Fenomena Awan Lenticular Clouds Di Dekat Gunung Ungaran

(05/02/17) Setelah semalam hujan gerimis di pagi yang cerah ini saya keluar rumah hendak mencari tanaman air, atau bisa juga disebut eceng gondok. Tanaman air yang satu ini kerap kita jumpai di alam terbuka seperti di kubangan, danau, sawah, kolam, sungai, dan tempat-tempat yang banyak air lainya. Karena sekarang ini musim hujan maka saya pikir tak susahlah mencari tanaman air ini.



Perjalanan saya mulai ke arah Barat tepatnya di daerah persawahan Srogo. Disana saya mencari di sekitar area persawahan dan kolam-kolam. Beberapa kali mencari saya keheranan karena tak melihat satupun tanaman yang saya cari. Entah faktor apa ya kok tanaman ini nggak ada sama sekali, biasanya banyak hloh. Pikir saya dalam hati.



Bentar-bentar. Ini Eksa mau buat apa ya tanaman eceng gondoknya? Hehehe.. Ohh iya lupa sob, tanaman ini akan saya pakai buat penghias kolam ikan. Selain mencukupi kebutuhan oksigen dalam kolam dengan adanya tanaman ini kolam kan akan menjadi lebih segar dan indah saat dipandang.



Oke, rupanya saya kurang beruntung karena sudah mondar-mandir kesana kemari tak satupun tanaman air saya dapat. Disela-sela kesibukan saya mencari sesekali saya melihat serta mengagumi keindahan gunung-gunung disekitar yang dipagi hari ini terlihat begitu jelas. Ada gunung Ungaran, Merbabu, Merapi, kemudian bergeser sedikit nampak gunung Sumbing, Sindoro, dan Prahu. Karena keterbatasan alat jadi saya tidak mengabadikan momen kecerahan cuaca di pagi hari ini. Cukup dinikmati dengan lensa mata, dan disimpan di memory otak & hati. Masya Allah..



Karena sudah menyerah saya memutuskan untuk pergi ke pelabuhan tanjung Kendal. Niat saya kesana hendaklah mencari kerang-kerangan ( kulit kerang ). Gunanya ya kurang lebih sama tanaman yang tadi saya cari.



Saat otw kesana pandangan mata saya tertuju ke gunung Ungaran karena melihat ada sesuatu yang fenomenal menurut saya. Apa coba? yaitu fenomena awan Lenticular Clouds. Fenomena awan langka ini biasanya sering muncul didaerah dataran tinggi termasuk bukit dan gunung.





Saya sejenak berhenti menikmati karunia Allah yang sangat indah ini. Alhamdulillah di pagi yang cerah ini saya diijinkan untuk melihat keindahan awan Lenticular Clouds.



Mana sih mas awanya? sama aja deh kayaknya? Hahaha.. Coba dicek lagi sob, disekitar gunung Ungaran itu ada awan yang asing nggak? ada kan ya pastinya? yap awan tersebut berada di sebelah kiri gunung Ungaran. Foto ini saya ambil di jalan menuju ke pelabuhan.





Ngomong-ngomong apa sih itu awan Lenticular? Nah menurut sumber yang saya baca awan ini terbentuk  karena adanya udara lembab yang dipaksa mengalir keatas disekitar puncak gunung. Jadi nggak heran kalau awan ini kerap kita jumpai / lihat di daerah pegunungan dan dataran tinggi.



Nah gimana sob? cantik sekali bukan? jangan lupa bersyukur ya ketika melihat sesuatu yang indah, apalagi kalau yang berhubungan dengan alam..



Bonus :



Gambar yang saya share diatas merupakan gambar yang saya ambil dari angle yang sama. Karena saya cuma sekali berhenti dan kemudian melanjutkan perjalanan menyelesaikan misi utama.



Walaupun tanaman airnya nggak dapet Alhamdulillah masih dapet kulit kerangnya buat hiasan kolam. Btw kulit kerang yang saya ambil adalah kulit kerang yang sudah mati, alias cuma rumahnya aja. Atau kalau masyarakat sini nyebutnya Sotong / tiram. Beda hlo ya..

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama