Header Ads

Top Selfie Pinusan Kragilan Wisata Alam Berupa Jajaran Hutan Pinus

Magelang - Salah satu wisata alam di daerah Magelang yang nggak kalah menarik dan wajib dikunjungi saat kamu berkunjung ke ketep pass adalah top selfie pinusan Kragilan. Mendengar nama tempatnya saja mungkin kita sudah banyak yang menebak kalau tempat ini adalah tempat yang pas dan cocok untuk berburu foto terutama foto selfie, namanya juga top selfie. Tempat ini juga nggak jauh dari lokasi objek wisata Ketep Pass sob, maka dari itu sungguh sangat disayangkan kalau dilewatkan begitu saja.

Pemandangan yang ditawarkan top selfie kragilan adalah berupa jajaran pepohonan pinus yang rimbun dan rindang. Nah, pohon pinus sendiri merupakan pohon yang biasa sering dijumpai di dataran tinggi atau daerah pegunungan. Yang lebih menariknya lagi adalah top selfie kragilang mudah dijangkau karena berada di pinggir jalan, serta sudah ada papan petunjuk arahnya bertuliskan Top Selfie Kragilan gitu. Jadi para pengunjung nggak akan kebingungan mencari lokasinya.

Hutan Pinus Magelang
Lokasi Top Selfie Pinusan Kragilan
Top selfie Kragilan berada di desa Pogalan, dusun Kragilan, kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang

Nah rute paling mudah adalah melalui jalur alternatif Salatiga kemudian ambil arah menuju ke Kopeng. Bablas saja terus dan ikuti papan petunjuk arah menuju ke Ketep Pass, jaraknya lumayan juga sih kurang lebih 45 menit. Nah saat memasuki jalan Ketep Kopeng kurangi kecepatan ya sob, karena lokasinya berada di kanan jalan habis tanjakan dan tikungan, agak tersembunyi juga sih, tapi ada papan penunjuk arahnya kok sob, nggak usah khawatir. Kalau misalkan kamu habis dari Ketep ingin mampir kesini misalkan. Lanjutkan saja perjalanan dengan menggunakan jalan Ketep Kopeng, ikuti jalanan yang ada nanti lokasinya ada di kiri jalan. Mudah kan ya?

Medan yang akan kita lalui entah itu dari arah Magelang, Salatiga ataupun Boyolali sama-sama menanjak dan berkelok kelok sob. Sebelum berangkat cek keadaan mesin kendaraan kamu dan pastikan dalam kondisi prima dan siap tempur ya. Untuk menuju ke lokasi top selfie Kragilan pengunjung bisa menggunakan sepeda motor atau mobil.

Setelah melewati gapura, pengunjung akan ditarik tiket masuk.  Tenang saja sob disini harga tiketnya nggak membuat dompet menjerit kok. Saat tim berkunjung kemari ( 30/01/206 ) pada hari sabtu hanya ditarik biaya sebesar Rp.3.000/ sepeda motor. Harga yang sangat murah dan terjangkau pastinya. Nah yang perlu diingat jangan dibuang ya tiket masuknya, karena tiket itu nantinya akan dicek oleh para pengelola parkir saat hendak pulang. Para pengelola parkir akan mencocokan plat nomor yang ditulis di tiket dengan plat nomor di kendaraan. Hal ini dilakukan demi keamanan dan kenyamanan para pengunjung.

Dari lokasi pintu masuk objek wisata top selfie nggak terlalu jauh kok sob. Hanya melewati turunan dengan jalanan yang sudah bagus dan sampailah kita ke lokasi. Setelah sampai ke bawah pengunjung akan dicarikan tempat parkir oleh pihak pengelola parkir. Tanpa perlu berjalan lebih jauh lagi kita bisa langsung beristirahat sambil menikmati semilir angin yang sejuk disini.

Tempat yang paling diincar para pengunjung ialah jalan menuju ke lokasi parkir, seperti pada gambar paling atas itu ya sob. Padahal jika ingin menjelajahi daerah ini masih banyak loh pemandangan yang bagus. Seperti di jalan tanah liat di sebrang jalan lokasi parkir. Dengan melewati jalan ini pengunjung akan diantarkan ke lokasi yang tidak kalah menarik dengan lokasi parkir, walaupun temanya tetap sama juga sih. Yaitu hutan pinus.

Di sisi-sisi pepohonan pinus sudah mulai dikembangkan dan di bangun berupa tempat duduk yang nyaman. Sehingga para pengunjung yang mampir kesini bisa merasakan sensasi berada di kawasan hutan pinus yang rindang dan sejuk. Yang nggak boleh dilupakan adalah kawasan wisata ini kan berada di lereng gunung Merbabu, saat cuaca sedang cerah maka akan terlihat jelas pemandangan hamparan gunung Merbabu di dekat pintu masuk. Wah pasti bikin liburanmu semakin menyenangkan ya sob?

Hla disini fasilitasnya ada apa aja mas?
Lumayan lengkap kok sob, diantaranya ada:
- Mushola
- Toilet
- Tempat sampah
- Kantin / warung makan
- Lokasi parkir yang nyaman
- Flying fox ( Rp.10.000 )

Menurut salah satu seorang juru parkir tepat wisata ini baru saja dibuka tahun lalu 2015. Sedangkan hutan pinusnya sendiri sudah ada sejak lama pastinya. Hingga saat ini para pengunjung juga semakin banyak karena penasaran ingin melihat langsung seperti apa sih pemandangan yang ada di sini. Jika di hari-hari biasa pengunjung terbanyak didominasi para pelajar sehabis pulang sekolah, tapi ingat ya sob pulang dulu kerumah terus kesini, jangan langsung maen gitu aja. Kemudian akan sangat ramai saat hari libur nasional atau hari minggu pastinya. Para pengunjung nggak hanya datang dari dalam kota saja loh sob. Bahkan banyak para pengunjung yang datang dari luar kota juga. Ini membuktikan bahwa objek wisata ini sudah naik daun. Wah hebat ya? Semoga dengan semakin banyaknya para pengunjung yang datang tidak merusak keasrian lingkungan, sehingga objek wisata ini tetap eksis dan terjaga kealamianya.

54 comments:

  1. ane kirain puncak gunung gitu bang, maksudnya selfie dengan background pohon pinus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang, selfienya dengan background pepohonan pinus :D

      Delete
  2. keren tuh alo selfie siang-siang
    kalo selfie malem-malem kira-kira serem engga yah?

    ReplyDelete
  3. klo ke magelang mesti kunjung kemari, mau selfie :)

    ReplyDelete
  4. Yg sy suka dr eksapedia itu Merah putihnya slalu ada..
    *) Jempol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas :-)
      supaya Indonesia tetap selalu dihati..

      Delete
    2. Sama2....
      Klo Indonesia slalu d hati..
      S doi ntar d kmanakan Mas? :D

      Delete
  5. Wah segar banget tuh udaranya apalagi pagi hari top deh buat sekedar refreshing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas ditambah lagi lokasinya berada di lereng gunung Merbabu :D

      Delete
  6. Enggel,,,Ngambil fotonya keren juga Mas..

    ReplyDelete
  7. sejuk bnget spertinya klo liat phon pinus brjejer gtu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah pasti dijamin mas :D makanya buruan berkunjung mas :D

      Delete
  8. sebenarnya agak kurang suka selfie sih, tapi kalau selfie dgn BG pohon pinus sepertinya oke juga hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga tidak terlalu suka mas, lebih suka foto landscape :D

      Delete
  9. Kak EKsa, ini mah selfie antimainstraim. Balik belakang. Di saat yg lain selfie sambil monyong2in bibir. #Upssss

    Asik nih tempatnya apalagi klo pergi rame2 bareng temen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak biar beda dari yang lain. Hahaha..
      Wah itu mah udah pasti mbak, makanya kalau ada waktu mampir mampirlah kesini :D

      Delete
  10. Wah, dari melihat fotonya saja sudah melihat 'sepertinya tempat ini romantis'. Tentunya aslinya lebih asri, ya. Meneduhkan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul sekali gan, yang pasti adem dan nyaman tempatnya :D

      Delete
  11. wih mantap tempatnya, suasananya masih asri dan sejuk pasti.

    ReplyDelete
  12. ngga salah dah kalau di bilang top selfie, apap-apa juga kalau di tata dengan rapih mah jadi bagus ya, gitu juga pohonpinus itu tuh

    ReplyDelete
  13. Buat pecinta alam beneran nih. :D Pingin banget ke sini, nanti kalo udah lahiran dan dapat gratisan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gratisan mbak ?? :D ane ikut dong kalau begitu..
      ane kalau masalah gratisan oke oke aja. Hahaha

      Delete
  14. Duh mau selfie perjuangannya berat juga yakk hahah..
    sayang banget tempat seperti itu cuma buat selfie, kalo aku mah past kemping. dulu pernah kemping di hutan pinus di coban rondo malang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah pasti seru banget ya mbak kalau camping di jajaran hutan pinus seperti itu, Semoga aja kedepan Kragilan juga bisa menyusul yang di Malang :D

      Delete
  15. hasil jepretannya beneran indah banget mas, itu yang moto siapa ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas :D
      yang bawah yang motoin temen ane mas.. Hehehe

      Delete
  16. biasanya perginya berbarengan atau sendirian nih mas? kayanya sering banget yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lihat situasi dan kondisi mas, kalau tidak ada temen sendirian pun jadi :D

      Delete
  17. Replies
    1. Iya nih... Seru buat d ajak selfie... :)

      Delete
  18. Itu hutan pinus buatan kah....atau asli alam ?

    ReplyDelete
  19. Sejuk banget kayanya kalau disini ya gan.. indah buat selfie-selfie juga mantapp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan sejuk + nyaman karena berada di lereng gunung Merbabu :D

      Delete
  20. Keren pisan atuh pemandangan atau background untuk di foto disana. Kayanya bakal betah dan hasil fotonya juga bakalan bagus nih mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak sayang sekali karena saya bukan penggermar selfie jadi gak sempet selfie disini. Hehehehe

      Delete
  21. sambil bawa bekal nasi timbel mantap nih kayanya

    ReplyDelete
  22. keren ya mas tempatnya kaya sejuk banget, banyak pohon berjejer :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas dijamin nyaman dan seger :D

      Delete
  23. kopeng dinginnya bikin geretekan gigi hahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah pernah main ke Kopeng juga ya mbak ??
      emang daerah ini menjadi daerah favorit ane ngetrip. Hehehe

      Delete
  24. Ini viewnya keren bangeeet. Magelang ada yg beginian ya Mas? 2 jam an padahal dari Klaten. Keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama juga mbak jaraknya sekitar 2 - 3 jam dari Kendal. Hehehe
      Langsung mbak coba berkunjung :D

      Delete
  25. Namanya beneran Top Selfie, gitu, yaaaa XD

    Tapi tempatnya masih terbilang baru sih, jadi mungkin ngikutin trend selfie yang lagi hits di tahun 2015. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, mungkin para pihak pengelola memberi nama sesuai hits :D Hehehe

      Delete
  26. di jepara ada hutan pinus juga. klo jalan lagi bs nemu air terjunn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jadi penasaran nih mbak, bisa di agendakan :D Hehehe

      Delete

Powered by Blogger.