Memotret Light Trails Di Jalan Tol Mumpung Belum Beroprasi

Assalamualaikum sobat.. piye kabare ?? pada pembahasan kali ini saya akan nge-share pengalaman saya kemarin memotret light trails alias memotret cahaya lampu kendaraan yang sedang melintas. Jadi kayak ada buntut-buntutnya gitu efeknya, namun ini ngga ada kaitanya dengan sop buntut hloh yaa..



Oke. Jadi sehabis isya' kemarin saya langsung ngeGass ke jalan tol di deket rumah, sebagaimana tempat tinggalku kini sudah nggak pelosok-pelosok amat karena kemarin proyek jalan tol lintas Semarang - Batang mengenai sebagian dari desa tempat saya tinggal, namun saya bukan tinggal didesa tetapi diperumahan, jadi ada perumahan di desa.. atau didesa ada perumahanya.. atau.. Ahh sudahlah kalian mau ngenyebutnya apa ..



Sebenarnya sewaktu proses pembuatanya saya sering motoran di jalan tol Semarang-Batang ini, namun belum ada satupun yang saya posting, dan kabar baiknya adalah ini postingan perdana saya mengenai jalan tol lintas Semarang - Batang... #nggausahTepukTangan!





Oke, sebelum berangkat menuju ke jalan tol adapun senjata yang saya gunakan yaitu kamera nikon d3200, lensa tokina 12-24mm, dan tripod. dan tak lupa sepeda motor yang selalu setia menemaniku kemana pun aku ajak :D dan nggak pernah protes..



Karena lokasi jalan tol yang akan saya buat hunting deket dengan rumah jadi ngga perlu waktu lama buat saya untuk sampai ke lokasi, karena jaraknya cuman 1Km kurang lebih..



Sebelum saya menerobos masuk ke jalan tol saya agak dag dig dug juga rasanya, rasanya seperti kalau papasan sama do'i #Ehh karena ada beberapa pekerja yang masih nglembur menggarap proyek jalan tol ini. Ya.. denger-denger sih kemarin jalan tol ini udah di uji coba sama pihak terkait jadinya takut kalau maen nyelonong masuk gitu aja.. Tapi apa boleh buat, demi belajar memotret light trails akhirnya saya menerobos juga. Hahahaha.. ( ngga pake efek tawa jahat ) dan mumpung masih belum beroprasi..



Sesampainya di lokasi yang akan saya jadikan spot hunting saya langsung ambil kamera dari dalam tas dan meletakanya di pagar pembatas jembatan. Kemudian saya arahkan lensa kamera agak ndingkluk ( agak kebawah ) dengan mengganjal bagian belakang kamera dengan tutup lensa dan hp. Hloh tripodnya ngga dipake ?? enggak.. yang cepet dan simpel aja..






ISO : 200, f/11, shutter speed : 20 second

Untuk masalah settingan kamera saya menggunakan settingan diatas yah sob.. dan ini cuman sharing aja bukan maksud saya untuk menggurui, karena saya juga masih belajar. Dan buat temen-temen yang pengen bermain light trails kalian bisa menggunakan settingan kamera sesuai selera kalian. Yang perlu digaris bawahi adalah untuk mendapatkan efek lampu yang memanjang dibutuhkan shutter speed yang lama.. sedangkan aperture dan ISOnya mengikuti..



Jadi gambar diatas adalah jalan menuju ke arah Selatan alias ke daerah Boja, maju sedikit lagi ada perumahan, nah disana saya tinggal :D



Setelah dapet beberapa gambar saya memutuskan untuk pindah spot ke sebelahnya, alias mengambil gambar jalan ke arah Utara, alias ke Kaliwungu atau pasar sore... Yaaa.. sebenarnya bisa sih melompat pagar pembatas jalan untuk pindah ke seberang, namun karena nggak mau ambil resiko akhirnya saya cari pedotan jalan untuk putar balik. Cekidot...





Kalau melihat ke arah Utara emang suasananya agak ramai, dibandingkan dengan ke arah Selatan. Mungkin karena banyak penduduk sekitar yang ada perlu ke Kaliwungu kota kali yaa.. Nah pas lagi asyik-asyiknya motret tiba-tiba ada seorang bapak-bapak menghampiriku naik sepeda motor matic. Ku kira dia adalah orang terkait yang sedang patroli atau apa yang akan mengomeliku. Heee.. Rupanya si bapak tadi cuma numpang tanya jalan.. kebetulan karena saya nggak tau dengan jalan yang beliau maksudkan ya saya bilang duko.. mboten retos pak.. Akhirnya dia tancap gas lagi kearah Timur.. Fyuhhh.. ku kira siapa bapak yang tadi...





Bentar-bentar.. Dari tadi saya set kamera ke zoom out rupanya, oke sekarang saya ganti ke zoom in. Dan gambar diatas ini merupakan zoom terbesar dari lensa tokina 12-24mm sob..



Daaann.. setelah puas memotret light trails via jalan tol Semarang - Batang saya kembali turun ke jalur normal, dan rencananya sih mau ke pasar sore.. secara disana kan banyak banget kendaraan yang lewat, jadi manteplah kalau buat hunting light trails'an.. yaa.. cuma sebatas angan-angan doang sih.. Hahaha.. soalnya begitu sampai di TKP ngga ada tempat atau bangunan tinggi yang memungkinkan untuk saya naiki buat memotret light trails dari atas.





Lah karena saya juga masih lapar ( padahal tadi habis maghrib udah makan ) malah terdampar di nasi goreng pak Mat pasar sore, dan beli mie goreng. Wkwkw... Oke oke.. jadi kalau kalian pas kebetulan lewat pasar sore ngga ada salahnya mampir ke warungnya pak Mat sob. Kalau kalian dari arah Semarang hendak ke Kendal/ Bandung/ Jakarta lewat pasar sore lokasinya sehabis bundaran pasar sore kan ada Ind#mart di kiri jalan, maju sedikit ada jembatan to ?? nah warungnya ada di sebelah jembatan sob.. cuma saya ngga tau juga hari apa tutupnya :D Untuk masalah rasa buat kalian fans hot alias suka makanan pedas dan panas recommendedlah.. mau duduk dibangku atau lesehan juga bisa.. sedangkan untuk masalah harga relatif. Standarnya harga nasi goreng Kaliwungunan..



Nah buat temen-temen yang mau menjajal memotret light trails pada dasarnya adalah semakin lama shutter speed semakin panjang pula efek lampunya, untuk mendapatkan efek dan hasil yang memuaskan kalau saya sih set shutter speednya di 10 second kurang lebih, ISO dan aperturenya mengikuti..



Oke salam kompak selalu buat temen-temen... #Salaman!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama