Pernah Booming! Sekarang Begini Keadaan Curug Jeglong

Curug jeglong.. yakk.. objek wisata yang berada di daerah perbatasan antara Kendal dan Batang ini memang pernah booming dan ngehtis beberapa tahun lalu, bagaimana keadaannya sekarang yaa...??



Diliputi rasa penasaran pada pagi ini saya otw ke curug jeglong seorang diri, kalau beberapa tahun yang lalu pas pertama saya kesini saya ditemani oleh 3 orang teman, yaitu Cholisna, Fadhli, dan Zakawali. Kala itu memang dadakan banget, tiba-tiba siang bolong di BM gitu, diajakain ke curug jeglong, karena kebetulan waktu itu saya juga belum pernah kesini langsung gercep tancap gass,,, saking semangatnya sampai bawa kamera tapi nggak bawa memory -.- ndongkrok deh kamera poket ane di saku, terus untuk poto-potonya saya pake kameranya Zaka, waktu itu pake DSLR, dan kebetulan banget saya belum bisa ngoperasiin #sekarangjugamasih. Asal-asalan deh hasilnya. Hahahahaha..



Lokasi curug Jeglong ini berada di desa Bendosari, kecamatan Plantungan, kabupaten Kendal. Karena berada di daerah perbatasan Kendal dan Batang, kalian pun bisa masuk lewat daerah Batang juga.



Untuk tiket masuknya sekarang Rp.5.000 dan parkirnya Rp.2.000. Udah naik dari pas pertama saya kesini #Iyalah...



Ada banyak banget perubahan yang cukup signifikan menurut saya, mulai dari jalan masuknya, terus area parkirnya yang cukup luas, toilet, dan musholanya sekarang sudah ada. Kala itu pas saya kesini masih belum selengkap ini. Bahkan bayarnya masih dua rebu.. Hehehe..





Di dekat lokasi parkir ini ada taman yang sejuk sob, karena berada di bawah rindangnya pepohonan pinus, terus ada banyak tempat duduknya, dan... ada itu yang buat tiduran yang nggelantung di pohon. Apa yak namanya?? Heee..



Terus selain itu ada 2 rumah pohon ( gardu pandang ), karena kapasitasnya terbatas saya pun harus ngantri dulu buat poto poto diatas gardu pandangnya.





Salah satunya bentuknya lope lopean gitu, terus yang satunya ( maaf enggak sempat terambil gambarnya ) bentuknya biasa, kayak rumah pohon pada umumnya. Nggak tau kenapa akhir-akhir ini di tempat-tempat wisata dikasih rumah pohon rumah pohon gitu ya sob. Heeee.. Nah ketika udah nggak ada yang manjat saya memutuskan buat naik. Dengan pedenya saya menapaki anak-anak tangga yang terbuat dari bambu. Ketika berada diatas pas ngambil gambar tiba-tiba kaki saya ini hampir keram mendadak dan agak-agak merinding.... why? soalnya ini rumah pohon bawahnya langsung jurang.. brrrrrrrr.....



Nggak lama sih saya berada di gardu pandang. Pada akhirnya saya turun dan memutuskan buat ke air terjunya, secara dari awal saya memang terfokus sama air terjunya..



Untuk masalah medan sih yaaa... masih sama kayak yang dulu, masih extreme, terjal, dan licin. Ohh iya ketika abis hujan ataupun turun hujan nggak boleh kesini ya sob, nggak masalah airnya pasang juga tapi emang jalanya enggak memungkinkan.



Dengan penuh kehati hatian saya memijai anak-anak tangga yang terbuat dari tanah liat, harus extra fokus sama tanah yang saya pijak, leno sitik wae bisa-bisa Ter-peleset... Disini juga saya mulai ngerasa kalau jalan ini sudah nggak begitu terawat, soalnya banyak rumput rumput liar mulai tumbuh di kanan kiri anak tangga, bahkan ada yang menjalar sampai ke jalanya. Ini menjadi indikasi bahwa jalan ini sudah jarang dilalui, makanya rumput pasti akan merambatinya.





Singkat cerita Alhamdulillah saya sudah sampai di air terjun pertama ( curug Jonggrang ) disini saya lihat banyak anak-anak kidz pada habis mandi, tapi udah selesai.. alias masih pada dandan buat pada pulang. Dulu pas part pertama saya kesini temen-temen juga pada mandi dibawahnya, saya mah lihatin aja.. Hehehehe.. Di air terjun ini juga saya lihat sudah tak begitu terawat, bangunan-bangunan yang usang dan lapuk menjadi bukti bahwa minim perawatan dan jarangnya orang menjamah tempat ini.



Setelah ngeambil gambar curug jonggrang saya memutuskan buat kebawah, meskipun saya sudah curiga kalau nanti dibawah enggak akan ada orang. Kenapa bisa begitu? instinglah. Wkwkwk #GayanePoll.



Dibawah curug jonggrang ini ada air terjun mini lagi, cuma gambarnya enggak saya post soalnya nggak begitu kelihatan. Dan susah pula ngambil gambarnya.








Hanya sebuah bunga kuning yang berada di pinggir aliran sungai

Lanjut dibawahnya lagi ada kedung klimpah, pas otw kesini pula saya mulai merasakan susahnya medan. Karena jalanan untuk menuju kesini sudah hampir semua full rerumputan, saya juga susah membedakan mana jalan, mana rumput, mana batu, ada pula gubuk disini. Dulu pas pertama kesini gubuk ini dipake buat ngadem dan view, sekarang sudah hampir roboh kondisinya, makin horror aja euy..



Nggak lama saya berada disini akhirnya saya memutuskan buat the last, alias ke curug yang paling bawah. yang paling bawah ini pula yang dinamakan dengan curug jeglong. Kenapa bisa dinamakan dengan curug jeglong? karena bentuknya ber-jeglong jeglong. Hahahaha.. tapi emang sih bener..



Ketika saya memutuskan buat turun ke bagian yang paling bawah tepatnya di bibir kali lampir saya sudah mati langkah, alias sudah nggak tau lagi mau lewat mana. Soalnya jalanya sudah bener-bener rerumputan yang gede gede.



Kalau ada celah langsung saya masuki siapa tau ada jalan buat turun, ehh rupanya enggak ada... berbagai celah saya masuki satu persatu dan hasilnya nihil. Bener-bener sudah nggak memungkinkan buat dipijak. Kalau nggak ada yang mengarahkan saya pun enggak berani mengambil resiko.





Sempet sih nemu jalan, yaitu sebuah jembatan. Itu kalau nyebrang tembusnya loket masuk via Batang, cuma jembatan ini meragukan banget untuk saya lewati. Karena kelihatan udah lapuk ples nggak ada peganganya. Jadi bener-bener saya fix enggak nyebrang kesono..



Setelah mutar muter kesana kemari nggak nemu jalan akhirnya saya memutuskan buat cabut aja sob, sorry ya enggak dapet foto curug jeglongnya yang ter-update, kalau mau lihat bentuknya kayak apa bisa kok cek postingan saya tentang curug jeglong beberapa waktu yang lalu.



Dibalik pesatnya perubahan dan perkembangan taman diatas rupanya kondisi curug jeglong ini sudah nyaris terabaikan, bahkan banyaknya pengunjung yang datang jarang sekali mereka turun kebawah. Kebanyakan pada bersantai dan ngadem ditaman doang. Enggan untuk turun mungkin atau karena terjal dan jauhh.



Dulu saya juga sering nemu post gambar-gambar di instagram mengenai curug jeglong ini, cuma sekarang atau lebih tepatnya akhir-akhir ini jarang sekali orang ngepost.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama