Secuil Keindahan Di G-Pass Yang Sudah Terselimuti Kabut

Eksapedia.com - G-Pass.. Keren ya namanya. Apa coba singkatanya? Generation pass? Bukan, G-Pass singkatan dari nama desa di sebuah lereng gunung merbabu. Apalagi kalau bukan dusun Gedong yang berada di kecamatan Getasan. G-Pass atau Gedong pass merupakan sebuah objek wisata baru nih sob. Yaitu tempat view, mirip miriplah sama BHC (Bukit Harapan Cuntel) yang dulu pernah saya bahas. Kalau BHC itu kan deket sama jalur pendakian merbabu via Cuntel, kalau Gedong pass ini deket sama jalur pendakian merbabu via Tekhelan sob. Mungkin bagi para pendaki sudah nggak asing lagi ya sama jalur-jalur pendakian kayak gini.

Masih sama dengan tempat-tempat view yang lagi ngehits, yaitu adanya bangunan-bangunan rumah bambu yang disusun sedemikian rupa agar terlihat menarik. Cuma pas saya ngelihat gambar-gambarnya di internet boleh juga sih viewnya. Yakni gunung Telomoyo & Andong.

Happy saturday..

G-Pass Kopeng

Hari yang paling saya tunggu-tunggu. Yessss.. Why? Kenapa lagi coba kalau bukan karena hari sabtu adalah hari libur. Alhamdulillah.. Langsung deh karena jauh-jauh hari saya juga udah ngeplanning mau kesini jadi hari ini habis subuh saya langsung cuss ngotewe ke G-Pass, ehh nyuci motor dulu ding. Hehehe.

Awal mula perjalanan saya ngelihat gunung Ungaran nampak cerah, Sindoro, Sumbing, dan Prahu juga iya. Saya udah ngejossshh banget semangatnya nih sob. Nah begitu pas sampai di daerah Salatiga tepatnya pas di jalur lingkar kan disitu kita bisa lihat gunung Merbabu tuh. Kok tinggal separo tok gununge, yang separonya lagi ketutupan kabut. Yahh gimana nih.. Logikanya saya mau ke lereng gunung Merbabu, kalau ketutupan kabut otomatis G-Passnya pun kemungkinan juga ketutup. No problemlah.. Udah terlanjur main air rugi mah kalau nggak nyemplung. Saya pun nekat-nekatan meneruskan perjalanan. Meskipun makin keatas makin berkabut. Wkwkw..

Nah buat kalian yang mau kesini nih sob, mudah banget. Dari jalur lingkar Salatiga ambil aja jalan menuju ke Kopeng. Habis itu bablas terus sampai ketemu Kopeng Tree Top Adventure. Kira-kira 30 menitanlah kurang lebih. Masuk aja ke jalan yang sama Kopeng Tree Top Adventure. Bablass terusss.. Sampai kalian lihat plang-plang papan penunjuk arah ke G-Pass. Tinggal ikutin plang-plang tersebut nanti kalian akan sampai ke tujuan.

Masalah medan nih sob bisa saya katakan udah bagus, meskipun ada beberapa kerusakan tapi nggak parah-parah amat. Nah, saran saya nih kalau kalian mau kesini cek kondisi mesin kendaraan kamu dan fungsi rem. Karena nanti medanya menanjak dan berkelok kelok bak pukulan berapi menyakitkan. Yang perlu diwaspadai adalah jalanya yang kebanyakan udah ditumbuhi oleh lumut sob. Kebayangkan pas kita naik motor terus pas ketemu turunan tajam dan jalanan yang kita lewati banyak lumut. Pasti kalau kita ngeremnya kedalaman ngosek dah ban belakangnya. Kalau pakai rem depan malah lebih bahaya lagi. Jadi ya pinter-pinteran mainin rem ya sob. Nah kalau kalian mau kesini saran saya sih mending pake sepeda motor, kalau mau pake mobil bisa sih, tapi jalanya cuma bisa dilalui 1 mobil, nanti kalau papasan ya repot sendiri ya pastinya. #CumaSaran

Selama perjalanan menuju kesana kita akan dimanjakan dengan panorama pegunungan yang indah. Udara sejuk gunung merbabu juga recommended banget buat kalian yang mau merefreskan pikiran dan terapi paru-paru.

Gunung Telomoyo terselimuti kabut
Gunung Telomoyo yang sudah tertutup kabut sebagian


G-Pass Di Lereng Merbabu
Pemukiman penduduk di lereng gunung Merbabu

Semakin keatas pun saya tidak menemukan tanda-tanda cerah, bahkan begitu sampai di lokasi kabut malah semakin tebal. Wkwkwk. Duh duh.. Akhirnya sepontan saya kejar-kejaran sama waktu nih sob. Biar dapet objek yang bagus.. Tapi apalah daya, kabut juga kenceng banget geraknya. Alhasil nggak nyampe 10 menit saya disini udah full kabut. Wkwkw..

Yang kagetnya lagi pas tadi saya nyampe disini rupanya disini nggak ada orang sama sekali sob. Sueeepii nyenyet. Ya ada sih, petani setempat. Maksutnya nggak ada pengunjung sama sekali.  -.-

Nyantai Di G-Pass

Nah disini ada beberapa spot yang bagus buat ngadem nih sob. Ada gazebo, terus rumah pohon bertingkat, ada prahu kesasar juga. Biasanya mah prahu dilaut lah ini malah digunung. Ngapain coba?

Prahu prahunan di G-Pass
Kayak masuk di game Silent Hill

Saya cuma menjajal mengambil beberapa gambar di prahu-prahunan ini, sehabis itu lanjut keatas rumah pohon, tapi begitu nyampe ke lantai 2 udah stop disitu. Kenapa? Saya mikir 'aku munggah meh ngopo ya?' meh moto pemandangan wes nggak ada harapan lagi, meh selfie apalagi. Jadi ya.. Nggak jelas aja dirumah pohon ini. Wkwkkw..

Karena kabut semakin tebal saya jadi kepikiran tentang medan jalan yang tadi saya lalui 'wait! tadi aja nggak kabut medanya nyamari meni, opo maneh iki ples kabut'. Kan malah ngerasa horror sendiri. Wkwkwk. Okelah akhirnya saya beranjak meninggalkan G-Pass ini.

Tadi juga pas saya nyampe disini nggak ada tuh yang jaga tiket/ parkir. Saya maen nylonong masuk aja. Tapi di rumah tempat saya parkir tadi kayak ada semacam kotak amal dan ada tulisan Rp.5.000/ orang. Ya udah fix berarti tiket masuknya lima rebu.

Pas mau ngegass lagi saya berjumpa dengan ibuk-ibuk petani setempat. Malah saya ditawari mampir rumahnya. Kebetulan juga motor saya tak parkir di depan rumahnya. Aduh.. Ngapunten buk lagi buru-buru. Keburu jalanya nggak kelihatan dan tertutup kabut. Hehehe.

Nah sob selain gardu pandang nih di G-Pass ini juga ada beberapa objek lagi hloh. Diantaranya ada camp area, taman nasional, terus ada desa tertinggi, tertinggi disini ya maksudnya, terus ada edukasi sapi perah, dan air terjun 3 tingkat. Dan kabar baiknya saya bablas semua. Wkwkwkw.. Cuma di G-Passnya doang. Jadi kalau kalian kapan-kapan kesini coba di explore kabeh ya sob...

Bonus..

keindahan Lereng Gunung Merbabu

Gambar ini diambil sebelum objek wisata G-Pass, pas mau memasuki turunan yang tajam dan curam. Alhamdulillah masih kelihatan sedikit gununnya.. Nanti di G-Pass viewnya kurang lebih kayak gini juga. Nggak papalah dapet secuil keindahan di dusun Gedong desa Tajuk yang penting udah pernah kesini, gitu aja..

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama