Header Ads

Cuma Upload Foto Dapet Duit, Yuk Jual Fotomu Daripada Nganggur Di Memori

Udah lama sekali rasa rasanya gue nggak nulis nulis... terlihat banget dari postingan tahun 2019 sedikit sekali kan yaa... hadeehhh...

Apa udah nggak traveling lagi toh mas?? Ya kalau urusan traveling sih masih tetep.. cuman nggak saya post aja, males aja.. Heee. Lah terus ngapain traveling kalau nggak di post di blog?

Alasannya ya nyari stok foto buat dijual. Hee.. Sebenarnya saya sudah lama berkecimpung di perjualan stock foto, cuma akhir-akhir ini baru aktif. Dulu dulu cuman... yaahh.. iseng iseng berhadiah.. heee..

Nah, mungkin bagi kalian nih yaa yang belum tau ternyata di luar sana ada loh situs yang menerima setiap jepretan dari kameramu?? Nggak cuma satu situs... banyak bahkan.. namun dipostingan ini gue mau ngebahas yang paling rame dulu.. Apalagi kalau bukan shutterstock.

Gimana sih cara kerjanya? Gampang nggak? Lah.. gampang banget, tinggal kita upload foto di situs tersebut, kemudian tunggu direview dulu, apakah layak atau nggak masuk market. Kalau udah oke.. barulah tinggal tunggu pembeli membeli foto kita. Gimana sob ?? gampang sekali kan ??

Dulu kalau mau daftar di shutterstock musti pake paspor dulu sob, sekarang mah udah gampang.. siapapun bisa jadi contributor shutterstcok, dan salah satu alasan kenapa gue baru aktif di shutterstcok karena gue nggak punya paspor. Heeee... dulu mainya di Bigstock photo, yaa salah satu cabangnya shutterstock juga sih..

Enaknya di bisnis ini tuh jikalau foto kita ada yang beli, foto kita di shutterstock nggak ilang sob, jadi satu foto bisa dibeli orang berkali kali sampai puass... makanya bisnis ini ada yang menyebutnya pasif income, yaa mirip mirip dikitlah sama adsense di blog atau youtube, cuma ini di sektor foto dan video.

Oke balik lagi ke pembahasan.. Jadi gue masih tetap traveling, masih suka maen gak jelas, suka motret juga, tapi sekarang biasanya nyari lomba lomba foto. Entah di kota sendiri maupun luar kota. Nah, sebagian foto saya kirim ke penjurian terus yang jelek/ rijek saya lempar ke shutterstock, misalkan kalah... saya lempar juga fotonya ke shutterstock biar nggak sia sia perjalanan gue. Wkwkw...

Buat kalian yang punya stock foto banyak dan suka moto apa aja mendingan lempar aja foto kalian kesini siapa tau ada yang beli kan lumayan...

Caranya??

Gampang banget.. kalian bisa klik link dibawah ini buat daftar
http://bit.do/DaftarShutterstock

Klik tombol Get Started, terus isikan biodata sesuai data diri, takutnya kalau salah salah bisa nggak cair duitnya..
Jangan lupa konfirmasi email juga

Kalau sudah silahkan masuk ke halaman dashboard shutterstock, klik tombol upload, terus kalau sudah kalian bisa isikan deskripsi foto, kategori, dan jangan lupa keywordnya.

Ohh iya untuk awal awal kalain upload foto objek saja yaa, jangan yang ada manusianya soalnya ada cara sendiri untuk foto manusia mungkin kapan kapan akan gue bahas, atau kalian bisa komen aja dibawah nanti kalau ada waktu gue jawab. Wkwkw..

Terus berapa duit per fotonya??? Foto kita dihargai paling murah $0.25 sob, dan yang paling mahal bisa sampai ke $80... kalian pasti bertanya tanya... kok bisa beda gitu?? jawabanya yaa tergantung yang beli, dia mau beli ukuran berapa.. Jadi kita udah nggak bisa ngotak ngatik masalah harga, udah ditentuin sama shutterstock.

Jadi ibaratnya kita titip jual barang di tokonya shutterstok sob.. gitu.. gimana mudah kan yaa ???

Fotonya boleh dieditkah?? boleh banget.. mau diedit mau enggak silahkan saja sesuai selera. Yang penting fokus, nggak blur, nggak noise banget..

Mau gabung tapi nggak punya kamera digital?? tenang aja.. di shutterstock syaratnya cuma minimal kamera 4Mp, kamera handphone jaman sekarang mana ada yang main kameranya 4Mp, nggak ada kan? Udah gede gede... Masih nggak percaya foto jepretan handphone bisa laku di shutterstok?? Oke gue kasih bukti dah... Nih...

Btw, foto diatas saya jepret pakai hp Infinix Zero3 kameranya ngembun soalnya hpnya pernah diving ke kolam... Alhamdulillah diaprove sama shutterstcok bahkan ada yang beli, bisa dikatakan foto itu foto paling laris di akun saya. Wkwkw..

Kalau yang itu saya jepret pakai Xiaomi Redmi 7. Ceritanya ikut lomba festival di candi prambanan. Nah, pas istirahat daripada gabut mending motret itu aja. Nggak papa kalah lomba yang penting ada pemasukan dari arah lain. Wkwkw...

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan ya sob, kalau ada pertanyaan lebih lanjut kalian bisa komen dibawah, nanti saya jawab pas ada waktu.. Heeee

4 comments:

  1. Hahahahha, saya malah baru mulai hari ini. Jadi iseng-isneg posting fotonya, lumayan tadi ada 4 foto yang sudah disetujui, tinggal perbanyak konten. Mau berburu konten dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mantul mas... jadi makin semangat nih kalau ada temenya. WKkwkw

      Delete
  2. Jadi pengen nyobain juga niha, Mas..he
    Kalau temenku sih udah lama upload disini, tapi aku belum nyobain. Asik juga ya berburu foto terus upload deh :)

    ReplyDelete
  3. Waah asik tenan iki, maas ..
    Ini ibaratnya nyalurin hobi jeprat-jepret kamera eh bisa dapat doku pula.
    Pengin gabung jadinya 🙂, barangkali laku juga hasil fotoku wwwkk

    ReplyDelete

Powered by Blogger.