Header Ads

Nglangut Bersama Di Kebun Teh Tambi Wonosobo

Semalem saya emang ada niatan mau ke Temanggung nih sob, enggak tau juga disana mau ke tempat apa atau mau ngapain, pokoknya kangen sama udara sejuk yang ada di negeri tembakau tersebut. emang sih Temanggung ini masuk kategori kota favorit saya jadi ya maklum aja kalau dikit-dikit kangen. Hahaha...

Kebun Teh Tambi Temanggung - Wonosobo
Selain udaranya yang sangat sejuk, hal lain yang saya suka disini tuh ijo ijonya yang bikin mata segerr.. ya maklum juga sih karena Temanggung ini punya 2 gunung yang keren abis, yaitu gunung Sindoro dan Sumbing. Nah, buat menikmati keindahan 2 gunung ini kalian nggak harus masuk ke objek wisatanya kok sob cukup lewat aja nanti juga bakal lihat sendiri, ya.. kalau nggak kabut sih. Heee...

Selepas sholat subuh saya langsung chat via WA ke kawan saya ( temen komplek ), walaupun nggak ada janjian atau rencana saya yakin tuh orang pasti kaget kalau tiba-tiba saya chat.

"Posisi?"
"Omah."
"Temanggung yo..?"
"Bheee... jam piro iki?"
"Setengah 7."

Setelah chat chatan yang cukup alot akhirnya si Adit ini mau juga nglangut bersama saya ke Temanggung. What is Nglangut? ini adalah bahasa jawa sob, artinya ya kurang lebih boring, atau bingung mau ngapain. Nggak heran sih kalau kawan saya yang satu ini cukup alot ketika saya chat tak ajak ke Temanggung, soalnya dia juga anak travel sih. Dan dia tau banget kalau mau maen ke daerah pegunungan tuh ya harusnya berangkat pagi-pagi minimal sehabis subuh langsung otw. Tapi setelah saya ojok ojokin akhirnya dia mau juga nemenin saya ke Temanggung. Emang sih ini nggak ada rencana mau kemana, atau ketempat wisata apa. Ya, intinya ke Temanggung aja. Masalah nanti kemananya ya dipikir kalau udah sampai. Hahaha..

Akhirnya kami berangkat dari rumah sekitar jam 7.30an, wew... ini udah kesiangan banget banget mah. Hahaha.. tapi tak apalah kami tetap semangat buat menikmati akhir pekan.

Gorengan Pasar Ngadirejo 
Nah berubung si Adit ini belum sarapan selama perjalanan kami tengok kanan tengok kiri buat nyari ada yang jual gorengan. Kami emang sih kalau ngetrip ngetrip gini selalu nyari makanan rakyat buat ngemil + ngisi perut disana, selain harganya yang murah juga lumayan mengenyangkan. Heee.. Nah, kami nemu penjual gorengan tuh di pasar Ngadirejo sob. Udah pada tau kan ya? ngelihat gorengan yang lumayan besar besar ini kami kira harganya serebu, ehh rupanya cuma lima ratus doang sob. #Tandai ini lebih murah daripada di kota kami. Wkwkwk...

Oke oke.. gorengan udah kami ngelanjutin perjalanan lagi, target kedua kami yaitu nyari minimarket dulu, buat apa? nyari saus.. hloh kenapa tadi nggak ngambil cabe aja? soalnya kalau cabe pedesnya kerasa banget mah. Wkwkw...

Saking-saking nggak jelasnya kami bablas terus sampai ke kecamatan Kledung, si Adit ini juga nyaranin buat ngisi nglangut bersama ini di objek wisata embung kledung. Ya nggak papa sih disana yang jaga tiket juga udah kenal saya yaitu si mas Ryan Kancil, katanya pas dulu dia minta foto saya pas di Embung Kledung, besok kalau mau kesini, kesini aja mas tenang wae. Hahaha.. Alhamdulillah banyak temen banyak rejeki.. wait.. ini karena belum dapet saus jadi kami terus aja bablas sampai ke Wonosobo mah -.-

Pas udah nemu minimarket.
"Dit, ke kebun teh wae po, kebun teh Tambi?" pintaku.
"Yo sembarang." jawabnya.

Dari minimarket kita bablas lagi menuju ke kebun teh tambi sob, ya kira-kira 5 menitanlah. cukup deket kok..

Objek Wisata Kebun Teh Tambi
Alhamdulillah kami nemu tempat yang lumayan nyaman untuk istirahat. Di bangunan itulah kami menikmati gorengan sambil menikmati sejuknya udara pegunungan dan sliwar sliwernya kendaraan, ya.. karena tempat ini pinggir jalan raya persisi jadi ya maklum wae.. Hahaha.. kami sampai disini sekitar jam setengah sebelasan, kedua gunung yang ada disekitar kami juga udah full kabut, bahkan di sudut gunung Sumbing udah mendung gelap.

Pohon Teh
Kebun teh tambi ini terletak diketinggian sekitar 1.350 dpl sob, dan sudah dikelola dari tahun 1865. Wah udah tua banget ya.. perkebunan teh tambi ini terletak di sebelah Barat lereng gunung Sindoro dan membentang dari jalan raya Kledung - Wonsobo, dan sisi lain kita juga bisa menjumpai kebun teh tambi ini kalau mau ke objek wisata Dieng.

Ohh iya di daerah tempat tinggal saya juga ada hloh kebun teh, yaitu kebun teh medini #PromotedModeOn, letaknya di lereng gunung Ungaran. Meskipun nggak seluas kebun teh tambi tapi lumayanlah buat menyejukan diri. Cuma kalau dikebun teh medini ini treknya luar biasa sob, udah baca belum pengalaman saya? belum ya? oke simak dulu aja disini..

Ekspedisi kebun Teh Medini, Meski Hujan Tetep Gasss..

Sekitar jam 11.30an kami beranjak dari sini, karena kami juga ngantuk karena hawa hawanya sangatlah mendukung.. bangunan ini cukup kotor jadi tidak bisa kami buat untuk membaringkan badan dan melepas lelah selama perjalanan. Heee...

Nah, kalau misalkan kalian berada di sekitar perbatasan Temanggung - Wonosobo tepatnya di daerah Kledung ada beberapa opsi tempat wisata yang recommended nih sob.

1. Objek wisata Lembah Sindoro Posong
Viewnya gunung Sumbing, trekingnya lumayan sih dari jalan raya, kalian bisa pake sepeda motor dan mobil buat kesini. Saran aja, kendaraan loe harus dalam kondisi prima dan siap tempur buat bisa sampai keatas. Nggak disarankan buat yang belum begitu mahir mengemudi. ( Baca Selengkapnya.. )

2. Sedengkeng Pass
Objek wisata ini emang nggak sepopuler posong, viewnya adalah gunung Sindoro. Kalau kalian diatas sini kalian juga bakal bisa ngelihat objek wisata lembah sindoro posong. Trekingnya sangatlah jauh dari jalan raya, medan jalanya sebelas dua belas sama posong, cuma ini lebih extreme. Cuma bisa dilalu sepeda motor dan nggak recommended buat yang takut ketinggian. Kalau kabut atau mendung datang lebih baik nggak usah diteruskan, karena berbahaya. ( Baca Selengkapnya.. )

3. Embung Kledung
Berada di dekat tugu perbatasan. Lokasinya nggak jauh dari jalan raya sekitar 5 menit nyampee.. bisa pake sepeda atau mobil, medan jalanya terjal berbatu tapi ramah sama kendaraan, viewnya bisa gunung Sindoro dan Sumbing, cocok banget buat bersantai sama keluarga sama pasangan halalnya atau sama sahabat. Kalau kesini salam ya buat mas Ryan Kancil. Hahahaha... ( Baca Selengkapnya.. )

4. Rest Area Kledung
Ini deket sama Embung Kledung, kalau kalian dari arah Temanggung lokasinya di kiri jalan. Nggak perlu repot repot treking dan bergelut sama medan jalan. Viewnya gunung Sindoro, kalau Sumbinya ketutupan sama pepohonan, ya keliatan sih tapi tetep recommended buat yang nggak mau repot repot dan free biaya. ( Baca Selengkapnya.. )


Jambu Biji Merah Muda
Nah, daerah Temanggung ini juga dikenal dengan hasil jambu bijinya yang melimpah hloh sob, kalau kalian ke Temanggung lewat jalur Bejen, perbatasan Kendal - Temanggung nanti kalian bakal ngejumpain banyak penjual jambu biji disepanjang jalan. Kemarin pas saya coba beli harganya cuma Rp.10.000/ 3Kg, lumayan kan. Selain buahnya kamu juga bisa beli bibitnya, siapa tau mau ditanam dipekarangan rumah. Lumayan kan?? Hehehe..

Oke jadi kami sampai rumah sekitar jam 6.30 atau habis maghriblah. Wah kok luamma banget perjalanan Kendal Temanggung? Iya soalnya pas otw pulang kami beberapa kali kejebak hujan jadi musti ngiyup dulu. Heee...

Jadi inti dari cerita ini adalah kami berangkat ke Temanggung, kemudian beli gorengan di pasar Ngadirejo, makan gorengan di kebun teh Tambi, terus pulang. #OjoDoGumun

17 comments:

  1. Aku yang udah pernah posong sama kledung rest area. He eh, sejuk bnget! View gunungnya juga cakep.

    Jatuh cinta sama gorengannya. Murah, enak lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. mantep mbak.. kapan kapan nyobain ke destinasi lainya :D

      Delete
  2. hehhee...gorengan ya mas, ada dimana-mana dan harganya murah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak makanan rakyat dan merakyat :D

      Delete
  3. Kalo baca/denger lokasi Kebun Teh Tambi, yang ada dalam benak adalah jalur pendakian Sindoro via Tambi..

    Rencana tahun ini, semoga kesampean...

    ReplyDelete
  4. Murah jambunya mas.. Tapi bener sih, ijo ijo dan hawa sejuk emang selalu bikin kangen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas makanya Temanggung adalah salah satu tempat recommended buat ngecharge mood dan booster :D

      Delete
  5. nglangut, aku jadi inget kosakata ini yang sulit dipahami anak-anak hehehe
    eh jambunya menggoda banget
    jadi ada pilihan oleh2 lain selain teh
    murah lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, kalau bukan orang jawa pasti uasing banget ples agak susah ya ngucapinya. Hahahaha..
      Iya mas, mantep kok mas jambu bijinya :D

      Delete
  6. Tak salah emnk, Jambu bijinya itu khas temanggung bangat. Kebun tehnya juga segar

    ReplyDelete
  7. Belum pernah ke Tambi, tapi pernah ke Kebun Teh Tanjungsari. Di Wonosobo juga, tapi lokasinya masih deket sama daerah perbatasan Wonosobo - Purworejo. Lumayan sih, view khas daerah perkebunan tehnya udah dapet, yatapi memang belum sedingin di kawasan Tambi *mungkin*

    ReplyDelete
  8. View kebun tehnya bagus.. Tapi aku lebih tertarik sama jambu biji merahnya...wuih pingin aku borong aku bikin setup jambu biji dikasih es serut.. Bayangin nikmatin es setup jambu biji merah saat musim panas begini..seger kali.. Hehehe.. :)

    ReplyDelete
  9. Sy jadi salfok krn mas nyebut sindoro sumbing...tiba2 kangen mendaki dua gunung itu.

    Tapi disana mmg indah banget ya mas..kalau ada kesempatan sy ingin bisa jalan2, bukan mendaki..hehe.

    ReplyDelete
  10. Aku rada bingung sama lokasi kebun teh Tembi ini, apa betul lokasinya berada di tepi jalan, ya ?.

    Tepat di tepi jalan menuju ke arah Wonosobo bukan ya ?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya mas Him, itu berada di pinggir jalan raya Kledung, perbatasan Temanggung Wonosobo..

      Delete

Powered by Blogger.