Header Ads

Mau Donasi Atau Zakat Secara Online? Disini Tempatnya

Assalamualaikum sedulur, pie kabare??? Sehat wal afiat ya... Alhamdulillah.. Gimana pekerjanya sob, lancar ya? udah gajian pula? Alhamdulillah.. Nah pada postingan kali ini saya enggak ngebahas hal seputar traveling sob, melainkan lebih dari itu. Apa coba? yup benar sekalii.. ( orang gue belum nebak kok udah nyrobot aja bilang benar sekalii.. ) bahasan saya pada kesempatan hari ini adalah mengenai bab sedekah...

Disini saya enggak bermaksud untuk menggurui ya sob, cuma sharing aja. Jadi dont judge me, Hehehe.. Nah mungkin kita udah pada tau kan kalau kewajiban kita sesama umat Islam ada 2,5% dari harta kita itu ada hak kaum duafa atau orang yang membutuhkan. Ini disebut dengan zakat. Zakat sendiri dibagi menjadi 2, ada zakat fitrah ( dibayar sebelum sholat Idul Fitri ) dan ada zakat mal. Zakat mal adalah zakat harta yang dibayarkan setelah mencapai nisab tertentu yang besarnya 2,5% dari harta tersebut. Tapi saya enggak ngebahas tuntas atau lebih dalam mengenai zakat mal ini sob, melainkan salah satu cara kita buat sedekah kepada kaum duafa.

Di era yang modern ini kita nggak perlu susah payah untuk mencari informasi, tinggal searching di google aja udah ada banyak, tinggal pilih. Salah satunya adalah mengenai hal sedekah ini sendiri sob.

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui. ( Q.S Al-Baqarah: 261 )

Nah, Allah sendiri yang berjanji kalau kita sedekah tuh nggak akan berkurang harta kita, pasti diganti.. nah tapi jangan difikirkan yang diganti adalah berupa hal uang saja sob. Kesehatan, keharmonisan rumah tangga kita, anak-anak kita dapat beasiswa, dan buanyaakk bangetlah ya pastinya nikmat Allah.. tentu saja kita nggak akan sanggup untuk menghitungnya, maka tetep bersyukur atas apa yang kita miliki. Alhamdulillah..

Salah satu situs yang menyediakan tempat atau ruang bagi kita untuk bersedekah adalah kitabisa.com. Di situs ini banyak banget campaign yang bisa kita pilih. Ada saudara kita yang sakit dan kurang biaya, ada pembangunan masjid, ada bantuan buat saudara kita di Suriah, Palestina, Rohingya dan masih banyak lagi yang lainya.

Gimana sih caranya berdonasi di kitabisa?

Pertama-tama kita pilih dulu campaign'nya ya sob, di tiap-tiap campaign juga udah tertera terkumpul berapa banyak donasinya dan sisa harinya.

Kalau sudah tinggal klik saja tombol Donasi Sekarang.

Tinggal masukan saja nominal rupiah yang akan kita sedekahkan. Nah itu dibawah ada tulisan Donasi sebagai anonim. Itu terserah mau dicontreng atau enggak, tapi kalau takut riya' bolehlah di contreng, nanti dilist jumlah donasi yang kita kirim akan ternama sebagai anonim. Nah, kalau mau nambahin dukungan berupa tulisan bisa juga kita isi di bagian kolom, bisa ucapan semangat, motivasi, keep the faith, atau yang lainya. Oke, kalau sudah kita klik tombol Lanjut.

Kalau misalkan enggan login lewat facebook ataupun google plus kita bisa langsung loncat saja ke kolom pengisian nama, alamat email, dan juga nomor handphone kita. Nah alamat email ini gunanya buat ngasih tau ke kita mengenai perkembangannya. Misalkan tadi kita donasi buat pembangunan masjid, nanti pas masjidnya udah dibangun, udah sampai berapa persen proses pengerjaanya kita akan dihubungi lewat email ( lengkap dengan fotonya ), ini meyakinkan kita bahwa donasi kita sudah digunakan dengan sebagaimana semestinya, jadi nggak usah takut kalau tipu tipu gitu..

Kalau nomor handphone sendiri ini gunanya buat pengingat aja, kita akan diberi waktu beberapa jam buat donasi, jadi kalau lebih dari itu udah hangus atau dibatalkan oleh sistem. Dan kita musti nyari campaign lagi dari awal.

Terus kemudian ada beberapa pilihan metode pembayaran, pilih sesuka kita atau pilih sesuai dengan bank yang kita pakai. Monggo..

Dan jangan lupa juga buat nyontreng saya setuju bla bla bla bla bla... kemudian tekan tombol Lanjut.

Disini akan terpampang nominal donasi dan kode uniknya, dan jangan lupa untuk menambahkan 3 digit nomor unik yang mereka sediakan pas transfer. Supaya memudahkan proses.

Nah, kalau sudah nanti kita akan di sms berupa ucapan terimakasih dari pihak kitabisa.com, dan nanti pas ada perkembangan kita akan dikabari lewat email, jadi nggak usah ragu ya sob.. Kalau mau ngeshare ke sosial media bisa juga ya sob.

Dan ini ada video booster dari ustadz Hanan Attaki sob, siapa tau bisa ngebuat kita, saya pribadi khususnya buat semakin bersemangat lagi bersedekah, berbuat kebaikan dan keep istiqomah :)

6 comments:

  1. Sekarang donasi lebih mudah secara online. Semoga selalu istiqomah dalam kebaikan. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. semoga kita semua di istiqomahkan dalam kebaikan.. Aamiin.. :)

      Delete
  2. Jadi semakin mudah kalau mau memberikan bantuan uang ke orang-orang yang membutuhkan. Tinggal klik, transfer, insyaallah uang bakal sampai dan tepat sasaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, sekarang zaman serba mudah, termasuk dalam bersedekah :)

      Delete
  3. Dulu pernah kepikiran juga aplikasi kayak gini dan sekarang Alhamdulillah udah ada yg bikin hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah niat baik doang udah tercatat sebagai pahala loh mas :) Semangat......

      Delete

Powered by Blogger.