4 Destinasi Di Kledung Yang Patut Kamu Coba Saat Di Temanggung

4 Destinasi Di Kledung Yang Patut Kamu Coba Saat Di Temanggung

Eksapedia.com - Negeri tembakau adalah julukan untuk sebuah kota penghasil tembakau terbesar di Jawa Tengah yang mempunyai keindahan dua gunung yang tinggi, apalagi kalau bukan kota Temanggung. Tak heran jika banyak masyarakat dibuat terpesona oleh keindahanya apalagi saat melewati daerah Parakan, Kledung, hingga perbatasan Wonosobo. Tak heran memang karena daerah tersebut merupakan daerah yang paling banyak menyuguhkan view yang luar biasa berupa pemandangan gunung Sindoro dan Sumbing.

Kedua gunung yang bersebelahan ini seolah menjadi magnet bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke negri tembakau. Bahkan hanya melintas saja kamu langsung dapat melihat kegagahan kedua gunung ini di kanan dan kiri jalan. Selain dibuka untuk destinasi wisata berupa treking gunung dan camping, dilereng kedua gunung ini menyimpan tempat-tempat yang bagus dan patut kamu coba saat berkunjung ke kota Temanggung, diantaranya adalah.

1. Lembah Sindoro Posong Yang Sejuk & Menawan

4 Destinasi Di Kledung Yang Patut Kamu Coba Saat Di Temanggung

Terletak di desa Tlahap kecamatan Kledung objek wisata lembah Sindoro Posong kini semakin banyak diminati bagi para wisatawan. Lokasinya yang strategis serta menawarkan keindahan yang luar biasa membuat posong menjadi tempat wisata yang cocok untuk dijadikan tempat refresing di akhir pekan maupun di hari libur. Segarnya udara pegunungan serta pemandangannya yang indah menjadi salah satu alasanya. Meskipun untuk menuju kesana pengunjung perlu berjibaku dengan kerasnya medan jalan yang berbatu serta menanjak sejauh 3,5 Km agar bisa sampai ke lokasinya. Untuk masalah transportasi pengunjung bisa menggunakan sepeda motor atau mobil.

Sampai saat ini objek wisata lembah Sindoro Posong terus berbenah dan dirombak sedemikian rupa agar semakin apik dan menarik minat para wisatawan. Mulai dari dibuat tugu tulisan POSONG, kemudian rumah bambu, taman, dan lain sebagainya.

2. Sedengkeng Pass Diatas Ketinggian 1823 Mdpl

4 Destinasi Di Kledung Yang Patut Kamu Coba Saat Di Temanggung

Meskipun belum resmi menjadi tempat wisata rupanya sedengkeng pass memiliki keistimewaan sendiri. Yaitu pengunjung dapat menikmati keindahan gunung Sindoro diatas ketinggian 1823 mdpl. Terletak di dusun Petarangan kecamatan Kledung objek wisata Sedengkeng Pass menawarkan fasilitas berupa bangunan bambu yang unik dan klasik. Selain bangunan bambu disini terdapat sebuah ayunan sederhana yang terbuat dari kayu yang langsung menghadap ke gunung Sindoro.

Meskipun terlihat indah namun perjuangan untuk mencapai sedengkeng pass bukanlah hal yang mudah. Karena pengunjung musti treking menggunakan sepeda motor sejauh 4 - 5 Km dengan medan yang lebih extream dari pada posong. Untuk menuju kemari pengunjung hanya bisa menggunakan sepeda motor dengan keadaan mesin yang sangat maksimal. Selama perjalanan menuju kemari pengunjung akan dimanjakan dengan panorama alam yang indah dan melewati lahan pertanian yang cukup panjang.

3. Embung Kledung : Danau Kecil Di Dataran Tinggi Dengan  View 2 Gunung Yang Indah

4 Destinasi Di Kledung Yang Patut Kamu Coba Saat Di Temanggung

Dibangun ditahun 2010 yang lalu dan difungsikan sebagai kolam penyimpanan air dimusim kemarau membuat embung Kledung terlihat seperti danau yang indah. Awalnya embung Kledung hanya difungsikan sebagai kolam penyimpanan air biasa, namun seiring berjalanya waktu banyak masyarakat yang berkunjung kemari untuk melihat keindahanya. Maka dari itu dibuatlah menjadi sebuah destinasi wisata. Di beberapa bagian embung sudah terpasang beberapa tempat duduk yang nyaman, sehingga cocok sekali dijadikan tempat berisitrahat sambil menikmati view pegunungan terutama gunung Sumbing.

Dibandingkan dengan Posong maupun Sedengkeng Pass embung Kledung jauh lebih mendingan, karena untuk bisa sampai kesana kamu tak perlu berjalan jauh, hanya berjarak sekitar 400 meter dari jalan raya. Meskipun medan jalanya berupa jalanan yang berbatu. Lokasinya tidak jauh dari tugu perbatasan Wonosobo - Temanggung. Untuk aksesnya pengunjung bisa menggunakan sepeda motor atau mobil.

4. Tempat Istirahat Yang Nyaman : Rest Area Kledung

4 Destinasi Di Kledung Yang Patut Kamu Coba Saat Di Temanggung

Yang berikutnya ada rest area Kledung, lokasinya paling strategis dan mudah ditemukan. Jika kamu dari Temanggung kota lokasinya berada dikiri jalan tepat sebelum perbatasan Temanggung - Wonosobo. Tempat ini sekaligus menjadi tempat yang paling recommended yang musti kamu coba, terutama jika kamu melewati kecamatan Kledung.

Selain untuk beristirahat kamu akan dimanjakan dengan pemandangan panorama alam berupa gunung Sindoro yang tepat berada di depan mata. Gunung yang memiliki ketinggian 3.136 mdpl ini nampak terlihat gagah dan berdiri tegak jika dipandang dari rest area Kledung. Disini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas umum berupa taman, toilet, dan mushola.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama