Jalan-Jalan Melihat Gunung Di Kota Tembakau

Eksapedia.com - Alhamdulillah.. Di pagi yang cerah ini rasanya ingin sekali melihat pemandangan pegunungan. Nggak tau kenapa saya begitu terpikat oleh keindahanya. Apa karena saya lahir di daerah pegunungan ya?? Hahaha.. i dont no. Jadi mohon maaf di postingan kali ini saya tidak membahas mengenai destinasi wisata jadi cuma sharing-sharing biasa aja ya sob.

Oke, sebenarnya di dekat tempat tinggal saya ada beberapa gunung yang mungkin bisa saya jadikan tempat untuk menghibur diri. Yang paling dekat ya gunung Ungaran. Tapi di pagi yang cerah ini saya ingin ke kota tembakau nih, alias kota Temanggung. Di Temanggung yang populer apalagi kalau bukan gunung Sindoro & Sumbing. Kedua gunung ini biasanya dijaikan tempat muncak favorit bagi para pendaki. Nah kali ini rencana saya mau ke lereng gunung Sindoro tepatnya di objek wisata Posong. Nggak tau kenapa kangen sama posong. Hahaha..

Saya berangkat dari rumah emang rada siangan sekitar jam 06.30an dengan menggunakan rute Boja - Sukorejo - Bejen dan bla.. bla.. bla.. Saat dalam perjalanan memang nampak kedua gunung ini terlihat jelas, meskipun ada beberapa kabut yang menyelimutinya. Suasana dan sejuknya udara pagi yang cerah membuat perjalanan ini terasa sangat menyenangkan. Alhamdulillah..

Skip.. skip.. skip.. Setibanya di gerbang masuk objek wisata lembah Sindoro posong tiba-tiba saya mengurungkan niat untuk masuk, hloh.. hloh.. malah mbablas saja ke arah Barat. Alasanya karena kabut tebal sudah menutupi sebagian lereng gunung Sindoro & Sumbing. Akhirnya saya memutuskan ke rencana B yaitu ke Rest Area Kledung Pass.

Gunung Sumbing Temanggung

Tapi rupanya rencana B juga gagal karena pas di pinggir jalan sebelum sampai ke kledung passnya saya melihat pemanangan gunung Sumbing yang indah ini. Jangan dibatin ya sob, saya mah sering out of agenda gini. Hehehe..

Pemandangan Lereng Gunung Sumbing
Tidakkah kamu melihat bahwasanya Allah menurunkan hujan dari langit lalu Kami hasilkan dengan hujan itu buah-buahan yang beraneka macam jenisnya. Dan di antara gunung-gunung itu ada garis-garis putih dan merah yang beraneka macam warnanya dan ada (pula) yang hitam pekat. [QS Fatir : 27]

Dan itu adalah pemandangan lereng gunung Sumbing kalau di zoom. Kalau diperhatikan pepohonanya sudah tergerus dengan lahan pertanian ya..

Mengutip di halaman wikipedia bahwa gunung Sumbing ini memiliki ketinggian 3.371 meter di atas permukaan laut hloh sob, tinggi banget ya? bukan hanya itu, gunung sumbing juga termasuk gunung tertinggi nomor 3 di pulau Jawa. Jika dilihat seksama maka kita akan mendapati di puncak gunung sumbing ada sebuah kawah bekas letusan hlo sob, dan hingga sampai saat ini belum ada kabar-kabar mengenai aktifitas gunung Sumbing ini. Ya semoga aja tetap anteng begitu ya..

Setelah melanjutkan perjalanan saya pun bingung mau kemana lagi karena saya tidak punya rencana C. WAh bener-bener berantakan. Hahaha.. Nah daripada makin nggak jelas saya pun menghentikan laju kendaraan serambi melihat pemandangan gunung Sindoro yang berada di kanan jalan. Asyik juga sih sebenarnya melihat keindahan gunung ini dan kabut yang beriringan bergerak di berbagai penjuru. Akhirnya tak beberapa lama kemudian inspirasi pun datang. Saya teringat pas tadi melewati perbatasan Temanggung dengan Wonosobo. Di tugu batas kota itu ada sejumlah orang yang mungkin sedang melintas dan berhenti sejenak disitu untuk beristirahat dan berfoto, nah dari pada bengong sendirian di pinggir jalan saya akhirnya putar balik ke batas kota yang sempat saya lewati.

Gunung Sindoro Temanggung

Alhamdulillah di balik tugu ini ada tempat duduk yang adem dan nyaman buat menikmati keindahan gunung sumbing. Ngggak ada orang + bisa sambil senderan juga. Hehehe.. Tak pakai lama mata saya langsung tertuju ke arah gunung Sindoro yang berada didepan saya persis. Masya Allah.. indah sekali pemandanganya. Seolah mata ini langsung termanjakan oleh suasana dan nuansa alam pegunungan.

Berbeda dengan gunung sumbing gunung Sindoro tidak nampak bekas letusan dipuncaknya, meskipun tergolong gunung api aktif. Gunung yang memiliki ketinggian 3.316 ini juga sampai saat ini tidak ada kabar aktifitasnya.

Berada di antara keindahan ini membuat saya lupa waktu dan betah berada disini. Sebenarnya masih ingin berlama lama berada disini karena sudah pewe lagi pula saya sampai sini juga masih pagi sekitar pukul 09.30, cuma karena saya melihat awan mendung mulai berdatangan membuat saya harus bergegas untuk meninggalkan tempat ini. Huhuhu..

Untuk perjalanan pulang saya menggunakan rute yang berbeda, yaitu lewat Sumowono. Kalau tadi pas berangkat sih lewat Sukorejo. Karena memang temanya hari ini ingin melihat gunung Alhamdulillah sudah puaslah. Dan kini saatnya langsung pulang kerumah.