Header Ads

Keindahan Air Terjun Kedung Kayang Di Lereng Gunung Merapi

Magelang - Air terjun kedung kayang merupakan salah satu air terjun yang berada di daerah Magelang. Air terjun ini masih terlihat alami karena berada di lereng gunung Merapi. Yang menarik dari objek wisata air terjun kedung kayang ialah pengunjung bisa melihat air terjun dari atas maupun dari bawah. Hanya saja untuk melihat air terjun dari bawah ada beberapa syarat yang harus pengunjung patuhi. Yang pertama adalah saat air sedang dalam keadaan normal, atau tidak dalam keadaan banjir. Ya pastinya sangat berbahaya sekali kalau air sedang naik. Kemudian yang berikutnya saat awan mulai mendung juga pengunjung tidak disarankan untuk kebawah, dan syarat yang terakhir adalah membutuhkan tenaga yang extra agar bisa sampai kebawah.

Untuk masalah lokasi air terjun kedung kayang sendiri berada di daerah Magelang tepatnya di kecamatan Sawangan desa Wonolelo, kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Sudah pernah ke Ketep Pass belum nih sob? dari objek wisata Ketep Pass hanya berjarak sekitar 3,6 Km dan memakan waktu kurang lebih 15 menit. Deket banget ya ternyata? makanya sayang sekali jika kalian berkunjung ke Ketep Pass nggak menyempatkan diri singgah kesini.

Untuk menuju kesini ada beberapa rute yang bisa kita lewati. Yang pertama kita bisa menggunakan jl.Boyolali - Magelang dengan melewati daerah Selo. Kemudian anda juga bisa melewati jalur jl.Boyolali - Blabak. Yang terakhir anda bisa melewati jl.Ketep Pass. Jika anda sudah pernah ke ketep pass anda tinggal turun sedikit lagi kira kira 200 meter nanti masuk ke jalan yang ada di kiri jalan / putar balik. Ikuti jalan tersebut kurang lebih 10 menit saja nanti kita akan melihat spanduk air terjun kedung kayang di depan gapura. Jika masih ragu, silahkan tanya ke warga sekitar mengenai keberadaan air terjun kedung kayang ini.

Karena air terjun ini berada di daerah pegunungan sehingga medan yang akan kita lalui berupa jalanan naik turun serta tikungan yang berkelok tajam. Jadi pastikan keadaan kendaraan anda dalam keadaan prima dan semua dapat berfungsi dengan baik ya sob. Untuk menuju kemari kita bisa menggunakan sepeda motor atau mobil.

Untuk memasuki area wisata pengunjung hanya perlu merogoh dompet sebesar Rp.5.000/ orang dan biaya parkir sepeda motor Rp.2.000/ unit. Sangat terjangkau dan dijamin nggak mengecewakan.

Setelah itu kita perlu berjalan lagi untuk dapat sampai ke lokasi air terjun, disini nanti kita akan melihat dua persimpangan. Nanti juga ada petunjuk arahnya, mau ke atas air terjun atau kebawah. Tapi lebih enaknya sih kalau lihat dari atas dulu sob #saran_aja. Ramahnya orang-orang desa setempat, mereka selalu memberikan senyum dan sapaan kepada para pengunjung. Membuat siapapun yang berkunjung kemari semakin senang menikmati perjalanan menuju ke air terjun.

Air terjun kedung kayang memiliki ketinggian sekitar 40 meter dan berada di lereng gunung merapi. Dinding bebatuan air terjun berwarna hijau karena lumut. Jika di musim penghujan maka pemandangan air terjun ini akan sangat indah. Airnya masih jernih, segar, dan sejuk maklum saja karena didatangkan langsung dari gunung.

Kembali ke perjalanan.. Setelah puas melihat keindahan air terjun kedung kayang dari atas, kita bisa langsung melanjutkan perjalanan kebawah air terjun dengan mengikuti anak tangga yang sudah disediakan. Persiapan bawa minum yang banyak ya sob, atau beli disepanjang jalan juga ada. Di beberapa bagian sudah ada bangunan yang bisa dibuat istirahat pengunjung jika kelelahan saat menuruni anak tangga.

Medan menuju kebawah air terjun berupa bebatuan kecil dan besar, jadi bagi pengunjung harus benar-benar berhati-hati sa'at memijakan kaki agar tidak terpeleset. Ada beberapa rute yang mengharuskan pengunjung menyeberangi sungai, pilihlah aliran air yang sekiranya tidak dalam dan tidak berarus deras.

Air terjun bagian bawah juga nggak kalah menarik sob dibandingkan dengan yang diatas. Dibawah sini suasananya lebih segar dan dingin. Saat dibawah sini pengunjung juga harus tetap jaga diri loh ya dengan nggak bermain air dibawah air terjun persis karena berbahaya, selain itu tetap lihat keadaan cuaca jika mendung sudah mulai datang alangkah baiknya jika pengunjung langsung naik keatas.

Bagi pengunjung yang hendak berkunjung kemari jangan lupa untuk mengecek keadaan mesin kendaraan anda terutama rem. Pastikan kendaraan kamu dalam keadaan prima. Lihat juga situasi tubuh kamu apakah kuat untuk berjalan menuruni dan menaiki banyak anak tangga. Udara disini cukup dingin walau siang hari, maka dari itu jangan lupa memakai jaket atau pakaian hangat. Jika cuaca sedang mendung tidak disarankan untuk turun ke sungai. Ta'ati peraturan yang sudah dibuat pihak pengelola. Disini ada beberapa lapak pedagang yang menjual makanan dan minuman, tapi alangkah lebih baik jika anda membawanya dari rumah. Dan jangan lupa untuk selalu membuang sampah pada tempatnya untuk menciptakan suasana bersih dan asri air terjun kedung kayang.

6 comments:

  1. Bagus juga ya? Wah, terima kasih informasinya ... semoga sukses GA-nya.

    ReplyDelete
  2. air terjunnya keren banget mas! Sayang jauh dari derah saya. Kalo ke magelang, kayaknya aku wajib kesana nih! :DD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak itu didaerah Magelang,, hehe
      saya datang jauh jauh dari Kendal ke Magelang hlo mbak..

      Delete
  3. Waah indah sekali ya air terjun Kayangnya. Saya asli Magelang, tapi malah belum pernah ke sini. Kapan-kapan aja deh kalau pas libur. Pengin ke sini juga

    ReplyDelete

Powered by Blogger.