Header Ads

Ubi Cilembu Kayak Gimana Sih ???

Ubi merupakan salah satu makanan paling gue favoritkan. Ngga tau kenapa gue kok suka banget sama si ubi ini. Mulai dari yang jenis pohong, ubi ungu, dan juga ubi orange. Segala olahanya pun gue suka. Dari di godok, di goreng, dibakar ataupun dijadikan tape... Salah satu bukti kuat kalau gue demen sama si ubi ini ketika gue maen kedaerah Bandungan. Nah, mungkin buat temen-temen yang berdomisili Semarang udah ngga asing lagi dengan nama Bandungan. Yaaa.. Bandungan.. not bendungan !!

Kalau kebetulan pas lewat pasar Bandungan gue tuh biasanya mampir ke penjual ubi untuk beli ubi. Iyaaaa... gue ngga salah kan yaa... masak gue mampir ke penjual jeruk untuk beli ubi ...

Biasanya beli 1 sampai 2 KG. Ngga berani beli banyak-banyak karena nanti gue keberatan bawanya, secara gue adalah motor lovers... jadi punya kapasitas sangat terbatas dibandingkan dengan kendaraan roda 4. Dan biasanya gue belinya campur antara ubi ungu dan ubi orange. Harga perkilonya sama, jadi ngga ngaruh kalau kita minta penjualnya buat ngoplos antara kedua ubi tersebut..

//
Suatu ketika disiang hari ditempat kerja tiba-tiba gue sekilas kepikiran dengan yang namanya ubi cilembu... Ngga tau kenapa bisa dengan sendirinya terlintas dibenak dan pikiran gue, sehingga membuat gue menanyakan ubi yang satu ini kepada partner kerja gue..

"Mas, sampean tau tuku Ubi cilembu?" 
tanyaku dengan penasaran.

"Pernah, sekilo 20 ewu nek rak salah, hla nopo?"
jawab partner gue kepo.

"Aku kok ketone durung tau mangan ubi cilembu ya mas.." 
( ngomong kaya gitu dengan wajah polos )

"Mosok ??? Wkwkwkw..... " 
partner gue malah ketawa bak mendapat lelucon fresh.

"Bedane karo ubi biasa opo sih mas?" 
tanyaku lagi dengan ekspresi wajah yang masih polos.

"Nek ubi cilembu ki masak'e di oven... terus nek mateng madune keluar dari kulitnya."

Yaaa... gue pribadi ngga tau pernah apa engga makan ubi cilembu, cuman seingat gue tuh, gue belum pernah sama sekali.. sungguh mengherankan bukan?? padahal para penjaja ubi cilembu tuh buaanyyakk sekali bertebaran di pinggir jalan di sekitaran Banyumanik ( Semarang ) sama di selamat datang kota Salatiga ( itu yang gue tau ). Kalau gue ngetrip atau pulang kampung pun gue juga lihat.. baca tulisanya gede "UBI CILEMBU". Tapi entah kenapa hati gue ngga tergerak buat beli tuh ubi. Wkwkwwkwk... dan pada akhirnya pada kesempatan kali ini pun gue penasaran dan finding ubi cilembu juga... JOSssssss...

Awalnya gue dikasih referensi di deket pasar pagi.... pasar ini jaraknya cuma 3 - 4 KM dari rumah gue, 2 kali pulang kerja gue samperin tuh kios hasilnya nihil.. ngga ada tanda-tanda buka.. Akhirnya karena putus asa gue menekatkan diri untuk pergi ke Banyumanik seorang diri pas hari sabtu ( kebetulan tempat kerja gue 5 hari kerja ) #WesBiasaDewe!

Jarak antara tempat tinggal gue dengan Banyumanik sekitar 30 KM, atau sekitar 45 menit perjalanan dengan agak santai...Kebetulan karena gue udah tau lokasinya gue ngga mau pakai google maps, nanti gue malah disuruh lewat jalan tol #lagi. Ngga lucu kan kalau sepeda motor masuk kedalam jalan tol...

Nah gaes... yang jual ubi cilembu di daerah Banyumanik ini berjajar jajar... alias ada beberapa kios penjual ubi cilembu, dan konon katanya ( kata temen gue ) nih kios buka 24 jam. Jadi buat kalian yang misalkan pengen, atau istrinya pengen... bisa nih crosscek dimari... Heeee...

Dan ini adalah harga ubi cilembunya :
- Ubi cilembu matang : Rp.20.000/ KG.
- Ubi cilembu mentah : Rp.15.000/ KG.
- Peuyeum Bandung : Rp.13.000/ KG.

Keesokan harinya setelah sampai ditempat kerja temen-temen pada nanyain... ( ini percakapan gue translate ke bahasa Indonesia aja yaaa... aslinya mah bahasa Jawa, kaya diatas! )

"Ehh gimana kemarin... jadi beli ubi cilembu?" 
kata seorang teman.

"Iyaaa.. jadi.." 
jawabku dengan penuh rasa bangga karena telah menyelesaikan sebuah misi.

"Beli di Banyumanik?" 
tanya dia lagi.

"Iyaaa..."

"Jauh-jauh ke Banyumanik cuma beli ubi cilembu???" Haaaa... jangan-jangan kamu belinya cuma 1KG?" 
kata dia sok tau.

"Yaaa.. iyalah 1 KG, banyak-banyak mau buat apa.." 
jawabku dengan pede, sekaligus membenarkan kesok tauan dia..

Ngga tau kenapa habis gue jawab gitu pada ketawa gitu... mungkin di benak mereka tuh bilang gini "Nih orang niat banget yaa.."

Mau gimana lagi coba... karena saking penasaranya jadi yaa kayak gitu... jadi pesan moralnya adalah ?? kalau kita menginginkan sesuatu maka perjuangkanlah.. bentar-bentar.. gue ubah dikit kata-katanya.. kalau kamu suka sama cewek maka datangilah rumahnya, temui walinya, terus khitbah, lamaran, nikah.... Ea ea ea ea.... mulai deh rameee.. Hahahaha :D

Oke oke... jadi setelah gue makan dirumah ubi cilembu ini emang beda banget dengan ubi yang biasanya. Dari segi olahanya saja sudah beda, karena dioven.. Terus pas dibuka gitu aromanya juga gurih dan manis.. pas dimakan apalagi.. lebih manis dari ubi yang biasa gue beli. Di sisi lain ubi cilembu ini disebut juga dengan ubi madu.

Ngga tau kalau kalian bagaimana cara makanya, cuma kalau gue langsung gue patahkan aja pakai tangan karena texturnya yang sangat empuk.. Apalagi kalau habis dioven.... langsung deh asepnya keluar... makin menggugah selera aja... apalagi disantap pas hujan gitu... waaahh... jangan ditanya bajemane nikmatnya.. Hahahaha... Dan yang perlu digaris bawahi adalah jangan ditaruh disembarang tempat... karena selain lengket ubi cilembu ini juga digandrungi oleh para semut... jadi kalau mau disimpan, simpanlah ditempat yang aman...

Sekian cerita singkat perkenalan gue dengan si ubi cilembu... next mungkin bisa gue coba lagi.. yakin enak dan yakin nagih rasanya :D

25 comments:

  1. Yup emang manis tuh ubi sampai kadang kau ragu itu sebenarnya ubi atau bukan.. masih lumaan ubi Cilembu di Banyumanik dapet 20rebu di sini kayaknya masih diangka 40rebu atau 50rebu gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walahhh... mahal sekali mas harganya :D Alhamdulillah disini masih cukup terjangkau.. Heeee

      Delete
  2. Untungnya ya daerah Jawa Tengah, tepatnya di jalur Ambarawa-Banyumanik banyak kios pedagang ubi Cilembu.
    Jadi ngga perlu jauh2 ke Bogor buat nyicipin ubinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa.. iya mas.. sekarang mah kalau mau kulineran di daerah sekitaran kita udah banyak yang jual.. macam ubi cilembu, soto boyolali, karika dan lain sebagainya :D

      Delete
  3. Saya juga belum pernah icip-icip ubi ini. Hahaha. Itu selain di oven tetep bisa tapi to, mas? Kalau dari rasa, lebih manis atau bagaimana, dibanding sama ubi ungu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau beli yang mentah bisa diolah sesuai selera mas.. bisa digodok atau digoreng.. untuk masalah rasa dibandingnkan dengan ubi ungu saya menilai ubi cilembulah juaranya :D

      Delete
  4. Waaaaah, saya baru tau bentuk dari Ubi Cilembu ini. Kalau rasanya, ya jelas belum tau dong ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak yang jual di pinggir pinggir jalan biasanya gan, pas kebetulan nemu bisa tuh dicobain :D

      Delete
    2. Waha menarik. besok coba hunting ini ah. penasaran hehe. Makasih banyak ya

      Delete
  5. wakakakakakak...
    Di awal-awal paragraf saya ngakak lebar, senang karena ada temennya, SAYA JUGA BELUM PERNAH MAKAN UBI CILEMBU dan saya pengen dan anehnya gak pernah jadi beli hahaha

    Lah ternyata, di akhirnya jadi beli juga.
    Fix! berarti cuman saya nih yang belum pernah makan Ubi Cilembu.
    Dan saya beneran ngiler liatnya.
    Saya makan ubi biasa aja doyan, apalagi yang kayak gini.

    Nanti kalau liat di jalan langsung beli ah, dan semoga dapatnya yang asli, banyak yang bilang katanya ada juga yang palsu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih mbak.. pernah denger juga masalah ada ubi cilembu yang KW, tapi kalau saya sih ngga masalah kalau KW nya masih sesama ubi, kalau ubinya diganti mangga mungkin bisa dipertanyakan. Wkwkw... #Canda
      ..
      Bisa mbak, dipinggir pinggir jalan emang banyak yang jual, mungkin pas kebetulan lihat bisa langsung order :D biar penasaran rasanya ilang.. Hehehehe

      Delete
  6. Ubi ini cukup terdengar gaungnya. Jika ditanya soal ubi, pasti jawabnya ubi cilembu. Padahal belum pernah mencicipi rasa ubi ini. Foto yang terakhir itu, bikin saya menelan ludah ingin nyipi lho mas? hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Besok kalau lihat dipinggir jalan nyobain ya mas jangan lupa... Heeee...
      Maaf ngga bermaksud membuat para pembaca jadi pengen.. cuman berbagi pengalaman.. selebihnya kalau pengen bisa finding di kotanya masing masing :D Hehehehe..

      Delete
  7. Ubi cilembu dimakan pas musim ujan enak mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi habis diangkat dari oven ya mas.. mantul tenan :D

      Delete
  8. Kalau sudah penasaran dan suka. walau jauh akan tetap ditempuh. Ditempat saya, harga ubi cilembu tergolong lebih mahal. Matangnya saja bisa 45 ribuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wew... mahal yaa mas.. Alhamdulillah didaerahku masih diangka 20ribuan ..
      Iyaa sih kalau udah niat yaa nekat :D Wkwkw

      Delete
  9. ubi cilembu ini cocok buat pejuang diet looooh
    aku pernah coba
    terus gak sanggup makan ubi tiap hariiii
    hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kayaknya ngga cocok sama saya nih mbak, soalnya saya lagi program menambah berat badan :D Hahahaha

      Delete
    2. okey, saling transfer lemak gimana?

      Delete
    3. Boleh boleh, asal jangan banyak banyak... Wkwkwk

      Delete
  10. Aku suka beli yang sudah dioven gitu. Ada yang meleleh, manis dan lengket. Makannya disendokin aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohh saya malah baru tau kalau disendokin mbak :D
      Kemarin langsung tak makan, cuman tak patahin lalu kelupas kulitnya.. berubung udah matang jadi gampang ngelupasnya.. Heeeee

      Delete
  11. Saya juga suka ubi Cilembu. Rasanya manis dan punel.
    Pengolahan ubi Cilembu memang di oven/dibakar biar nanti matangnya ditengah-tengah ubi akan meleleh keluar madunya. Pernah nyoba ubi cilembh dikukus tapi ternyata nggak keluar madunya hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sayang sekali yaa mbak.. ,misalkan dikukus sukses bisa berinovasi ya mbak.. beda dari yang lain...

      Delete

Powered by Blogger.