Menikmati Telaga Warna Dari Bukit Sidengkeng ( Wana Wisata Petak 9 Dieng )

Dieng memang menjadi destinasi wisata andalan kabupaten Wonosobo. Banyak lokasi wisata yang disuguhkan. Salah satunya adalah telaga warna. Telaga ini memiliki ciri khas dan keunikan. Yakni dapat berubah warna. Hal inilah yang menjadi penamaan telaga warna. Berubahnya warna air di telaga warna karena dipengaruhi oleh zat sulfur ( belerang ) yang tinggi.





Selain dapat dilihat dan didekati ternyata ada tempat lain yang tak kalah menarik untuk melihat telaga warna ini hlo sob. Batu ratapan angin? bukan. Ditempat lain ada sebuah bukit yang bisa pengunjung gunakan untuk melihat keindahan telaga warna. Bukit ini bernama bukit Sidengkeng atau wana wisata petak 9. Lokasinya berada di sebelah pintu masuk telaga warna.





Untuk masuk kesini pengunjung harus merogoh kocek sebesar Rp.5.000/ orang terlebih dahulu. Setelah membeli tiket masuk pengunjung akan disambut dengan pintu gerbang yang bertuliskan Wana Wisata  Petak 9 Dieng. Bunga-bunga yang cantik akan menyambut para pengunjung. Disini juga terdapat beberapa bunga endemik yang ditanam. Supaya para pengunjung yang datang kesini bisa sekalian belajar dunia flora yang terancam punah. 





Kemudian pengunjung akan melanjutkan perjalanan menuju ke atas bukit dengan menggunakan anak tangga yang sudah disediakan pengelola. Silahkan membawa bekal berupa makanan dan minuma jika anda ingin kesini, selain dibutuhkan tenaga yang extra alasan lainya adalah karena diatas sudah tidak ada warung yang menjual jajanan. Selama perjalanan menuju keatas pengunjung dapat melihat telaga warna di balik semak-semak. Namun akan lebih mantap jika melihatnya secara terbuka diatas.







Setibanya diatas bukit pengunjung akan melihat sebuah rumah pohon yang terbuat dari kayu dan digunakan untuk melihat pemandangan telaga warna. Rumah pohon ini ( 8/6/16 ) hanya ada satu. Maka dari itu pengunjung harus rela antri jika ingin naik kerumah pohon untuk mengabadikan momen.





Jika saat musim libur tempat ini sangat ramai dibanjiri para pengunjung, namun tak usah khawatir karena tanpa naik keatas rumah pohon pun pengunjung dapat menikmati telaga warna & pengilon secara bebas.





Dari sini nampak telaga warna berwarna biru dan didampingi telaga pengilon disebelahnya. Bukit-bukit disekitar telaga dengan terasiringnya yang khas ditambah dengan hijaunya pepohonan membuat pikiran dan mata menjadi lebih segar. Selain itu, jika cuaca sedang cerah pengunjung dapat melihat hampara pegunungan disekitar.





Diatas bukit terdapat beberapa pepohonan yang rindang. Maka jangan heran jika anda melihat banyak  pengunjung lain yang berbaring dan bersantai ria di bawah pepohonan untuk istirahat sejenak melepas lelah. 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama