3 Objek Wisata Umbul Di Klaten Dalam 1 Hari

Eksapedia.com - Pagi-pagi buta, sekitar jam 3 pagi... kriiinggg.... ehh enggak enggak.. gue bangun sendiri tanpa alarm. Emang dari sebelum tidur gue udah niat mau bangun sepertiga malam.. Selain urusan akherat ada urusan dunia pula yang ingin gue kerjakan..

What is that ???

Klaten....

Merupakan sebuah kabupaten di Selatan Jawa Tengah, yang berada di perbatasan antara Jawa Tengah dan Yogyakarta. Dan sejujurnya gue baru pertama kalinya berwisata di daerah Klaten. Karena selama ini gue cuma numpang lewat aja, terutama ketika gue habis maen dari Yogyakarta.

Oke oke.. ini bukan cerita fresh dari gue, namun sudah sangat lama... lama sekali... pada jaman dahulu kala.. Yaa nggak selama itu juga woyy...

Bulan November 2019, gue lupa tanggal berapa... pagi-pagi buta gue langsung nyetater motor.. dan brummmm... habis subuh gue tancap gass menuju ke objek wisata umbul cokro yang berada di kecamatan Tulung. Tujuan gue kesana tidak lain dan tidak bukan untuk mengikuti kompetisi fotografi yang diselenggarakan oleh pihak diskominfo Klaten untuk mempromosikan objek wisata yang ada di kabupaten Klaten.

Gue berangkat seorang diri..

#HalahBiasa!!! Pendekar porak!!!

Tanpa ragu gue langsung nggeblas ke Klaten lewat jalur Timur, yaitu lewat Boyolali. Say.. Haiii tanah kelahiran..

Karena belum sarapan gue pun mencari makanan dulu, mengingat waktu juga masih sangat pagi. Gue sampai di daerah Klaten tuh sekitar jam 7 nan kalau ndak salah, pengenya gue cari soto ayam. Tapi pilihan gue jatuh ke sop ayam didaerah Jatinom.. ndak papalah beda tipis.

Alasan gue memilih sop ayam selain gue belum pernah nyoba adalah karena rumah makanya bersih, luas, ada yang beli meski ndak ramai, dan yang pasti tempat parkirnya juga luas. Laahhh wong trimane numpak motor sok sokan golek warung makan sing parkirane ombo.. Yoo ora ngono lurr... jadi masalahnya gue tuh agak risih ketika memarkirkan sepeda motor terus makan bahu jalan. Alasan pertama mengganggu pengendara lain, atau yang kedua mendzolimi hak pengguna jalan lain. Yaa intinya sama !! Jujur gue paling ndak suka ketika ada kendaraan parkir terus makan bahu jalan sehingga membuat kemacetan panjang, jadi ya maklum aja kalau gue harus mempertimbangan kemana dan dimana gue parkir, walaupun cuma sepeda motor butut...

oke, back to soto ayam lama-lama malah jadi emosi kalau bahas kendaraan parkir sembarangan.. Mohon maap lurr gue ndak foto makanannya, soalnya dibelakang gue ada bapak bapak polisi yang lagi sarapan juga, jadi yaa agak malu. Heeee.... kecuali kalau gue ada temen mungkin okelah masih berani..

Setelah sarapanpun gue dengan santai riang mengendarai sepeda motor karena gue tau ciri khas orang Indonesia itu salah satunya kalau ngadain acara musti molor. yaa... acaranya jam 8 bisa jadi mulainya jam 9. Bahkan ditempat gue bekerja orang-orang Jepang kalau mau meeting dengan para petinggi petinggi perusahaan selalu bertanya jam 10 waktu Jepang atau jam 10 waktu Indonesia. Menurut presepsi mereka jam 10 waktu Jepang yaaa tett jam 10. Sedangkan waktu Indonesia jam 10 itu baru beranjak, belum lagi nanti dijalan ketemu cewek tak lupa nggodain dulu dong, atau ke toilet, minum es campur, ngerapiin baju, bantu Naruto ngelawan Madara, bantu Hutchi mencari ibunya, atau mencari fosil Dinosaurus.

Gue bingung sebenarnya, antara malu atau bangga. Tapi yaaa sudahlah itu hanya satu dari kekurangan warga +62. Toh kelebihan kita juga banyak dimata orang luar.

Ini bahaas apa....

Oke, back to Klaten..

Benar juga, gue sampai di umbul cokro acaranya belum mulai. Meskipun para fotografer sudah merapatkan diri dengan bolo-bolo mereka, karena gue sendirian gue coba untuk mencari kawan dan nimbrung bareng.

Acara lomba ini diikuti ratusan orang lurr... kalau ndak salah sekitar 400 orang yang dibagi 2 kategori. Umum dan Pelajar. Gue dapet nomor pesert 300 berapa gitu. Wew.....

Nervest juga sih gue ketika berhadap hadapan dengan para senior dan udah pro. Tapi but its oke, gue punya modal pernah juara 1 beberapa waktu lalu, yang akhirnya membangkitkan semangat gue baku hantam. Heeee....

Rundown acaranya pertama tama kita semua disuruh motret pertunjukan penari di umbul cokro, tari ini berkisah tentang Si Jaka Tarub. Sudah pada tau kan yaaa gimana kisah dan ceritanya si Tarub ini?? Jadi ndak usah gue bahas.

Pada intinya foto tarian ini bersifat wajib. Jadi kan kita maksimal mengumpulkan 5 karya, nah 1 diantaranya adalah foto tarian ini. 4 sisanya terserah kita motret objek wisata apa aja yang ada di Klaten yang ada hubunganya dengan air.

Ada yang menarik disini. Pertunjukan ini digelar di aliran air, sedangkan para fotografer motretnya dari bawah atau pinggiran sungai, ada juga yang rela nyebur ke sungai demi mendapatkan foto yang bagus, malapetaka bagi yang pakai lensa Fix, Kit, atau Wide yang ndak kumanan nggon. Alias dibelakang. Padahal pas meeting point udah dikasih tau ndak perlu motret banyak-banyak satu aja ndak papa. Nanti gantian yang lain. Tapi yaa tau sendirilah fotografer harus mengabadikan sebanyak dan sebaik mungkin momentnya. Nah, untungnya gue dari rumah bawa lensa 2. Wide 10-24mm dan Tele 55-300mm. Lumayan ki meski suk sukan dan oleh nggon nek mburi iso membidik nganggo lensa tele. Hehehe

Ada pula yang pas nyebrang sungai kameranya jatuh.. Duhhh... rusak deh... :(

Jadi sesudah acara ini semua para peserta langsung membubarkan diri menuju ke objek wisata yang dirasa bagus untuk difoto. Ada pula yang masih muter-muter disini mencari spot yang bagus.

Terus gue kemana ???

Setelah browsing gue memutuskan untuk ke umbul sigedang yang berjarak 5 menit saja dari umbul cokro. Di perjalanan gue bareng mas Aldi (orang Solo), kita ketemu di jalan ketika nanya jalan sama warga sekitar. Sayang sekali ketika itu gue ndak minta akun instagramnya, padahal selama ini kalau ikutan lomba gitu terus kenalan sama orang musti gue minta instagramnya, selain nambah seduluran juga kalau ada lomba lagi bisa hunting atau barengan lagi..

Ohh iya untuk masuk ke semua objek wisata sudah digratiskan sama pihak penyelenggara lomba, kalaupun bayar cuma bayar parkirnya doang.. Pie.. mantebb tenan too.. Makane nek ono lomba foto do meluno.. Wkwkw...

Di umbul sigedang ini gue sama mas Aldi ndak lama-lama, cuma beberapa jebretan terus lanjut ke umbul manten, mengingat cuaca juga sedang mendung, pless udah gerimis.. Btw, disini gue nggak dapet foto yang cetar, atau foto yang menonjol untuk dilombakan. Tapi... Ahhh sudahlah...

Btw meskipun ada embel-embel kata gedang di sini ndak ada gedangnya lurr... gue kira dinamakan umbul sigedang karena disini banyak pohon gedang, alias pohon pisang. Ehh taunya malah banyak pohon beringin...

Lanjut di umbul manten disini kami bertemu dengan para peserta lomba foto lain. Kalau dilihat dari kamera dan logat-logatnya mereka udah pro dan udah sering ikut lomba. Lahhh gue mah apaan. Amatiran atau tim hura-hura. Kalau ibarat film sponge bob tuh gue sponge bobnya. Aku siapp.. aku siapp.. Ehh apaan sihh..


Diantara pada fotografer tersebut ada pula yang nyetting. Atau nyuruh pengunjung untuk berpose melompat nyebur gitu. Yaa gue ikutan jebrett lahh... Wkwkw..

Karena berubung mas Aldi ndak bawa jas hujan dan mendung mulai menggumpal dia pun pamit sama gue untuk pulang, dan akhirnyaa.... disinilah perpisahan antara gue dengan mas Aldi. Setelah itu gue kembali sendirian..

Dikesendirian yang membingungkan ini akhirnya gue mencoba untuk balik ke umbul cokro, mengingat tadi belum semua objek wisata ini gue explore.

Sesampainya disana gue juga kaget, karena masih ada beberapa fotografer yang motret disini. Gue kira udah pada buyar semua. Ohh iya btw mereka mereka yang masih disini nih para fotografer landscape. Kelihatan dari gear yang mereka gunakan seperti tripod, filter ND, GND, atau CPL. Karena gue nggak pakai tripod yaa motret pakai tangan kosonglah.. Meskipun pakai shutter speed lambat, tremor yo ben..

Singkat cerita dari umbul cokro gue langsung bablas pulang ke Boyolali, jarak antara umbul cokro dengan rumah embah cukup dekat, ndak sampai 1 jam. Mungkin 30 menitan. Sekalian isi tenaga, sama keesokan harinya gue ada rencana ke Sleman mau motret juga.

Dari sekian foto yang gue ambil terus terang ndak ada yang gue jagokan. Dan gue punya filing kalau bakalan kalah. Wkwkw... yaa ndak papa sih, namanya juga adu bejan. Lagian lawanya udah ndak diragukan lagi. Meskipun udah pesimis gue tetep nekat ngirim file fotonya. Iyaaalahh.. jauh-jauh kesana ngapain lagi...

Sekedar info nih lurrr....

Didaerah Klaten emang yang terkenal dan tersohor adalah objek wisata umbul, jadi kalau kalian mau wisata air ples ciblon di Klaten ada banyak, mungkin salah satu yang sudah meroket namanya adalah umbul ponggok. Tapi umbul umbul yang lain juga ndak kalah keren kok...

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama