Gancik Hill Atau New Selo?

Dua objek yang berada satu kecamatan Selo ini memiliki keindahannya masing-masing. Jika di Gancik hill top kita dapat menikmati keindahan gunung merapi, maka sebaliknya di New Selo kita dapat menikmati keindahan gunung merbabu. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa kedua gunung ini lokasinya berada bersebelahan, layaknya seperti tetangga.



Bagi teman-teman yang ingin berwisata ke kecamatan Selo, kabupaten Boyolali kayaknya musti mencoba kedua objek wisata ini deh. Lokasi keduanya memang dekat, jika kita berada di gancik hill top kita pun akan melihat objek wisata new selo, begitu pula sebaliknya. Nah, disini ada beberapa referensi bagi teman-teman yang ingin berkunjung ke gancik hill ataupun new selo.



1. Bersiaplah Untuk Melewati Medan Jalan Yang Extreme

Saat kita on the way menuju ke Selo entah melalui jalur Cepogo ( Boyolali ) atau Sawangan ( Magelang ) kita akan dihadapakan dengan medan jalan yang cukup extreme, yakni berupa tanjakan atau turunan tajam, bahkan kelokan tajam pun akan sering kita jumpai. Nah, setelah sampai ke daerah Selo jangan terburu-buru bernafas lega karena akan ada satu tantangan lagi yang musti kamu hadapi.




New Selo Dari Jalan Raya

New Selo : Dari jalan raya kita akan melewati jalan yang super menanjak, pastikan untuk mempersiapkan ancang-ancang dari bawah. Tanjakan ini lurus namun semakin keatas semakin extreme, ada beberapa kelokan tajam saat akan sampai, so berhati-hatilah. Tak jarang pula ada beberapa orang yang kendaraanya tidak kuat menanjak, alhasil yang berboncengan pun harus rela menurunkan yang diboncengkan. Jalanya beraspal dan lumayan lebar. Yang nggak kalah asyik adalah begitu sampai di parkiran kita sudah sampai dilokasi new selo, atau kalau mau ke oemah bamboe cukup berjalan beberapa meter saja.




Gancik Hill Dari Jalan

Gancik Hill : Dari jalan raya kita musti melewati daerah perkampungan. Medanya berupa jalan beton yang cukup baik, namun di jalur lain ada yang masih berupa aspal. Dari jalan raya kita sudah disambut dengan medan yang menanjak, namun itu belum seberapa karena medan yang extreme lagi berada di sesudah membeli karcis/ tiket masuk. Semakin keatas jalanya semakin sempit. Bahkan untuk berpapasan antara sepeda motor pun sulit. Selain sempit juga curam banget tanjakanya. Jadi lagi-lagi jika kendaraan kamu nggak kuat berboncengan musti rela nurunin temen yang bonceng. Lokasi parkirnya berada di pos-pos warung makan yang sudah disediakan, nanti akan ada petugas yang mengarahkannya, so jangan khawatir. Namun jika memarkirkan kendaraan kamu di pos-pos itu kamu musti wajib jalan kaki cukup jauh, tapi itu jauh lebih baik dari pada memaksakan kendaraan. Ingat! jangan coba-coba memaksakan kendaraanmu sampai keatas, karena banyak para pengunjung yang jatuh gara-gara sepeda motor yang mereka kemudikan tidak kuat berjalan diatas curamnya tanjakan.



Dari kesimpulan diatas bisa kita tarik bahwa Gancik Hill Toplah yang lebih extreme medanya daripada New Selo.



2. Pemandangan Alamnya Yang Luar Biasa, Cross Cek Sendiri Aja Deh. Sama-sama Beautiful


Gunung Merbabu Dari New Selo

New Selo : Seperti yang kita bahas sebelumnya bahwa di New Selo kita akan dimanjakan dengan panorama alam indahnya gunung merbabu, Gunung berketinggian 3.145 mdpl ini nampak jelas terlihat di depan mata. Jika cuaca sedang cerah kita dapat melihat jalan-jalan yang berkelok dan tebing-tebing yang ada di lerengnya. Disini kita juga dapat melihat tulisan Gancik Hill Top jika kita jeli melihatnya.




Gunung Merapi Dari Gancik Hill Top

Gancik Hill : Lain halnya dengan gancik hill, disini sebaliknya kita akan dimanjakan dengan panorama alam gunung merapi. Gunung yang masih aktif ini memiliki ketinggian 2.930 mdpl nampak terlihat jelas dan gagah dari sini. Berbeda dengan merbabu di puncak gunung merapi kita akan sering mendapati kepulan asap yang keluar dari kawah gunung merapi. Ini juga menjadi indikasi bawah gunung merapi sampai sekarang masih memiliki tanda-tanda aktifitas vulkaniknya.



3. Rumah Pohon Yang Unik & Klasik Dimiliki Keduanya

Sekarang kan lagi ngetrenya rumah pohon. Sehingga banyak objek wisata baru bermunculan dengan menambahkan rumah pohon sebagai variasinya. Nah rumah pohon ini juga tak luput dari Gancik Hill ataupun New Selo.




Oemah Bamboe New Selo

New Selo : Rumah pohon ini berada di atas lokasi parkir. Jaraknya juga enggak begitu jauh, pengunjung hanya dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp.10.000/ orang untuk bisa masuk kedalam rumah pohon ini. Gaya dan arsitekturnya klasik, bambu-bambu yang disusun rapi ini bukanlah bambu biasa, soalnya ukuranya besar-besar. Disini banyak terdapat spot-spot dan menara yang bisa digunakan pengunjung untuk menikmati keindahan gunung merbabu.




Rumah Pohon Gancik Hill Top

Gancik Hill : Berbeda dengan yang ada di New Selo, di Gancik Hill ini rumah pohonya bentuknya memanjang. Menaranya ada satu yang paling tinggi, yakni di depan, didekat tulisan gancik hill top. Karena memanjang banyak para pengunjung yang jalan-jalan dari ujung ke ujung dengan nyaman. Untuk masuk kemari hanya membayar Rp.8.000/ orang ( sudah termasuk parkir sepeda motor ). Itu juga sudah ditarik pas kita berada di daerah perkampungan sebelum melewati medan yang extreme.



4. Sama-sama Menjadi Jalur Pendakian Favorit.

Kedua objek ini sekaligus menjadi jalur pendakian favorit. Dan konon katanya Selo adalah jalur pendakian yang paling mudah. Entah mau ke merbabu ataupun merapi. Sebelum adanya rumah-rumah pohon ini lokasi ini adalah lokasi jalur pendakian, jadi jangan heran ketika kalian berkunjung kemari melihat banyak para pendaki yang naik ataupun turun gunung.



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama