Belajar Phonegraphy Dengan Lensbong

Lensbong? What is that? Wokee kali ini saya akan ngebahas soal lensa nih sob. Cuma enggak lensa kamera digital pada umumnya ya, melainkan lensa khusus untuk handphone kamu. Nah, pertama-tama lensa kamera hp sendiri ada banyak sob, sama kayak kamera digital sih, ada yang wide angle, macro, dan fish eye. Lensa-lensa tersebut memang lumrah dan pasaran serta mudah kita jumpai dicounter counter yang jual sparepat dan tools untuk handphone.

Nah sedangkan lensbong ini adalah lensa kamera untuk handphone yang limited sob, nyarinya juga nggak mudah. Tapi ditoko online juga sekarang udah banyak yang jual sih.

Lensa Bongkaran Handphone
Btw, saya belum jelasin ya apa itu lensbong? Lensbong ini adalah singkatan gaes. Artinya adalah lensa bongkaran. Kenapa bisa dinamakan demikian? Karena nih lensa dibuat dari kanibal lensa kamera film atau kamera yang sudah rusak. Jadi gini sob. Loe punya kamera digital nih, udah rusak puarah, nggak bisa dibenerin. Nah, kalian bisa tuh ambil lensanya terus dirakit sedemikian rupa supaya bisa dipasang di kamera handphone loe. Masangnya pun beda beda sob, ada yang pakai karet dan ada yang pakai cepitan kayak lensa yang dijual di counter-counter. Ini tergantung letak kamera hp kamu ada dimana. Sesuai seleralah.

Nah lensbong ini sendiri nih biasanya dipake mereka para macro photography atau istilah lainya adalah macro phonegrapy (photography handphone). Biasanya mereka pakai lensbong buat menangkap objek kecil seperti serangga. Bahkan yang udah pro nih sob hasil jepretanya bisa nyaingin kamera Dslr hloh. Keren ya?

Bahkan saya punya temen yang waktu itu mau beli kamera dslr tapi ia urungkan niat buat beli karena harganya yang mahal. Kebetulan bidangnya dia adalah macro photography, nah jadinya ia cuma modal smartphone + lensbong buat ngejepret serangga-serangga kecil. Sedangkan buat lokasi huntingnya juga nggak susah, tinggal nyari kebon atau sawah, secara disana kan banyak serangga ya sob. Beda banget sama yang suka foto travel. Nyari tempatnya euy.. Belum lagi ongkosnya. Wkwkwk.

Oke okew back to lensbong. Saya sendiri kenal sama yang kayak beginian kalau nggak salah waktu itu pas buka fb nemu grub yang namanya K.P.K. Komisi pemberantasan korupsi? Ohh bukan. Komunitas Phonegraphy Kendal. Jadi di grub ini saya nemu foto bagus-bagus banget yang awalnya saya kira jepretan kamera dslr, tapi ternyata cuma hp aja. Dari berbagai genre sih. Ada yang macro, human interest, modeling, candid, dan foto nggak jelas lainya. Cuma saya pribadi lebih tertarik sama mode macronya.

Nah enaknya nongkrong di grub beginian nih sob, biasanya mereka yang mengunggah foto juga disertai kererangan seperti type hp, pake gear apa, diedit pake aplikasi apa, diambil dimana, dll. Jadi dengan begitu kita bisa belajar bareng dengan member-member yang lain. Tapi saya kira nggak cuma di Kendal aja deh yang ada, di kota domisili kalian mungkin juga ada.

Nah, setelah mendapatkan beberapa review akhirnya saya tertarik untuk mencoba pake yang namanya lensbong ini. Saya beli disalah satu member disini, cuma saya lupa euy namanya. Hehehe. Setelah tranksaksi dan deal oke lets hunting with lensbong.

Bunga Pink
Walang Sangit Macro
Serangga Kumbang Merah Macro
Serangga Kumbang Merah
Semua gambar diatas menggunakan kamera hp Infinix Zero 3 + lensbong, edited by photoscape

Gimana sob hasilnya? Biasa aja ya. Hehehe. Maklumlah namanya juga neubie + banget + amatir + asal-asalan + ngawur + infinty #ngomongapasih. Nggak papa deh mencoba belajar genre photography lain, biasanya mah motret pemandangan, coba sekali kali motret serangga. Hehehe. Kalau kalian lihat hasilnya yang udah pro dijamin ngiler deh.

Cara menggunakanya gimana seh?
Caranya gampang sob, tinggal kalian pasang aja lensbongnya di kamera hp kamu terus kalau udah pas silahkan cari objek untuk dimakan, difoto. Nyari titik fokusnya kamu bisa menggunakan fasilitas di hp kamu (kalau ada) terus kalau kurang maknyus lagi deketin lensanya ke objek. Dimaju mundurkan aja sepas dan sefokus mungkin. Kalau udah tinggal jepret deh. Gimana, gampang kan ya? Iya...

Masalah editing enggak saya bahas ya sob, itumah sesuai selera masing-masing. Subjektif yah.. Kalian bisa pake aplikasi hp atau pc kesukaan kamu. Okee lets hunting now!!

14 comments:

  1. Keren mas.
    Sepertinya niat saya buru-bur beli kamera jadi sedikit goyah nihh. Mungkin untuk sementara coba dulu lesbong hehe
    thanks infonya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas kalau smartphone hasilnya udah joss tinggal dimodif lagi biar bisa nyaingin dslr. Hehehe
      .
      Oke mas Rizqi masama :)

      Delete
  2. Gambarnya jadi Bagus Mas...berapa harganya? Kalau murah mau tuh lensbong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas jadi bokehh. Hehehe..
      Kalau yang single lens nggak sampe 100rb mas, tapi kalau yg double lens 100rb lebih dikit. Cari di toko online sekarang banyak yang jual juga mas :D

      Delete
  3. Aku tuh penasaran seperti apa penampakan lensa macro untuk foto obyek kecil2 dengan hape. Jadi seperti ini ya. Hasilnya bagus. TFS ya. Pengen hunting lensbong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Nur ane sendiri juga tak kira pake kamera dslr. Hehehe.
      Silahkan mbak, cari di toko online sekarang banyak yg jual :D

      Delete
  4. wah unik ya Mas lensa bongkarnya...jadi makin terlihat kece saat input gambar ....kapan kapan mau niru ah,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas makin maknyusss.. Hehehe..
      Silahkan mas, yang baik-baik ditiru nggak papa :D

      Delete
  5. Bisa di beli di mana Mas? Apakah tersedia di marketplace? Lalu Mas sendiri pakai yang lensbong mana single atau double

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, ditoko online seperti si merah dan si ijo ada mas, kalau saya kayaknya yang single mas :D

      Delete
  6. Hasil jepretannya, keren banget :D
    Lensbong? (apakah support untuk berbagai jenis hape?)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Support mas, yang penting hpnya ada kameranya :D

      Delete
  7. Keren, Mas!! Dan aku ngiler. Duhhhh ini harganya gimana ya? Mau brosing tapi takut. Secara lagi berjuang nabung lensa idaman juga. deg degan mau brosingnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harganya kurang lebih 100rb an mbak Dian :D
      Ohh kirain deg degan karena jatuh cinta mbak. Wkwkwkw :P
      Nggak papa mah liat liat dulu buat referensi. Hehe

      Delete

Powered by Blogger.