Header Ads

Wisata Alam Lembah Sindoro Posong Temanggung Yang Super Keren

Kota Temanggung adalah salah satu kota yang memiliki 2 gunung cantik, yaitu gunung Sindoro dan gunung Sumbing. Biasanya masyarakat menyebut kedua gunung ini dengan sebutan gunung kembar. Mungkin karena dilihat sekilas kedua gunung ini sejajar serta memiliki ketinggian yang hampir sama membuat masyarakat menyebutnya sebagai gunung kembar.  Padahal kalau dilihat dari dekat kedua gunung ini nampaklah sangat berbeda. Dari bentuknya saja Sindoro lebih berbentuk kerucut sedangkan Sumbing lebih melebar. Dari puncak kedua gunung ini juga berbeda. Sumbing dipuncaknya terdapat kawah yang menandakan gunung ini pernah meletus, sedangkan Sindoro berbentuk kerucut seperti Merapi. Tapi menurut informasi kedua gunung ini pernah sama-sama meletus, hingga sampai sekarang kedua gunung ini masih berstatus aktif tapi masih beristirahat dengan tenang.

Berbicara masalah 2 gunung ini alangkah lebih baik kalau melihatnya langsung dari dekat, karena akan semakin membuat mata kita dimanjakan oleh panorama keindahan yang ditawarkanya. Di salah satu daerah di Jawa Tengah tepatnya di daerah Temanggung ada tempat yang pas dan nyaman untuk memandangi kedua gunung ini. Objek wisata ini memang tidak jauh beda dengan objek wisata Ketep Pass di Magelang atau New Selo di Boyolali. Sama-sama mengangkat tema mengenai pemandangan pegunungan.

Saya pribadi sebenanrnya agak-agak penasaran dengan istilah posong, karena banyak banget teman-teman yang berbicara membahas objek wisata tersebut. Setelah saya cek lagi ternyata benar saja bahwa posong akhir-akhir ini menjadi populer serta sedang naik daun. Banyak para pengunjung yang rela datang jauh-jauh dari luar kota hanya untuk menikmati keindahan alam dan kesejukan yang ada disini. Sebenarnya objek wisata ini adalah objek wisata yang mengangkat tema sunrise, alias melihat matahari terbit. Tapi tidak ada salahnya jika anda ingin berkunjung kemari saat siang hari. Karena penasaran dengan keindahanya tanpa pikir panjang saya langsung bergegas menuju ke sana.

Keindahan Gunung Sindoro Dari Posong
Lokasi objek wisata posong sendiri dimana ya mas?
Objek wisata posong berada di desa Tlahab, kecamatan Kledung, Temanggung. Berada di wilayah Posong. Rute untuk menuju kemari juga tidak sulit. Yang pertama melalui rute Parakan dengan melalui jl.Ajibarang  Secang kemudian melalui jl. raya Parakan Wonosobo lurus terus dan perhatikan papan informasi atau spanduk pinggir jalan mengenai Posong. Memang agak susah juga karena gapuranya terlihat seperti jalan biasa. Namun jangan khawatir karena sudah ada papan penunjuk arahnya. Gapura posong berada di kanan jalan. Kemudian melalui rute Wonosobo dari alun-alun Wonosobo ambil arah ke jl. Ajibarang Secang dan pas di pasar Kretek ambil arah menuju Temanggung, lurus saja terus hingga sampai gapura Posong di kiri jalan. Kedua rute tersebut adalah rute termudah.

Dari kedua rute diatas jalanan yang akan pengunjung lewati berupa jalanan beraspal naik turun serta berkelok kelok. Pastikan kendaraan dalam kondisi fit dan prima saat hendak berkunjung kemari. Jalanan juga sudah oke, halus, serta nyaman dilewati. Untuk menuju kemari pengunjung bisa menggunakan sepeda, sepeda motor, mobil pribadi, mini bus, hingga truk.

Setelah memasuki gapura pengunjung harus membayar tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiketnya juga sangat terjangkau. Hanya dengan Rp.7.000/orang + parkir sepeda motor Rp.1.000 sedangkan mobil Rp.5.000 pengunjung bisa sepuasnya menjelajahi lembah wisata alam sindoro.

Gunung Sumbing Dari Posong
Asyik ya udah sampai? Jangan bernafas lega dulu sobat setelah membayar tiket, karena kamu harus kembali melanjutkan perjalanan sejauh 3,5 Km lagi ke atas agar bisa sampai ke lokasi tujuan. Sekilas memang nggak terlalu jauh namun perjalananya itu rata melewati jalan menanjak, berkelok, dan berbatu. Batu-batu ini sudah disusun rapi sedemkian rupa layaknya aspal supaya tidak membahayakan para pengguna jalan. Meski begitu para pengendara sepeda motor tetap fokus dan berhati-hati saat melewati jalur ini, tak jarang bagi pengguna kendaraan motor yang berboncengan harus menerima motor yang dikendarainya tak kuat menanjak. Selama perjalanan para pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan panorama gunung Sindoro kemudian di sebelah kiri ada gunung Sumbing sehingga perjalanan terasa mengasyikan serta tidak membosankan. Selain pemandangan pegunungan, pemandangan berupa perkebunan kopi dan sayur-sayuran akan menambah warna warni perjalanan, jadi lebih sejuk segar. Walaupun melewati jalan yang luar biasa sejauh 3 Km pasti tidak terasa kalau pemandanganya sip dan bikin nyaman.

Wisata Posong Temanggung
Setelah memarkirkan kendaraan kini kita bisa langsung menjelajahi sesisi objek wisata posong. Sampai disini saya terkagum-kagum melihat keindahan alam yang luar biasa. Banyak pemandangan yang menarik disini, jadi jangan khawatir kehabisan tempat saat berkunjung kemari. Bagi para pengunjung yang singgah kemari tetap menjaga kesopanan ya, dengan tidak menginjak injak tanaman para petani. Maklum saja disekitar kawasan objek wisata berupa area perkebunan. Di atas sini bukan hanya gunung Sindoro dan Sumbing saja yang bisa dinikmati para pengunjung, jika beruntung kita dapat melihat jajaran pegunungan lain seperti gunung Merbabu, Merapi, dan Ungaran akan nampak berdiri gagah menjulang keatas di sisi lain. Jika cuaca sedang cerah kesemua gunung di sini akan terlihat jelas dan pastilah membuat para pengunjung betah berlama lama disini.

Dibalik nama Posong?
Berbicara masalah posong mungkin banyak yang belum tahu apa arti kata posong itu sendiri. Posong dalam bahasa Indonesia artinya adalah pos kosong. Kenapa dinamakan demikian ?? mengutip di halaman blog Posong Temanggung dijelaskan dahulu kala pada saat jaman Belanda pasukan Diponegoro bersembunyi di pos di lereng gunung tepatnya di daerah Tlahab yang diberi nama pos. Akhirnya keberadaan persembunyian pasukan Diponegoro mulai diketahui oleh para pasukan Belanda. Dan para pasukan Belanda memutuskan untuk menyerang pos tersebut. Namun para pasukan Diponegoro sudah mengetahui tentang penyerangan itu dan akhirnya kabur meninggalkan pos. Para pasukan Belanda yang hendak menyerang hanya mendapati pos yang kosong, maka dari itulah pihak pengelola wisata menamakanya pos yang kosong. Atau istilah kerenya Posong. Ternyata selain wisata alam yang indah disini menyimpan sejarah yang menarik dan pemberian nama yang menarik juga ya?

Gambar Wisata Posong
Jika di bawah pengunjung melihat kegagahan gunung Sumbing di atas pengunjung bisa melihat kegagahan gunung Sindoro. Dengan berkunjung ke wisata posong seolah olah pengunjung sedang berwisata di daerah tengah-tengah gunung Sindoro dan Sumbing. Dari lokasi parkir para pengunjung bisa meneruskan perjalanan ke atas. Diatas sudah ada beberapa gazebo yang nyaman sebagai tempat melepas lelah setelah melewati jalur yang menegangkan. Jika para pengunjung merasa lapar dan haus disini juga sudah ada beberapa kantin / warung makan, apalagi kalau membeli camilan berupa gorengan dan kopi hangat sambil menikmati keindahan pegunungan. Dijamin, rasa lelah setelah menempuh perjalanan yang melelahkan serasa hilang begitu saja. Selain itu fasilitas umum apalagi ya yang ada disini ?
1. Mushola
2. Toilet
3. Outbond
4. Trekker
Selain fasilitas umum diatas adapun paket wisata menarik lain seperti turun tebing, flying fox, trekking, jembatan Aldewis, paket wisata budaya, dan lain sebagainya.

Nah bagi yang belum tau nih objek wisata ini memiliki batas kunjungan, yakni sampai pukul 17.00. Jadi jangan terlalu sore ya kalau berkunjung kemari. Banyak para pengunjung yang sengaja datang awal atau bahkan menginap di sekitar sini hanya untuk melihat keindahan matahari terbit. Dilihat dari nama titlenya saja sudah terlihat jelas kalau wisata ini adalah wisata alam berupa pemandangan matahari terbit. Maka dari itu para pengunjung yang hendak kemari diusahakan datanglah sebelum matahari terbit, supaya bisa melihat langsung keindahan sunrisenya.

Pemesanan Tempat Camping, Outbond, Landscape
Silhakan Menghubungi Nomor Management Posong 
1. Nama: Zuny
2. Nomor Hp. 0813 9297 3130
3. Email: zunydjogoreso@gmail.com
4. Facebook: www.facebook.com/zuny.jogorekso
5. Alamat: Jl. Parakan-Wonosobo Km. 09, Tlahab, Kec. Kledung, Kab. Temanggung, Central Java Indonesia Pos. 56254

58 comments:

  1. Posong. Pos Kosong. Ada kisah menarik dibalik nama tersebut. Ada nilai sejarahnya juga...ulasan yg kerennnn.

    Kyaaaaa kapan bisa ke sana. Indah banget, seger, dan hijau...
    >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak wisata ini emang akhir akhir sedang naik daun. Makanya ayo buruan berkunjung mbak. Hehehehe

      Delete
    2. bareng saya aja kalau mau kesana mah...dik

      Delete
  2. Cantik bgt....

    Asik ya bs jalan2 gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak pemandanganya sip banget pokoknya :D
      makanya kalau ada waktu jangan lupa berkunjung ya. Hehehe

      Delete
  3. jadi inget dieng kalau lihat gmbar terakhirnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bicara soal Dieng ane belum pernah kesana :-( Huhuh

      Delete
  4. Indah banget ya pemandangannya.. Fasilitasnya udah komplit pula. Keren yaa... Tapi kapan saya akan ke sana...?? Hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya nih mbak, kayaknya musti mampir kesini deh. :D

      Delete
  5. indah nya!
    pasti sejuk baget ni kalo langsung berada di situ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti sekali gan, dan bikin gak mau pulang. Hehehe

      Delete
  6. gue pernah kesitu waktu acara live in di sekolah, nginep di desa buntu wonosobo 3 hari. terus bantu orang tua asuh di sawah, tanamannya kentang gitu, cuma kalau ke posongnya belum sampe kayaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah seru sekali mas, di daerah Wonosobo juga sejuk banget ya hawanya :D

      Delete
  7. Sadar nggak sadar sekarang Tasikmalaya juga makin banyak tempat wisata. Termasuk wisata alam lembah sindoro posong yang emang bener keren. Indonesi emang keren deh (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, sekarang banyak objek wisata baru. Semoga yang baru baru dan indah indah tetap aman dari anak anak hits :D

      Delete
  8. perpaduan gunung ama langit menghasilkan satu kata : wow

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, pas kemarin Alhamdulillah masih sempet dapet pemandangan indah :D

      Delete
  9. pemandangan gunungnya indah banget, memang nikmat Tuhan yang mana lagi yang kita dustakan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kata katanya nyentuh banget mbak :-(
      sering lihat di IG juga, huhuhu

      Delete
  10. wah kayaknya seger banget tuh suasananya, indonesia memang keren..

    ReplyDelete
  11. Belum pernah ke sana, duhh hasil Jepretan Eksapedia emang bikin ngiriiiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dikunjungi mbak, aslinya sudah pasti lebih bagus dari gambar :D

      Delete
  12. aaah cakep banget ini.. fix deh temanggung masuk ke bucketlist taun ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. silahkan dikunjungi langsung gan :D

      Delete
  13. huaaa... keren banget pemandangannya... suka banget sama foto yg kedua...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih keren aslinya tapi mbak :D Hehe

      Delete
  14. Ulasannya lengkap ditambah foto yang menggiurkan.. semoga suatu saat bisa ke Lembah sindoro ini^^

    ReplyDelete
  15. Masih ada hubungan sama jaman Belanda, berarti kumpeni dulu emang menjajah rata ya. btw, keren banget view-nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak lebih keren lagi aslinya :D hhehe

      Delete
  16. Ya, memang indah sekali tempat ini. Saya pernah ke sini. Perjalanan ke sini perlu kerja keras yang sangat karena jalannya bergelombang di beberapa jalan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah pernah kesini juga ya gan ??? mantap ya rasanya :D rasa lelah perjalanan seolah olah terbayarkan begitu melihat pemandanganya . Hehe

      Delete
  17. seger banget tempatnya, klo lewat temanggung wonosobo paleing seneng berhenti diantara sindoro sumbing :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas disini hawanya sejuk dan membuat betah :D

      Delete
  18. widihh, bikin mupeng mau ke sindoro juga, tapi...sptnya gak mgk kalau sampai hiking. dijamin ngos-ngosan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Tak apalah mbak sekali kali :D

      Delete
  19. Suasananya sangat 'ndeso' banget. Pas buat nenangin otak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, kalau kesini dijamin fresh :D

      Delete
  20. Tak kira nama posong berasal dari bahasa jawa atau bahasa zaman berhulu kala, eh ternyata singkatan toh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama denger saya juga berfikir demikian mbak :D Hehehe

      Delete
  21. Masya Allah, so cooool. Temanggung suejuk, kotanya bersih rapi.
    Kapan sempat ke Temanggung pengin mampir Insya Allah.

    Cerita tentang Pos yg Kosong jaman Belanda ... great !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak semoga aja bisa mampir kesini yaa :D

      Delete
  22. Hm ... akhirnya keterusan ya pakai istilah POSONG :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya mbak posong ( pos kosong ) :D

      Delete
  23. Bagus banget >.< mau dong referensi tempat-tempat wisata di jateng yang ramah untuk anak-anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan diubek ubek blog ini mbak :D
      Hehehe. soalnya isinya masih cuma di jateng..

      Delete
  24. next trip harus dijadwalkan ke Posong ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa lihat gunung Sindoro & sumbing tanpa terhalang kabut ya mas??

      Delete
  25. untuk menuju atas yg jalan berbatu, pake mobil bisa nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa,, asalkan mobilnya kuat nanjak :D

      Delete
  26. Posong Wellcome buat siapa aja gan,monggo bagi keluarga" yang ingin refreshing udah banyak disediakan homestay,. .😁😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh minta kontak personya mas,? biar memudahkan yang lain yang mau kesini :-)

      Delete
  27. kak maap kalo outbond nya bayar nggak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba hubungi contac diatas kak :-)

      Delete
  28. Aku pernah ke Posong, Oktober tahun lalu. Masih dalam tahap pembangunan waktu itu. Aaah..pengen ke Posong lagiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sama gan, ane juga pengen main kesitu lagi :D

      Delete

Powered by Blogger.