Header Ads

Keindahan Curug Sewu Kendal Yang Memikat Hati

Kendal - Curug sewu merupakan salah satu curug yang berada di daerah Kendal. Dari beberapa curug yang ada di Kendal, curug sewu tidak boleh dipandang sebelah mata. Curug sewu menyimpan keindahan alam yang luar biasa yang tidak dimiliki oleh curug curug lainnya yakni ketinggian air terjunya. Lokasinya yang berada di daerah dataran tinggi membuat pesona curug sewu semakin indah dengan pemandangan curugnya dan daerah hutan di sekelilingnya.

Curug sewu bukanlah tempat wisata baru, keberadaannya sudah diketahui masyarakat dari jaman dulu. Akses yang mudah dan terjangkau membuat lokasi kawasan wisata curug sewu cepat tersebar dan menjadi populer. Di kawasan wisata curug sewu tidak hanya menawarkan keindahan alam berupa air terjunnya saja melainkan ada fasilitas fasilitas lain yang bisa dinikmati para pengunjung.

Curug Sewu Sukorejo
Seputar curug sewu
Air terjun ini memiliki ketinggian hingga 70 M dan terdiri dari 3 air terjun. Masing masing air terjun memiliki ketinggian yang berbeda beda mulai dari 15 meter, 20 meter, hingga paling tinggi 45 meter. Curug sewu dikelola oleh kesatuan pemangku perhutani kabupaten Kendal mulai sejak 26 Juni 2002. Curug sewu berada pada tanah seluas 30 Hektar. Jika anda datang kesini pagi pagi dan cuaca sedang tidak mendung maka anda akan mendapati fenomena pelangi dibawah turunnya air.

Sejarah singkat curug sewu
Sejarah asal usul nama curug sewu ada beberapa versi. Curug berarti air terjun dan sewu berarti seribu. Versi yang pertama mengatakan pemberian nama dari curug sewu diambil dari struktur air terjun yang jumlahnya banyak. Sedangkan versi kedua pemberian nama curug sewu diambil dari nama desa curug sewu itu sendiri.

Lokasi curug sewu
Wisata alam curug sewu berada di desa Curugsewu, kecamatan Patean, kabupaten Kendal, Jaw Tengah.

Jalur menuju ke curug sewu
Ada tiga jalur yang bisa dilalui, yang pertama dari arah Barat menggunakan jalur Weleri - Sukorejo yakni pertigaan pasar Weleri ( deket perlintasan kereta api ) ambil arah ke Selatan menuju Sukorejo, yang kedua dari arah timur menggunakan jalur Boja - Patean. Yang berikutnya dari arah Temanggung atau Kebumen dapat menggunakan rute Parakan - Ngadirejo. Dari kesemua rute medannya berupa tanjakan, turunan, serta belokan kelok. Curug sewu berjarak sekitar 40 Km ke Selatan dari kota Kendal. Sepanjang perjalanan menuju kesana pemandangan didominasi oleh area perhutanan yang masih lebat, disisi Selatan akan nampak terlihat hamparan pegunungan Sindoro dan Sumbing. Kondisi jalan menuju kesana 80% baik.Untuk menuju kesana pengunjung dapat menggunakan transportasi berupa mobil pribadi, bus pariwisata, truk, dan sepeda motor.

Biaya ( Desember 2015 )
Adapun biaya yang harus dikeluarkan adalah :
Parkir : 2.000
Tiket Masuk : 7.000 /orang ( termasuk balita juga dihitung tarif biasa )
Masuk ke Curug : 4.000/orang

Saat mulai memasuki kawasan wisata curug sewu pengunjung akan disapa dengan sebuah tugu vespa raksasa. Vespa ini merupakan ciri khas dari objek wisata curug sewu, didepan tugu vespa ini terdapat kolam yang berisikan banyak ikan ikan kecil.

Fasilitas curug sewu Kendal
1. Mushola
Lokasi mushola berada di belakang aula. Dimana air wudhu dari mushola ini sangat sejuk dan segar karena berada di dataran tinggi.

2. Area parkir
Area parkir sangat luas dan terpisah. Jika pengunjung menggunakan mobil dan sejenisnya parkirnya berada di atas dekat di loket masuk, jika menggunakan sepeda motor tempat parkirnya berada di bawah, atau di belakang loket masuk.

3. Toilet
Biasanya para pengunjung yang sudah menempuh perjalanan jauh setibanya dilokasi langsung absen di toilet. Tenang saja disini sudah disediakan toilet yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.

4. Warung makan
Bagi para pengunjung yang belum sempat sarapan tenang saja karena disini terdapat banyak lapak penjual makanan, lokasi warung makan berada di sesudah pintu masuk, dari sini anda juga dapat mendengar suara gemuruh air berjatuhan dari atas tebing.

5. Taman bermain
Bagi para pengunjung yang membawa adik atau anak yang masih kecil bisa diajak main di area taman bermain. Lokasi taman bermain ada di belakang warung makan, wahana permainan anak juga banyak disediakan seperti jungkat jungkit, plosotan, ayunan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

6. Kolam renang
Bagi para pengunjung yang ingin menikmati kesejukan kolam renang didataran tinggi tidak usah khawatir karena disini sudah disediakan kolam renangnya.

7. Kebun binatang mini
Disini terdapat juga kebun binatang mini dengan berbagai satwa yang lucu lucu. Walaupun tidak lengkap seperti layaknya kebun binatang pada umumnya namun kebun binatang mini ini bisa jadi sarana pembelajaran dan edukasi pada anak.

8. Aula
Biasanya tempat ini digunakan untuk meeting dan rapat, atau tempat mengadakan pertemuan pertemuan penting, aula ini berada disamping gerbang masuk yang ada tugu vespanya.

9. Panggung hiburan
Untuk waktu dan acara acara tertentu tempat ini digunakan untuk hiburan seperti dangdutan dan acara acara musik lainnya.

10. Gardu pandang
Gardu ini berlokasi di dekat tangga menurun menuju ke air terjun. Dari atas sini anda dapat melihat keindahan hamparan hutan hijau dan menikmati kesejukan udara di curug sewu.

Sebelum menuju ke lokasi air terjunya, pengunjung disarankan untuk menyempatkan diri mampir ke gardu pandang. Karena dari atas sini pengunjung dapat melihat hamparan perbukitan dan perhutanan yang sangat luas. Jika cuaca sedang cerah maka warna yang dihasilkan akan sangat contrass. Sebaiknya saat berada di sini para pengunjung untuk tetap menjaga diri dan tidak melakukan aktifitas yang membahayakan.

Setelah puas melihat keindahan hamparan perbukitan dari gardu pandang, kini saatnya pengunjung melanjutkan perjalanan menuju ke target utama, yaitu air terjun curug sewu itu sendiri. Dari pintu masuk pengunjung hanya mengikuti jalan beraspal saja nanti akan ada plang petunjuk menuju ke air terjun. Untuk menuju ke air terjun para pengunjung perlu tenaga yang extra karena akan menuruni puluhan anak tangga yang berkelok kelok. Medan menuju ke lokasi curug memang tidak mudah, tapi setelah pengunjung sampai kesana rasa lelah dan letih akibat menapakan kaki puluhan anak tangga serasa terbayarkan.

Setelah berhasil menuju ke lokasi pengunjung bisa beristirahat dan bernafas lega karena disini ada beberapa stand untuk beristirahat sambil menikmati keindahan dan kesejukan curug sewu. Keringat yang bercampur lelah akan langsung menghilang setelah berada di dekat air terjun curug sewu. Untuk alasan kemanana pengunjung dilarang untuk turun kebawah ke sungai. Karena akan sangat berbahaya. Batu batuan besar berlumut yang licin serta derasnya arus menjadi faktor utama alasan kenapa para pengunjung tidak diperbolehkan turun ke sungai.

Fenomena Pelangi Curug Sewu
Ada satu fenomena alam yang sangat luar biasa di air terjun curug sewu.Yakni akan terlihat biasan pelangi disaat pagi hari dan cuaca sedang cerah. Jika beruntung para pengunjung akan mendapatkan bonus pemandangan berupa biasan pelangi dibawah air terjun curug sewu.

Selain air terjun dibawah juga terdapat hal hal menarik lainya seperti goa Baladewa, tuk lanang, dan goa Plontang. Walaupun guanya tidak dalam pemandangan gua gua dipinggiran air terjun ini juga sangat indah. Para pengunjung juga bisa menuju ke atas air terjun dengan melewati tangga yang sudah disediakan. Dari atas air terjun ada objek lain yang bisa dikunjungi yaitu hutan wisata curug sewu, gunung kendeng, dan jembatan sentral. Ada 2 satwa langka yang konon katanya masih menghuni kawasan hutan di sekitar curug sewu yaitu lutung ( Trachypitcheus auratus ) dan burung kepodang ( Oriolus cinensis ).

Bagi pengunjung yang hendak berkunjung kesini pastikan tubuh anda benar benar fit dan prima, yang kedua jangan lupa cek fungsi mesin kendaraan , pastikan berfungsi dengan baik, terutama rem. Yang ke tiga bawalah jaket atau pakaian hangat karena udara disini cukup dingin.Yang ke empat buat para wanita tidak disarankan membawa sepatu berhak atau sandal jinjit, karena medan untuk menuju ke curug sangat tidak memungkinkan untuk memakainya, jika masih memaksanya silahkan tanggung sendiri resikonya. Yang ke lima jangan lupa buang sampah pada tempatnya ! Yang ke enam jaga diri , keamanan tetap dijaga, jangan sembrono, dan ikuti aturan yang ada, yang ke tujuh datanglah pagi pagi karena jika beruntung akan ada fenomena pelangi yang cantik jika cuaca tidak mendung.
Semoga keindahan dan kealamian curug sewu ini tetap terjaga.

No comments

Powered by Blogger.