Header Ads

Wisata Air Panas Dan Air Terjun Nglimut Gonoharjo

Nglimut adalah Salah satu destinasi wisata yang berada di lereng gunung Ungaran kabupaten Kendal yang sayang untuk kamu lewatkan begitu saja. Karena apa, pemandangan dan panorama alam yang ada disini masih sangat sejuk dan bebas polusi. Maka dari itu saya semakin penasaran seperti apa sih  keindahan wisata nglimut ini, dan pada kesempatan kali ini saya akan mengajak kamu untuk menjelajahi seisi objek wisata argowisata pemandian air panas Nglimut ini, seperti apa ya keindahanya? dan apa saja ya yang ada di argowisata Nglimut ini? Mari kita simak pembahasannya bersama-sama. 

Lokasi Argowisata Nglimut Gonoharjo
Nglimut, Adalah salah satu tempat wisata yang berada di desa Gonoharjo kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal. Objek wisata ini memang sudah tak asing lagi rasanya bagi para travelers terutama yang berdomisili Kendal, Semarang dan sekitarnya. Pemandangannya yang indah dan suasananya yang sejuk membuat banyak para wisatawan yang ingin berkunjung kesini. Maka jangan heran jika kamu datang kesini di akhir pekan dan hari libur nasional objek wisata nglimut Gonoharjo ini akan dibanjiri para pengunjung.

Air terjun Nglimut Gonoharjo
Untuk menuju kemari ada banyak rute yang biasa kita lewati sob. Melalui Kendal, Semarang, dan Ungaran. Jika kamu dari Kendal maka kamu bisa menggunakan rute Kaliwungu - Boja - kemudian di persimpangan Boja ambil arah menuju ke Gonoharjo, sedangkan dari Semarang kamu bisa menggunakan rute terminal Cangkirang. Nah buat kamu yang belum pernah kesini tenang saja karena kamu nanti akan melihat papan  petunjuk arah yang bisa kamu ikuti. Sebagai catatan saja ya sobat, sebelum menuju kemari pastikan kendaraan kamu dalam keadaan prima, cek juga fungsi rem dan busi. karena jalur yang akan kita lalui berupa tanjakan tajam serta berkelok kelok. Sedangkan untuk akses transportasi menuju ke sana kita dapat menggunakan sepeda motor, mobil pribadi, dan truk.

Biayanya cukup terjangkau dan dijamin nggak bakalan bikin kantong kering.
Untuk masalah biaya pengunjung hanya merogoh kocek sebesar Rp.8.000/ orang untuk tiket masuk ke air terjun, dan Rp.12.500/ orang jika ingin ke kolam renang dan pemandian air panas, serta plus parkir sepeda motor Rp.2.000/ unit.


Fasilitas Objek Wisata Nglimut Gonoharjo
1. Parkir luas
Kalau kita berkunjung ke salah satu tempat wisata kita perlu mencari area parkir yang luas, agar enak dan nyaman untuk mengistirahatkan kendaraan kita. Di Nglimut sendiri area parkirnya sudah lumayan luas dan dikelilingi pepohonan sehingga nyaman untuk mengistirahatkan kendaraan.

2. Mushola
Jika kita mengunjungi sebuah area wisata maka mushola atau masjid adalah tujuan utama kita setelah kita sampai, karena kita sebagai umat muslim wajib beribadah sholat 5 waktu ya sob, Ingat saat jam sholat tinggalkan aktivitas dan bergegas memenuhi panggilan Allah.

3. Kamar mandi
Disini kamar mandinya bersih dan terjaga, ini adalah tempat yang tidak boleh kita anggap sepele, karena jika tidak tau dimana tempat kamar mandi bisa gawat nanti urusanya kalau mau keluar.

4. Kolam renang
Bagi kamu yang berkunjung kemari dan mencoba menyegarkan diri, kamu dapat menyegarkan tubuh kamu di kolam renang yang ada di Nglimut, kolam renang ini dibagi menjadi 2 bagian dengan dipisahkan dengan tali tambang yakni untuk anak-anak dan dewasa, maksimal kedalama 1 meter. Dilengkapi dengan ruang ganti di pinggir kolam renang.

5. Pemandian air panas
Disini anda dapat menikmati sensasi air hangat yang tak habis-habis. Bagi anda yang ingin bersantai dan berelaksasi anda dapat mencoba berendam di pemandian air panas disini. Di sebelah kolam pemandian air panas ada ruang ganti yang dilengkapi dengan bilasan air bersih, airnya langsung dari pegunungan, rasanya segar dan menyejukan.

6. Tempat berkemah
Di Nglimut terdapat juga tempat untuk berkemah, biasanya disini digunakan oleh para siswa-siswa sekolah dan para pecinta alam yang bermalam disini.

7. Taman
Taman yang tertata rapi dan indah, disini tamannya ada 2, taman bermain untuk anak-anak dan taman biasa pada umumnya, di area taman terdapat juga kolam ikan yang berisi ikan nila dan munjahir. Di area taman terdapat juga gazebo yang bisa anda gunakan untuk bersantai melepas lelah.

8. Kantin
Bagi yang lapar, atau dari rumah belum sempet makan anda tak usah khawatir, karena disini banyak kantin dan para pedagang yang menjajakan makanan, makanan yang dijual seperti makanan pada umumnya seperti nasi goreng, bakso, mie ayam, dan lain lain.

9. Ruang Aula
Tempat ini biasanya digunakan untuk acara acara pertemuan dan rapat, ruang aula ada di area taman. Tidak sulit menemukannya.

10. Penginapan
Disini terdapat pula vila vila penginapan yang ditawarkan, yang pasti jika anda menginap disini rasanya pasti seger karena jauh dari polusi.

11. Air Terjun
Dan yang terkhir dan paling menantang adalah air terjun, lokasi air terjun berbeda dengan di lokasi taman, untuk menuju ke air terjun dari taman anda keluar terlebih dahulu kemudian jalan kaki keatas, setelah membeli tiket masuk ke air terjun persiapkan diri anda untuk medan naik ditengah tengah hutan. Dari pintu masuk menuju ke air terjun berjarak sekitar 2 - 3 Km dengan jalan setapak. Ada 2 air terjun yang nanti anda jumpai, yang pertama air terjunnya tidak terlalu tinggi dan yang paling ujung yang tertinggi dan jadi buruan para wisatawan.

Segarkan diri dulu yuk dengan berenang di kolam renang
Kolam Renang Nglimut
Sebelum ke air terjun disini ada kolam renang dan pemandian air panas yang siap menyegarkan tubuh kamu nih sob. Kolam renangnya sendiri hanya ada satu antara yang untuk anak-anak dan dewasa dipisahkan dengan tali tambang yang membentang di tengah-tengahnya. Kedalam kolam renang disini maksimal sampai 2 meter. Nah yang perlu kamu catet nih jangan kaget jika kamu berenang disini, kenapa? karena airnya sangat dingin sekali. Maklum saja karena lokasinya berada di lereng gunung. Namun jika kamu berenang disini diwaktu siang bolong dengan panas yang menyengat dijamin seger banget deh rasanya. Nah kalau kamu sudah puas berenang langsung saja melanjutkan perjalanan ke pemandian air panas. Lokasinya nggak jauh kok..

Disebelah kolam renang utama tadi ada pemandian air panas yang akan memanjakan tubuh kamu. Dikolam ini semua pengunjung bercampur antara anak-anak dan orang dewasa, karena kolam pemandian air panas ini tidak dalam. Setelah berendam jika kamu ingin ganti baju lokasi ruang gantinya ada disamping kolam renang persis.

Sejuk Suasana Nglimut
Keindahan Nglimut Gonoharjo
Dibawah kolam renang terdapat beberapa vila penginapan dan biasanya digunakan untuk perkemahan. Disamping vila vila tersebut ada taman yang indah dan terawat dengan rapi. Sehingga akan membuat pengunjung betah berada di tamannya. Ada juga berbagai penginapan, gazebo, kebun binatang mini, taman bermain anak, dan taman. Wah komplit ya?

Setelah puas menjelajahi kolam renang dan pemandian air panas kini saatnya kita melanjutkan perjalanan yang lumayan jauh menuju ke air terjun yang indah dan eksotis. Untuk menuju kesana kita perlu membayar lagi tiket masuk sebesar Rp.8.000/ orang. Kemudian prepare tubuh untuk treking menyusuri lereng gunung Ungaran yang lebat. Di sepanjang perjalanan menuju ke air terjun suara serangga dan burung-burung liar saling sahut menyahut akan menemani perjalanan anda. Selain dihiasi dengan suara nyanyian satwa perjalanan menuju ke air terjun anda juga dihiasi dengan pemandangan alam berupa pepohonan yang lebat dan area pegunungan.

Medan menuju ke air terjun
Pemandangan Lereng Gunung Ungaran
Air Terjun Pertama Di Nglimut
Pertama tama kita akan melewati turunan puluhan anak tangga yang cukup lumayan, setelah sampai dibawah kita nanti akan melihat air terjun mini. But, ini bukan air terjun yang kita tuju ya sob. Tenang saja, perjalanan masih panjang. Hehehe. Selanjutnya kita melanjutkan perjalanan dengan medan yang datar, tak lama kemudian medan jalan berubah menanjak dengan bebatuan, pastikan tenaga kamu cukup fit untuk menempuh perjalanan yang tidak mudah ini ya sob. Setelah itu kita akan sampai ke tempat peristirahatan, disini banyak pondok-pondok yang disediakan oleh pengelola dan dibawahnya juga terdapat pemandian air panas yang lain. Kalau haus atau lapar bisa nih jajan disini kalau tadi kamu lupa bawa bekal. Nah selesai beristirahat yuk kita lanjutkan perjalanan lagi dengan medan tanah merah padat yang dikelilingi pohon kopi, nanti kita juga bakalan menjumpa air terjun lain setelah beberapa lama, air terjun ini lumayan tinggi tapi ini bukanlah target utama.

Kalau lelah istirahat dulu di air terjun
Air Terjun Tersembunyi Di Ngilmut
Air terjun ini juga terbilang unik sob. Karena aliran airnya terbagi menjadi 2 bagian, sehingga terlihat seperti kembar. Terlepas apa nama dari air terjun ini yang penting keindahanya sangat memanjakan mata. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 10 meter dan dikelilingi berbagai tanaman khas pegunungan. Bahkan tak sedikit para pengunjung yang sudah menyerah sampai sini dan tidak melanjutkan perjalanan ke air terjun yang berikutnya. Wah tanggung sekali kalau cuma sampai sini saja ya? Mending lanjutin aja sekalian.

Oke, setelah puas melihat air terjun pertama kita lanjutkan perjalanan menuju ke target utama. Dari sini memang perjalananya masih sangat jauh, bahkan perlu berjalan kaki 1 Km kurang lebih. Keep Spirit..!! Bahkan medan yang akan kita lalui menuju ke air terjun yang kedua lebih menegangkan daripada air terjun ini. Jadi persiapkan tenaga kamu semaksimal mungkin ya sob. Ohh ya jangan lupa untuk bawa bekal, soalnya diatas suah nggak ada warung lagi.

Ini dia target utama yang ditunggu-tunggu
Ini Dia Air Terjun Ngilumt
Setelah kita lelah berjibaku dengan medan yang menguras energi kini kita bisa bernafas lega sambil beristirahat menikmati keindahan dan kesejukan air yang jatuh dari atas tebing. Air terjun yang kedua memang menawarkan keindahan alam yang sangat mempesona, Bagaimana tidak karena air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 20 meter, air dengan derasnya jatuh ke bawah dan menyejukkan pepohonan yang ada dibawahnya. Dibawah air terjun ini suasanannya sangatlah dingin karena terletak hampir dipuncak gunung Ungaran.

Aliran Air Terjun Nglimut
Bagian bawah air terjun
Para pengunjung disarankan berhati-hati saat berada sekitar air terjun karena bebatuan yang ada disekitarnya ditanami lumut yang licin. Jika kamu ingin membasahi tubuh kamu karena perjalanan yang melelahkan kamu bisa langsung menuju ke tempat jatuhnya air dan biarkanlah air membasahi tubuh kamu dijamin sangat segar dan rasa letih karena perjalanan yang ditempuh serasa terbayarkan.

Saran nih : Jika kamu hendak berkunjung kemari dan memasuki seluruh objek di kawasan wisata Nglimut Gonoharjo jangan lupa bawa pakaian ganti. Kalau mau berenang dan ingin mandi di air terjun bawalah 2 pakaian ganti. Sebelum menuju ke air terjun utama jangan lupa bawa bekal seperti makanan dan minuman untuk jaga-jaga, karena di jalan menuju ke air terjun semakin keatas semakin jarang pedagang. Karena udaranya sangat dingin bawalah pakaian dan celana panjang, jaket, sweter, pokoknya pakai pakaian yang membuat kamu merasa hangat.

Diatas air terjun terdapat lebatnya pepohonan yang masih alami dan tebing tebing curam gunung Ungaran juga terlihat dari bawah air terjun. Semoga keindahan dan kealamian wisata air terjun Nglimut tetap terjaga sehingga dapat membuat kita lebih mencintai alam dan karunia Allah yang diberikan kepada kita.

Dimanapun kita berada dimanapun kita berpijak jagalah etika dan sopan santun, jagalah objek wisata yang indah ini dari sampah-sampah dan dari tangan tangan tak bertanggung jawab. Jika kamu ingin membuang sampah dan ternyata tidak ada atau anda tidak melihatnya, bawalah sampah itu sampai ke lokasi parkir, disana terdapat tempat sampah. Jangan biarkan keindahan alam Indonesia ini rusak dan jangan biarkan diri kita ikut andil merusak keindahan alam.

17 comments:

  1. Kalau di Bogor, air terjun itu disebut curug :D
    Maaf, baru singgah di rumah maya ini...
    Salam persohiblogan..
    Saya follow ya blognya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbak ditempat ane juga namanya curug, enggak tau kenapa disini disebut air terjun. Hahaha.
      Oke mbak meluncur :D

      Delete
  2. Semoga suatu saat bisa merasakan berendam di air panas dan air terjun di sini. Benar2 menggiurkan hehehe

    ReplyDelete
  3. Mas Eksa... maksudnya air terjuan tersebut air panas yah...?
    Wah.. sungguh keajaiban alam yang luar biasa... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan mas, air terjunya sendiri air panasnya sendiri :D

      Delete
  4. mas, mahal amat biaya masuknya ya 8rebu. :D elaahh
    boleh nawar kagak jd 2rebu? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh mbak bilang aja orang dalam. wkwkw

      Delete
  5. Keren banget pemandangannnya.. pengen deh bisa kesana suatu saat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah-mudahan lekas bisa kesitu ya mbak :D

      Delete
  6. bagus banget pemandangannya, wisata dengan konsep alam cocok buat traveling dan penyuka wisata alami

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak ada sensasinya kalau kesana :D

      Delete
  7. Wah mantap sekali ya..
    Jadi kepingin wisata kekendal mas, apalagi lihat air terjun kembar itu..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan berkunjung mase. Hehehe

      Delete
  8. Air panasnya air belerang bkn ya?

    ReplyDelete

Powered by Blogger.