Pancuran 7 Baturraden Yang Menyimpan Berbagai Objek Menarik Dan Unik

Pancuran 7 Baturraden Yang Menyimpan Berbagai Objek Menarik Dan Unik

Eksapedia.com - Jika kamu berkunjung ke Baturraden kayaknya kurang lengkap deh sob kalau belum mampir ke pancuran pitu baturraden, bagaimana tidak karena lokasinya nggak begitu jauh dari objek wisata Baturraden. Berapa sih mas jaraknya? cukup dekat kok sob kurang lebih 2 Km saja, dan itu bisa kita tempuh dengan menggunakan alat transportasi berupa mobil, sepeda, atau sepeda motor, bahkan angkot pun ada juga yang bisa sampai kesini. Tapi kalau kamu mau olahraga sekalian kamu bisa jalan kaki dari Baturraden kesini. Capek dong mas? Ya nggak apalah biar sehat sob.

Nah pancuran pitu masih masuk kedalam Baturraden, kabupaten Banyumas. Untuk kesini dari alun-alun Banyumas berjarak sekitar 1 jam perjalanan menuju ke arah Utara. Kalau mau lebih simpelnya lagi ya itu tadi sob lewat Baturraden. Kan sekalian ceritanya. Terus berapa duit mas buat masuk kemari? Hanya dengan Rp.10.000/ orang kita bisa menikmati kesejukan alam yang sangat luar biasa. Cukup terjangkau kan sob?

Yang menjadi daya tarik pancuran pitu adalah disini terdapat tujuh aliran air atau kalau orang Jawa sering menyebutnya dengan pancuran. Maka pantas saja kalau tempat ini dinamakan pancuran pitu ya sob. Pancuran ini cukup unik karena airnya muncul dari rongga-rongga dinding bebatuan yang berwarna kuning kehijau hijauan. Tak jarang para pengunjung menyempatkan diri untuk bermain air dan mencuci muka disini, hanya sekedar penasaran dengan kesegaran alaminya. Pancuran ini nggak begitu tinggi kok sob paling kurang lebih 1 meter saja, yah namanya juga pancuran. Kalau tinggi namanya air terjun dong. Hahaha..

Ohh ya mas kalau kesini antara loket masuk sampai kelokasi deket nggak ya? Ya lumayan juga sih sob. Kurang lebih 500 meter. Setelah membeli tiket siapin tenaga dulu ya sob soalnya kita musti jalan kaki sejauh itu dengan medan berupa puluhan anak tangga, di sepanjang perjalanan juga sudah banyak para pedagang yang menjajakan makanan dan minuman, jadi kalau misalkan kamu lupa bawa bekal bisa mampir dulu disini sob, buat mengisi tenaga. Nanti sebelum sampai ke lokasi kita juga akan melewati pusat oleh-oleh setempat. Mau beli oleh-oleh? mampir dulu ya sob.

Awalnya saya kira pancuran pitu itu ya cuma pancuran berjumlah tujuh seperti pada gambar diatas itu sob tapi ternyata saya salah. Karena masih ada beberapa kejutan lain disini yang sayang banget kalau dilewatkan begitu saja.  Apa saja itu?

Di bawah pancuran pitu persis terdapat gundukan belerang yang lumayan tinggi

Dari pancuran pitu mari kita lanjutkan perjalanan ke bawah sob. Nah disini ada sebuah gundukan belerang yang mirip dengan pancuran pitu namun yang ini lebih besar dan tinggi sob. Bebatuanya juga sama dengan pancuran pitu yaitu di dominasi warna kuning kehijau hijauan. Yang tak kalah menarik disini airnya juga mengalir layaknya air terjun loh sob. Wah jadi lebih segar ya, apalagi di alam terbuka seperti ini. Ohh ya karena ini air belerang ya tau sendirilah baunya seperti apa, tapi untuk masalah kondisi air disini airnya hangat dan didatangkan langsung dari gunung Slamet pastinya.

Mas dibawahnya kok saya lihat ada anak tangga ke bawah lagi ya? ada apa disana? Ohh anak tangga di sebelah gundukan belerang ini ya, gimana masih bersemangat? Kalau masih mari kita ikuti anak tangganya kira-kira ada apa di ujung sana.

Nah yang pertama-tama kita akan melihat sebuah gua yang ada di pinggir jalan nih sob. Cukup besar juga sih goanya hanya saja buntu. Di sekeliling gua ini banyak ditanami berbagai tanaman yang membuat goa ini semakin terlihat eksotis pastinya. Karena berada di tebing jadi kita hanya bisa melihatnya dari pinggir jalan setapak saja ya sob. Kalau mau masuk nggak bisa ya mas? Ya iyalah nggak bisa. Lagian mau ngapain juga masuk-masuk kesana. Yah kan penasaran mas? Hehehe..

Dari lokasi sumber air belerang yang diatas kita musti berjalan kaki melewati puluhan anak tangga lagi nih sob biar bisa sampai kesini. Hlah cuma ada goanya aja to mas? Tunggu bentar sob, habis goa ini nantikan kejutanya.

Keindahan Pancuran Pitu Baturraden

Keindahan tersembunyi di pancuran pitu

Wowowo.. Ini apa mas? amazing banget? Ini dia sob yang kita tunggu-tunggu di bagian paling bawah terdapat lagi air terjun yang sumpah indah banget pokoknya. Air terjun ini berdindingkan bebatuan yang berwarna seperti pada 2 pancuran diatas tadi. Kemudian juga ada beberapa rongga-rongga di dinding air terjun yang semakin menambah keindahan yang ada disini. Di bandingkan dengan yang diatas disini jauh lebih tinggi dan besar loh sob.

Wah mas ini saya udah geregetan ingin mandi nih mas? Kalau disini silahkan saja sob kalau mau mandi atau bermain air, tapi jangan kaget ya kalau disini pasti ramai yang pada bermain air. Nggak cuma anak kecil saja bahkan orang dewasa pun nggak mau ketinggalan menikmati kesegaran air yang ada disini. Dan inilah dia pertanyaan kamu diatas ada apa diujung jalan di pancuran pitu sob. Kejutan banget ya? pastilah..

Menurut informasi disini terdapat 2 gerbang yang bisa kita lewati. Yang pertama lewat seperti saya tadi, seperti yang saya jelaskan diatas. Kemudian yang kedua lewat sebaliknya. Jadi dibalik gitu sob, kalau tadi kan saya pancuran pitu dulu terus ke goa selirang. Kalau ini goa selirang dulu baru pancuran pitu. Ya terserah juga sih mau lewat yang mana, cuma kalau yang rute kedua saya sendiri juga belum pernah melewatinya.

Gimana udah puas belum sob mainan airnya? belum mas? tutup aja dulu postinganya saya tak mainan air dulu, asyik nih.. Sungguh banyak sekali keindahan alam di negri kita ini, salah satunya di lereng gunung Slamet. Selain Baturraden di sekitar sini masih banyak objek-objek wisata lain yang sayang untuk kita lewatkan begitu saja seperti curug gede, curug telu, telaga sunyi dan lain sebagainya bahkan untuk Baturraden sendiri sudah go internasional juga loh sob. Hebat ya?

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama