Dokumentasi 4 Goa di Komplek Goa Gembyang Mojokerto

Dokumentasi 4 Goa di Komplek Goa Gembyang Mojokerto
Goa Drajat (Kiri) dan Goa Mbale (Besar), sebetulnya di sisi kanan ada Goa Pawon namun sudah runtuh karena longsor. Sedangkan Goa putri terletak didalam goa Mbale.

Rahayu...

Bulan desember lalu saya mengunjungi salah satu kompleks goa yang ada di desa saya, Goa Gembyang namanya. Menurut penuturan bapak Supadi sebagai juru kunci yang merupakan generasi ke 12 dari pendiri goa, Goa Gembyang ini dibuat oleh Mbah Suropunyo sekitar tahun 1100 Masehi, namun beliau ini siapa belum diketahui.

Mbah Suropunyo datang ke hutan tersebut dengan tujuan "Ngelmu" untuk menjadi sakti, sehingga datang ke hutan itu dan membuat goa menjadi rumah tinggalnya. 


Didalam goa mbale. Dibalik tirai putih itu adalah lokasi ber semedi. Disebelah kanan tirai putih seperti ada cerukan masuk kedalam itu merupakan goa putri dan tembus ke goa pawon namun, karena goa pawon runtuh sehingga menyisakan goa putri saja.


Goa Gembyang sendiri merupakan kompleks dari empat goa . Diantaranya ada Goa Mbale (Ruang Tamu ; Ruang Pertemuan), Goa Drajat (Gerdu ; Perlindungan karena letaknya lebih tinggi) Goa Putri (Peristirahatan) dan Goa Pawon (Dapur). Juru kunci menjelaskan toponim gembyang sendiri berasal ketika Mbah Suropunyo melakukan babat dusun gembyang. Namun pada tahun 1930an dusun gembyang dihilangkan oleh belanda dengan alasan menata hutan lindung.

"jadi mas dulu setelah mbah sudah disini, lambat laun banyak juga yang ikut tinggal disini, akhirnya babat dusun namanya dusun gembyang, cikal bakal nama goa ini" - Bapak Supadi

Berangkat dari penjelasan  juru kunci dan melihat pembahasan mas ASISI Channel tentang Kadewaguruan,  saya mencurigai bahwa lokasi Goa ini merupakan salah satu lokasi Kadewaguruan, dengan temuan-temuan sebagai berikut:


1. Lokasi

Goa Gembyang sendiri terletak di dusun Kuripansari, Pacet, Mojokerto, Dimana lokasi ini terletak di dekat lereng gunung Penanggungan. Letak goa yang berada tengah hutan dan berdekatan dengan aliran sungai.


2. Tata Letak

Seperti penjelasan mas ASISI Channel tentang Mandala Kadewaguruan, Saya menduga Goa Gembyang itu lokasi Mandala Suci/ Ajar-ajar dimana Mahaguru tinggal karena lokasi yang berada lebih tinggi daripada lokasi rumah dari juru kunci yang saya duga sebagai mandala tengah tempat murid senior.


3. Arca-arca

Juru kunci bilang kalau arca tersbut asli dan merupakan gambaran dari leluhur (seperti foto kalau jaman sekarang). tapi saya menduga bahwa temuan arca-arca ini merupakan peninggalan yang dulu difungsikan sebagai pemujaan atau ritual keagamaan saat itu. Tapi saya tidak bisa memastikan apakah arca-arca itu benar asli dari jaman dulu atau tidak. 


4. Toponim Gembyang 

Seperti yang dijelaskan mas ASISI Channel bahwa Kadewaguruan akan membentuk wilayah otonom seperti dusun karena tiap elemen masyarakat yang tinggal dalam Kadewaguruan akan memilki fungsi masing-masing. Dusun Gembyang yang sudah hilang ini mungkin salah satu bentuk wilayah otonom Kadewaguruan yang dibuat oleh Mbah Suropunyo.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama