Header Ads

Bukit Harapan Cuntel, Melihat Gunung Dari Lereng Gunung

Kopeng - Berbicara masalah gardu pandang akhir-akhir ini ada sebuah tempat yang sangat menarik dan unik nih sob, tempat ini berada di lereng gunung merbabu. Apa itu? Ketep Pass? bukan. New Selo? juga bukan. Tepatnya berada di dusun Cuntel, Kopeng, Getasan, kabupaten Semarang. Dibilang unik karena disini terdapat ikon sebuah pohon sebatang kara yang mengering. Nah di tengah-tengah pohon tersebut oleh pengelola dibuat sebuah tempat duduk, atau rumah pohon cuma nggak ada atapnya ya, jadi hanya sebuah papan melintang ditengah-tengah batang pohon. Kalau mau memanjat disini udah disediakan tangga kok. Jadi kita nggak kerepotan juga saat hendak naik keatas.

BHC Cuntel Kopeng
Kalau mau kesini nggak begitu susah kok sob, dari objek wisata umbul songo Kopeng kira-kira berjarak sekitar 2 Km naik ke atas jalur pendakian Merbabu ( Cuntel ). Nanti disana udah ada beberapa papan penunjuk arahnya jadi buat kamu yang baru pertama kali kemari nggak usah khawatir kesasar ya sob. Bisa lewat jalur alternatif  Salatiga dan bisa lewat Magelang. Terserah mau pilih jalur yang mana. Yang penting nanti pas lihat papan penunjuk arah ke air terjun umbul songo, ambil jalan tersebut dan ikuti terus, nanti akan sampai sendiri.

Untuk menuju kemari kita bisa menggunakan sepeda motor atau mobil, tapi pastikan sebelum berangkat mesin kendaraan anda dalam kondisi baik ya kawan, karena nanti kita musti berjibaku dengan medan yang menanjak dan berkelok kelok.

Setelah sampai kita bisa memarkirkan kendaraan kita didepan rumah warga, nanti ada papan penunjuknya sob, nah untuk biaya sendiri sangat terjangkau. Kita hanya perlu membayar parkir Rp.2.000/ motor dan Rp.5.000/ mobil, sedangkan untuk tiket masuknya kita dikenakan biaya Rp.2.000/ orang. Murah banget ya?

Dari tempat parkir kita harus berjalan kurang lebih 100 meter agar bisa sampai dilokasi.


Bukit harapan Cuntel dari bukit Kerinduan ( objek wisata juga )

Ohh iya kawan lupa. Hehehe... nama objek wisata ini adalah Bukit Harapan Cuntel, atau istilah kerenya BHC. Buat yang hobi mendaki gunung pastinya nggak asing lagi dengan nama Cuntel ya sob, karena desa ini termasuk jalur pendakian gunung merbabu. Sampai saat ini semua yang ada disini masih sangat sederhana dan proses pengembanganya masih belum maksimal, maklum aja sob, karena BHC ini dikelola oleh swadaya masyarakat desa Cuntel dan milik perorangan.

Berbicara masalah BHC pasti nggak terlepas dari sang pemilik yaitu Mas Ando, ia begitu gigih merombak kebun menjadi sebuah destinasi wisata yang bagus dan keren. Tempat wisata ini juga bukan termasuk wisata baru sih sob, karena sudah dibuat wisata sekitar 2 tahun yang lalu, cuma baru akhir-akhir ini mulai dikenal oleh masyarakat luas.

Ada cerita dibalik bukit harapan cuntel

Maksudnya adalah cerita dibalik sejarah BHC ini sendiri sob, jadi begini. Dulu tempat ini pernah dijadikan lokasi pembuatan film aku dan kau cinta Indonesia. Walaupun film tersebut nggak melejit tapi lokasinyalah yang malah justru naik daun, kenapa? karena background cover dari film tersebut adalah bukit ini. Coba cek aja sob kalau nggak percaya?

Makin lama makin berkembang dan pengunjung mulai berdatangan mulailah sedikit demi sedikit tempat ini dirombak dan diberi berbagai fasilitas yang memadai supaya pengunjung betah berlama-lama disini.

Menikmati Keindahan Alam Dari BHC
Kalau pas cuaca sedang cerah kamu bakalan lihat panorama alam yang luar biasa. Disini nampak jelas gunung Andong & Telomoyo yang gagah berdiri di depan bukit. Kalau beruntung kamu juga bakal lihat gunung Sindoro & Sumbing di belakang gunung Andong. Nggak sampai disitu aja sob, dari atas kita juga bakalan lihat pemukiman penduduk, terus ada rawa pening, yang dibelakang kita bisa melihat gunung Merbabu. Nah loh puas nggak kalau begitu? dijamin pasti.

Disini sudah disediakan beberapa gazebo yang nyaman. Jadi kita bisa melepas lelah sambil menikmati pemandangan alam yang indah tersebut, apalagi sambil ngemil. Mantap pakai banget. Selain gazebo, fasilitas disini ada warung, toilet, tempat pandang, area parkir yang nyaman, terus kalau mau sholat di dekat tempat parkir ada Masjid Baiturrahman. Tempat sampah juga sudah ada. Termasuk lengkap ya sob?

Pemandangan Bukit Harapan Cuntel
Nah bagi kamu yang mau mampir kesini pastikan sedang nggak turun kabut ya sob, supaya semua pemandangan dapat terlihat dengan jelas. Jangan lupa buat jaga-jaga pakai pakaian yang hangat karena disini udaranya dingin sekali.

35 comments:

  1. Wiihh pemandangan nya itu lhoo gan yang bikin saya takjub.. indah banget ya di bukit harapan cuntel ini.. jarak dari Kopeng kira-kira sekitar 2 Km naik ke atas jalur pendakian Merbabu ? cukup jauh juga ya gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih mas, tapi sepadan dengan pemandanganya :D

      Delete
  2. keren bangeeett mas eksa.
    ngeliat pemandangan gunung luas dari lereng bukit.
    udara yg dingin jd berasa di negara salju ya. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak langsung ngena gitu. Hehehe..
      kalau kesini bawa jaket yang anget :D

      Delete
  3. itu jalur kesananya ngelewatin jurang-jurang gitu gak gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak kok mbak, cuma naik dan berkelok tajam :D

      Delete
  4. Hebat satu tempat bagus bisa jadi swadaya masyarakat sana ya
    Aku klo ke kopeng ingetnya cuma satu dingiiiiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, maklum karena berada di lereng gunung..
      tapi ngengenin :D Hehehe

      Delete
  5. Sepertinya walaupun menempuh waktu yang jauh akan terbayar ya mas dengan suguhan pemandangan yang indah.

    ReplyDelete
  6. Pemandangannya luar biasa. Suka banget .... Tapi mendakinya perlu usaha ekstra nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang usaha motornya mbak, yang penting kuat nanjak aja :D Hahaha..

      Delete
  7. wah indah banget panorama nya, apa lagi kalo kita udah di atas bukit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, dijamin bikin ketagihan :D

      Delete
    2. yang udah kesana aja bilang ketagihan, apa lagi saya yang belum pernah kesana, jadi bikin penasaran hehe

      Delete
    3. Mungkin bisa dijadikan refrensi ya mbak :)

      Delete
  8. Pengambilan angle foto nya keren, bro :)
    Mantap lah pokoknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih mantap kesana langsung mas :D

      Delete
  9. woh jadi bukit ini yang beberapa waktu lalu gue liat fotonya di ig, wheheh jadi tau deh guee,,kappann kapan kalo selo gue kesini deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak tempat ini emang lagi ngehits belakangan :D
      oke mbak semoga terhibur dg pemandangan yg disuguhkan..

      Delete
  10. Bagus pemandangannya. Lucu juga pas dijadiin lokasi pembuatan film tp filmnya malah ga booming tp tempatnya jadi ngehits.. ya biar masyarakat indo punya kesadaran kalo indonesia juga punya pesona tersendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak malah jadi berkah tersendiri bagi masyarakat desa Cuntel :D

      Delete
  11. tempatnya adem banget mas keliatannya ya. ku baru ngeh sama watermarknya deh, kayak daun gitu ya? cocok banget sama konsep blognya :d

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seger pakai banget mbak :D
      Hahaha..iya nih ane buat daun konsepnya biar go green :D

      Delete
  12. Ini memang asli pemandangannya yang bagus atau fotonya yang bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemandanganya mas, fotonya kurang bagus :D

      Delete
  13. Boleh berteriak gak di situ? sekuat-kuatnya? kayaknya pas banget itu tempat buat melampiaskan unek2 :(

    Eh malah curcol :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak dijamin unek-uneknya langsung ilang begitu melihat pemandangan yang ada :D

      Delete
  14. Stres bisa ilang kalau berkunjung di mari ya gan!

    ReplyDelete
  15. seru itu, melihat gunung dari gunung. pemandangannya jadi sangat sempurna :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak,apalagi lihat secara langsung :D

      Delete
  16. jalan kakinya jauh bgt ga?
    klo ngajak anak2 kuat ga ya?

    ReplyDelete

Powered by Blogger.