Menikmati Segarnya Sumber Air Alami dari Gunung Penanggungan di Candi Kili Suci

Menikmati Segarnya Sumber Air Alami dari Gunung Penanggungan di Candi Kili Suci


Eksapedia.com - Pernah nggak sih, ngalamin mau beli air galon tapi semua toko di sekitar rumah tutup? Nah, itu yang aku alami beberapa waktu lalu. Berhubung lagi butuh air, akhirnya aku memutuskan buat mencari air dari sumber alami yang ada di daerah sekitar Gunung Penanggungan.


Lokasinya nggak jauh dari Petirtaan Candi Jolotundo. Pokoknya sebelum pintu masuk, ada pohon beringin yang dibungkus kain kotak-kotak, masuk ke kanan lurus aja. Tapi ya gitu, medannya lumayan ekstrim, apalagi kalau musim hujan begini, jalannya jadi sedikit licin. Jadi, hati-hati ya!


Di sana ada candi yang namanya Candi Kili Suci, nggak jauh dari situ ada sumber air yang seger banget. Airnya bisa langsung diminum dan juga dipakai buat mandi karena sudah dibuatkan wadah dan saluran air.


Beruntung banget nggak harus beli air, malah dapet air alami dari Gunung Penanggungan. Biasanya kalau beli air galon di rumah harganya 18 ribu per galon, di sini malah gratis cuma modal bensin pertalite satu liter plus bisa menikmati pemandangan yang sejuk.


Nah, buat yang mau mampir, sambil nikmatin pemandangan sejuk, bisa juga bawa bekal makanan kayak sayur lodeh sama ikan asin. Jadi, nggak cuma dapet air, tapi juga dapet pengalaman yang menyenangkan.



Sumber Air Alami Candi Kili Suci

Desa Seloliman, Kecamatan Trawas, Mojokerto, Jawa Timur.



Cara Menuju Sumber Air Kili Suci

Untuk menuju ke lokasi ini, pertama-tama kita harus menuju Desa Seloliman di Kecamatan Trawas. Dari sana, kita lanjutkan perjalanan menuju area Candi Jolotundo. Di pintu masuk menuju candi, perhatikan pohon beringin yang dibungkus kain kotak-kotak. Ambil jalan ke kanan dan lurus terus. Meskipun medannya cukup menantang, terutama saat musim hujan, perjalanan ini sepadan dengan keindahan dan kesegaran air yang akan kita temukan.



Keunikan Sumber Air Candi Kili Suci

Apa yang membuat sumber air ini istimewa? Pertama-tama, air di sini benar-benar segar dan alami, langsung dari Gunung Penanggungan. Air ini bisa langsung diminum tanpa perlu dimasak terlebih dahulu. Selain itu, sumber air ini juga dikelola dengan baik, sehingga kita bisa menggunakan airnya untuk mandi.



Mengapa Harus Ke Sumber Air Kili Suci?

Hemat Biaya

Tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membeli air galon. Di sini, air bisa didapatkan secara gratis, hanya modal bensin saja. Apalagi harga bensin pertalite saat ini tidak terlalu mahal, jadi sangat menguntungkan.


Pemandangan yang Menakjubkan

Selain mendapatkan air bersih, kita juga bisa menikmati pemandangan alam yang sejuk dan asri. Udara di sekitar sini juga sangat segar, cocok untuk melepaskan penat setelah seharian beraktivitas.


Pengalaman Baru

Mendapatkan air dari sumber alami merupakan pengalaman yang berbeda dan menyenangkan. Kita bisa merasakan langsung kesegaran air pegunungan dan juga mengetahui lebih banyak tentang sejarah dan budaya di sekitar Candi Kili Suci.



Tips Berkunjung ke Sumber Air Kili Suci

Persiapkan Fisik

Karena medannya cukup menantang, pastikan kondisi fisik dalam keadaan baik. Pakai sepatu yang nyaman dan tidak licin untuk menghindari kecelakaan saat perjalanan.


Bawa Bekal

Bawa makanan dan minuman secukupnya, karena di sekitar lokasi tidak banyak penjual makanan. Nikmati makan siang sambil menikmati pemandangan alam yang indah.


Waktu Kunjungan

Sebaiknya berkunjung saat musim kemarau untuk menghindari jalan licin dan genangan air. Jika terpaksa harus berkunjung saat musim hujan, pastikan untuk ekstra hati-hati.


Jaga Kebersihan

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan. Bawa kantong plastik untuk membawa pulang sampah dan jangan buang sampah sembarangan.



Menikmati Alam dan Sejarah di Candi Kili Suci

Candi Kili Suci bukan hanya sekedar tempat untuk mendapatkan air bersih, tetapi juga memiliki nilai sejarah yang tinggi. Candi ini merupakan salah satu peninggalan bersejarah yang ada di Mojokerto dan memiliki cerita menarik di balik pembangunannya. Dengan berkunjung ke sini, kita tidak hanya mendapatkan kesegaran fisik, tetapi juga pengetahuan baru tentang sejarah dan budaya lokal.


Rute Perjalanan ke Sumber Air Kili Suci

Berikut ini adalah rute perjalanan yang bisa diikuti untuk mencapai Sumber Air Kili Suci dari beberapa kota besar di Jawa Timur:


Dari Surabaya

Ambil jalan tol Surabaya-Mojokerto, keluar di pintu tol Mojokerto Barat. Lanjutkan perjalanan menuju Trawas dan ikuti petunjuk menuju Desa Seloliman.


Dari Malang

Ambil jalan Malang-Gempol, kemudian menuju Mojosari. Dari Mojosari, lanjutkan perjalanan menuju Trawas dan ikuti petunjuk menuju Desa Seloliman.


Dari Jombang

Ambil jalan Jombang-Mojokerto, kemudian lanjutkan perjalanan menuju Trawas dan ikuti petunjuk menuju Desa Seloliman.


Setelah sampai di Desa Seloliman, cari petunjuk arah menuju Candi Jolotundo. Sesampainya di pintu masuk Candi Jolotundo, perhatikan pohon beringin yang dibungkus kain kotak-kotak. Ambil jalan ke kanan dan lurus terus hingga sampai di Sumber Air Kili Suci.



Menyatu dengan Alam di Sumber Air Kili Suci

Menikmati sumber air alami di Candi Kili Suci memberikan kita kesempatan untuk menyatu dengan alam. Di sini, kita bisa merasakan kesejukan air pegunungan, menghirup udara segar, dan menikmati pemandangan yang menenangkan. Tempat ini cocok untuk melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari dan kembali ke alam.


Menghabiskan waktu di Sumber Air Kili Suci juga mengingatkan kita akan pentingnya menjaga alam. Dengan semakin berkembangnya teknologi, kita sering kali melupakan keindahan dan manfaat alam. Mengunjungi tempat seperti ini bisa menjadi pengingat bahwa alam menyediakan segalanya yang kita butuhkan, termasuk air bersih yang menjadi kebutuhan dasar kita.



Kesimpulan

Perjalanan ke Sumber Air Kili Suci di Desa Seloliman, Kecamatan Trawas, Mojokerto, adalah pilihan yang tepat bagi yang ingin merasakan segarnya air pegunungan secara langsung. Selain hemat biaya, kita juga bisa menikmati pemandangan yang indah dan belajar tentang sejarah serta budaya lokal. Jadi, kapan lagi bisa dapet air gratis, menikmati pemandangan, dan belajar sejarah sekaligus? Ayo, rencanakan perjalananmu ke Sumber Air Kili Suci dan nikmati pengalaman yang tak terlupakan!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama