Header Ads

Sejuk Dan Eksotisnya Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul #ThePowerOfMenangMantep

Hari ini rencana saya mau ke jogja,  tepatnya di daerah Gunung Kidul di pantai tanjung kesirat.  Rencana awal mau gooo.. habis subuhan,  tapi rupanya badan masih belum mau diajak kompromi setelah kemarin ngedrop. Sekarang sih sebenarnya juga masih drop dan belum pulih 100%. Yaudah akhirnya saya paksakan untuk tetap tancap gass ke daerah yang saya targetkan.  Bentar mas,  nih mase kesana sama siapa ya?  Sendirian aja kok sob. Atau kalau mau saya kasih hastag, postingan ini akan saya kasih hastag #ThePowerOfMenangMantep.

Kesiangan juga sih,  biasanya juga udah berangkat habis subuhan.  Ini mah dari rumah sekitar jam 6 an. Jalanan udah pada ramai anak anak sekolah dan para pekerja. Tapi tak apalah pelan pelan asal tekan.

Sampai di daerah Salatiga saya berhenti sejenak ngisi perut sambil mikir. Ini enaknya gimana,  mau dipaksain ke pantai tanjung kesirat atau ganti objek lain, mengingat badan juga masih belum fit fit amat. Saya cek di gps jarak dari Salatiga kesana masih sekitar 3 jam lagi.  Ini masih jam 8, perkiraan sampai sana jam 11anlah.  Okee lanjutttt..  #nekataja

Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul | Yogyakarta
Sampai di daerah Boyolali saya ambil arah ke Klaten terus bla bla bla lewat Jatinom. Maaf saya pakai gps jadi nggak tau ini lewat daerah mana. Hehehe. Lagi pula udah luama banget saya nggak ke Jogja jadi ya maklum saja kalau lupa lupa ingat jalanya. Makin kesana makin siang saya makin nggak mantep buat ngelanjutin perjalanan. Ragu lah,  nggak sesemangat tadi pagi. Kalau putar arah terus pulang kayaknya nggak lucu banget ya sob?  Akhirnya saya browsing dulu nyari lokasi yang nggak jauh jauh amatlah, dan nemu juga Alhamdulillah. Yaitu ke Air Terjun Sri Gethuk.

Yaudah deh saya mengubah rute gps yang tadinya ke pantai tanjung kesirat ke air terjun sri gethuk. Ini ceritanya saya berhenti di Klaten buat nyari objek lain dan mengubah rute.  Alhamdulillah nggak jauh jauh amat sih sekitar 1 jam lebih berapa tadi,  lupa.  Okeee..  Lanjut..  Nggak tau tadi lewat daerah apa namanya pokoknya lewat daerah tebing tebing tinggi,  banyak tanaman jati,  dan jalanya nanjak banget. Saya mah ngikutin gps aja.  "Biasa nih si gps kalau ngasih rute asal cepet aja nggak peduli itu jalanya kayak gimana".

Skip..  Skip..  Skip..

Singkat cerita jalanan yang tebing tebing tadi Alhamdulillah sudah terlewati dengan baik dan tanpa ada kendala. Sungguh senang hati ini ketika lewat jalan yang ramai lagi,  tadi mah sepi jalanya,  ya nggak sepi sepi amat sih.

Setelah kembali ke jalan yang ramai tadi udah ada plang plang penunjuk arah ke air terjun sri gethuk. Jadi lega deh..  Kalau udah ada plang mending ikut plang aja ya sob,  saran aja sih.  Hehehe..

Eksotisnya Air Terjun Sri Gethuk
“Dan Kami jadikan segala sesuatu yang hidup berasal dari air; maka mengapa mereka tidak beriman?” (QS. Al-Anbiya: 30)

Air terjun sri gethuk ini berada di daerah Bleberan kecamatan Playen kabupaten Gunung Kidul.  Lokasinya yang berada di daerah gunung kapur membuat air terjun sri gethuk terlihat eksotis dan alami.  Kalau saya perhatikan gambar-gambar di internet sih air terjun sri gethuk ini mirip mirip sama air terjun kembang soka atau kedung pedut di daerah Kulon Progo.

Awal memasuki gerbang kita musti bayar tiket masuk terlebih dahulu sebesar Rp. 10.000 terus turun ke bawah dan bayar parkir lagi,  untuk sepeda motor Rp. 2.000 saja. Tadi nyampe sini jam berapa ya?  10an euy kurang lebih.  Setelah beres tanpa buang buang waktu saya langsung otw ke air terjun.

Ehh mampir ke warung dulu ding,  beli air minum sambil istirahat sejenak.

"Buk numpang duduk bentar ya? " pintaku ke ibu pedagang.
"Ohh iya mas silahkan.. " jawabnya ramah.
"Ramai terus ya buk disini? " tanyaku.
"Kalau sabtu minggu mas,  kalau hari biasa pas ada rombongan gitu ya ramai." jawabnya.
"Nanti jauh nggak buk ke air terjunya?" tanyaku lagi.
"Deket kok mas,  tapi mending naik prahu aja,  cuma 10 ribu kok." jawabnya.

Pemandangan Alam Air Terjun Sri Gethuk
Setelah merasa pulih kembali saya pamitan sama ibuk tadi dan menuju ke air terjun.  Suasana pagi ini ramai + banget.  Ada rombongan yang pakai baju merah,  kuning,  ijo.  Entah dari mana aja mereka,  tapi kebanyakan dari mereka adalah kaum ibuk ibuk.

Setelah tiba di dermaga agak males sih.  Wkwkw.  Soalnya lihat para pengunjung yang pada antri banyak sekali. Ohh iya untuk biaya penyeberangan naik prahu kita dikenakan biaya Rp. 10.000/ orang.  Tapi kalau mau ambil paket ada juga yang 35.000/ orang. Ohh iya kalau mau bayar tiketnya diusahain pakai uang pass aja ya sob.

Kali Oyo Gunung Kidul
Saya sengaja belakangan aja naik prahunya,  biar agak longgaran dan leluasa. Dan..  Oke..  Sekarang saatnya kita menuju ke air terjun dengan menyusuri sungai Oyo ini,  jaraknya nggak begitu jauh sih.  Katanya sekitar 350 meter dari dermaga. Ya memang sih,  fakta. Nggak jauh jauh amat. 5 menit nyampee..

Mantap | Ai Terjun Sri Gethuk
Begitu tiba di air terjun sri gethuk langsung galau gitu saya.  Hahaha.  Kenapa?  Ramene poll..  Mau ambil foto susah, yaudah deh duduk aja dipinggiran sambil ngaplo gitu.  Sesekali pas ada momen ya ambil gambar. Momen apa?  Momen pas nggak ada orang yang lewat biar yang ke potret air terjunya doang.  Hehe.

Ayo Ke Jogja..
Nama lain dari air terjun sri gethuk ini adalah air terjun Bleberan, yang diambil dari nama daerah ini sendiri. Air terjun ini lumayan tinggi hloh sob,  sekitar 30 meteran kurang lebih. Ada beberapa aliran air terjun yang mengalir,  yang paling besar ada 3 ( menurut saya sih ). Banyak juga para pengunjung yang bermain air di bawah jatuhnya air,  ada juga yang mengabadikan momen selfie kesana kemari,  ada juga yang sendirian ngaplo nggak jelas.. #Hloh!!! #SiapaIni?

Ohh iya,  kalau kalian mau kesini jangan sore sore ya sob,  karena tempat ini cuma sampai jam setengah lima sore doang.  Ya,  pastinya buat keamanan dan kenyamanan kita bersama.  Nah,  kalau misalkan kamu tadi ambil paket yang 35ribu kamu bisa main rafting di sungai Oyo hloh sob,  terus bisa juga mainan susur sungai Oyo.  Yang nggak kalah seru,  nanti juga sudah ada pemandunya.  Jadi nggak usah khawatir ya sob.

Untuk masalah fasilitas umum saya rasa udah komplit sih ya.  Kalau mau beli oleh-oleh khas air terjun sri gethuk juga banyak di dekat pintu masuk.

Kali Oyo Gunung Kidul | Yogyakarta
Makin siang makin ramai pula yang datang kemari,  akhirnya saya memutuskan untuk ke dermaga aja,  nunggu prahu yang mau pulang.  Ya setidaknya udah dapat gambar air terjun sri gethuklah walaupun saya nggak foto disini.  Wkkwwk.

Saya meninggalkan tempat ini sekitar habis Dhzuhur.  Selama perjalanan pulang banyak sekali plang plang penunjuk arah ke berbagai tempat yang saya lihat.  Ada ke goa Pindul,  terus daerah daerah desa wisata,  yang paling parah saya lewat kebun bunga Amaliris di Gunung Kidul,  yang beritanya sempet heboh didunia maya karena diinjak injak sama pengunjung yang tidak punya perasaan. Tadi disono juga ramai banget, udah diperbaiki lagi,  bunganya pada mekar berseri.  Cantikk deh pokoknya.  Tapi tetep saya gass aja nih motor mungkin suatu saat nanti saya kunjungi.  Hehehe..

18 comments:

  1. sejuk mau dong kesitu... sy blm pernah ke waterfall smpe umur setua ini,:(
    btw lagi ga fit kok paksa diri gitu mas nya? ini bahayanya kalau hobi traveling suka keterusan lupa diri, hahaha

    ReplyDelete
  2. Wah seger hloh mbak, apalagi pas siang bolong mandi di bawahnya. Hehehe..
    Karna udah lama gak traveling jadi memaksakan. :D

    ReplyDelete
  3. Catet janagan datang sore sore, enakan kayaknya pas blom banyak orang biar bisa puas foto hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mbak, mantepp.. Sejuk dan segarrr :D

      Delete
  4. Waduh.. Padahal cuma deket tapi belum pernah ke sana.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah sering.. Tapi ndak jadi-jadi.. haha

      Delete
    2. Semoga aja dijadikan besok lagi. Hehehe :D

      Delete
  5. Aku duluuu malah sebelum tenar jd obyek wisatanya ke sini..

    Pas jamanku dulu airnya keruh gitu, trus lewat sawah2 deketnya itu akses masuknya.

    Smnjk jd obyek wisata, blm ke dusun bleberan lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang udah banyak sekali perubahan ya mbak, ramai banget.. Kesini lagi mbak :D

      Delete
  6. aku mau naik perahunya
    serasa di hutan amazaon
    hehehe lebai
    tapi emang bagus sih

    ReplyDelete
  7. Wah bisaan aja ngubah rute begitu XD
    btw saya juga pernah tuh nunggu aja melongo nungguin orang2 pergi biar objek alamnya tuh kosong dari orang huwehehehe.
    Tapi masyaAllah, keren tuh sungainya difoto dari atas. Kayak hutan Amazon [?], seriusan bagus!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mbak, cuma bisa nunggu. Kalau mau ngusir siapa kita ya. Wkwkwk..
      Monggo mbak diexplore daerah Jogja :D

      Delete
  8. Yang mlongo nggak jelas siapa sih 😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak tau tuh mbak, siapa yak ?? :-/

      Delete
  9. pernah juga kesini mas, tempatnya bagus seger ngeliatnya.

    Salam kenal mas

    ReplyDelete

Powered by Blogger.