Pengalaman Menggunakan Lensa Tokina 12-24mm For Nikon

Assalamualaikum sobat, gimana kabarnya ?? baik-baik saja ya semoga... pada pembahasan kali ini saya mau ngebahas mengenai pengalaman pribadi menggunakan lensa wide anglenya tokina, yakni tokina 12-24mm F4 (IF) DX. Wait.. sebelum ke pembahasan mungkin bagi temen-temen ada yang bertanya tanya nggak kenapa nih blog kok suepii banget nggak ada updatenya ?? *ngga' ada.. Okelah kalau ngga ada kita lanjut ke pembahasan..



Sebelumnya saya penasaran dengan lensa wide angle ini sob, sebagaimana yang kita ketahui lensa ini berguna buat mendapatkan hasil jepretan yang lebih luas. Dari beberapa merk lensa yang saya search, tokinalah yang recommended untuk harga yang lebih murah ketimbang lensa asli bawaan, misalkan kamera Nikon lensa bawaanya adalah Nikkor. Terus ada canon, sony, fujifilm, dan lain sebagainya punya merk lensa bawaanya tersendiri. Nah sedangkan untuk merk seperti Tokina, Tamron, Sigma, Samyang, Yongnuo, dan lain sebagianya merupakan merk yang diproduksi PT lain sekaligus menjadi opsi buat kalian yang pengen beli lensa dengan harga yang lebih murah. Untuk kualitas sendiri kalian bisa cari reviewnya di youtube atau blogger lain yang mungkin udah ngebahasnya lebih detail.



Oke, jadi lensa tokina yang saya beli di olshop ini bukanlah barang baru sob, melainkan bekas dan ada beberapa minus, tapi bagi saya sih ngga masalah selagi masih bisa dipakai dan ngga menurunkan hasil jepretan.





Ketika pertama kali unboxing nih lensa saya agak sedikit kaget karena ukuranya yang gede, sebelas dua belas sama lensa tele. Beratnya juga hampir sama.. wah wah wah..



Ohh iya jadi tokina yang saya beli ini merupakan lensa tokina for nikon sekaligus yang keluaran pertama jadi autofocus lensanya hanya bisa berjalan di kamera nikon yang dilengkapi dengan motor focus di body. Seperti nikon D80, D90 dan teman-temanya.. sedangkan untuk seri pemula seperti Nikon D3000an atau Nikon D5000an autofocus lensanya ngga akan berjalan, jadi yaaa... full manual.



Ketika udah berhasil saya unboxing saya langsung coba ke kamera Nikon D3200 saya, sebagaimana kamera nikon D3200 ini merupakan kamera Nikon yang saya favoritkan. Heeeee.... Wait !!! katanya autofocusnya ngga jalan di nikon seri D3000an??



* Oke, jadi emang ngga jalan. Tapi buat nyoba nih lensa hasilnya kayak gimana kan ngga ada salahnya :D



Nah untuk tes autofocusnya saya pinjem kamera temen di studio, jadi ceritanya ada seorang temen yang buka usaha foto studio gitu, nah tinggal saya pinjem aja kamera nikon D90nya. Heheheh...



Alhamdulillah semua work dan seperti apa yang sudah dideskripsikan si seller.. cuman ada kendala lagi nih sob, yaitu ngubah mode manual dan autonya. Saya baru tau kalau Tokina 12-24 itu ngga ada tombol on/off autofocusnya, kalau di lensa-lensa standar kan pasti ada ya.. Kebetulan si seller ini mengirim lensa dengan kondisi autofocus lensanya on.. jadi saya cuma bisa memainkan zoom lensa aja, sedangkan untuk mencari focus agak kebingungan, karena lensa ini dilengkapi dengan cincin lensa yang dapat diputar putar meskipun dalam keadaan autofocus mode on. Yaa... mirip kayak Nikkor 18-105mm gitu.



* Terus bisa ngubah mode auto ke manualnya gimana ??

Wkwkwk.. sampe browsing ke youtube coba.. caranya ternyata tinggal geser ke atas/ kebawah aja cincin depan lensa.. udah deh beres -.-



MF menandakan lensa dalam keadaan manual focus sedangkan AF menandakan lensa dalam keadaan autofocus.



Kesan pertama ketika pakai lensa wide angle memang agak kerepotan awalnya, gimana tidak karena selama ini saya sering pakai yang standar18-55mm. Terutama ketika mendapatkan objek yang agak jauh jadi mau ngga mau musti maju.. ya maklumlah wong cuma sampai 24mm kok..



Untuk perbandingan hasil jepretan kalian bisa lihat gambar dibawah ini.



*  Ini motretnya pas jalanan sepi, dan jangan ditiru tanpa didampingi oleh teman !!

Emang mas Eksa motretnya sendiri atau didampingi teman ??

* Sendiri ...

#HanyaMenasehati!



Bisa kita lihat perbedaan yang cukup signifikan bukan? keduanya pas ambil gambar saya zoom out. Untuk mendapatkan kualitas dan hasil gambar yang baik kita bisa mengaturnya sendiri nanti. Tapi terkadang kelemahan lensa tokina ini ketika dipasang di kamera yang tidak ada motor dibodynya ngga bisa jepret dan minta di atur aperturenya ke f paling minim, f5 kebawah.. kadang loh ya.. !



Dan dibawah ini saya kasih lagi beberapa hasil jepretan nikon D3200 feat lensa Tokina 12-24mm :











Itu aja dulu yah sob.. untuk yang lain mungkin kedepan kalian nanti bisa lihat beberapa jepretan yang saya publish di blog ini. *kalau nggak tak jual sih lensanya :-)



Nah gimana sob, apakah kalian tertarik mau nyobain lensa wide angle ?? kalau iya ngga ada salahnya kalian nyobain lensa tokina ini, ngga cuma for nikon.. yang for canon juga ada, kalian bisa cari di toko penjual kamera terdekat di kotamu atau bisa cek di situs jual beli online..

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama