tengah perjalanan pengunjung akan melewati jembatan yang akan menyeberangkan pengunjung ke sisi kiri sungai sekar langit. Dari jembatan ini pula berjalan sedikit lagi pengunjung sudah sampai ke lokasi air terjun sekar langit.

Air terjun sekar langit dari bawah

Setelah sampai ke air terjun ada 2 spot yang bisa pengunjung nikmati. Yang pertama dari atas. Jika pengunjung hampir sampai maka pengunjung akan melewati kurang lebih 10 anak tangga dan disana akan ada persimpangan yang ke kiri untuk melihat pemandangan dari atas dan yang kanan untuk melihat pemandangan dari bawah sekaligus jika pengunjung hendak mandi bisa juga langsung menceburkan diri ke kolam tepat dibawah air terjunya.

Bagi pengunjung yang hendak mandi disini jangan lupa untuk mempersiapkan bekal beruba pakaian ganti dari rumah. Sedangkan untuk ruang gantinya berada di dekat warung tepat setelah melewati jembatan sebelum sampai. Fasilitas lain seperti mushola dan toilet berada di dekat loket masuk. Dan untuk kantin ada yang di halaman parkir dan ada yang didalam lokasi wisata.

Air terjun sekar langit airnya bersumber langsung dari gunung Telomoyo. Airnya jernih bersih dan segar. Dibawah jatuhnya air terdapat kolam yang cukup luas sehingga para pengunjung yang mandi disini tidak terlalu terbatasi. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter dengan tiga tingkatan. Disekelilingnya berwarna hijau dedaunan dan sangat kontras. Di bagian kolam banyak terdapat bebatuan besar, batu batu besar ini mendominasi sepanjang aliran sungai air terjun sekar langit.

Objek wisata ini cukup ramai dikunjungi apalagi saat akhir pekan dan hari libur. Namun sayang, kedatangan pengunjung masih saja ada yang kurang memperhatikan lingkungan seperti membuang sampah di aliran sungai. Sehingga membuat objek wisata ini menjadi kurang maksimal keindahanya. Padahal air terjun sekar langit sudah go internasional. Ini dibuktikan saat tim berkunjung kemari ada bule yang main kesini.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama