Lewat Jalur Lingkar Salatiga? Mampir Di Rest Area Ini Aja

Eksapedia.com - Mungkin nama kota Salatiga sudah nggak asing lagi buat temen-temen yang tiap mau lebaran mudik ke daerah Selatan seperti Boyolali, Klaten, Solo, Jogja dan lain sebagainya. Nah jika kamu sering melewati Salatiga jalur manakah yang biasanya kamu lewati sob? lewat kota atau lewat jalur alternatif? Jika kamu lewat jalur alternatif sepertinya ada salah satu tempat yang bisa kamu jadikan tempat beristirahat sambil melepas lelah nih sob, apalagi kalau bukan taman kota Salatiga.


Taman ini berada di sebelah kiri jalan kalau kamu dari arah Semarang. Untuk menemukanya nggak begitu sulit kok sob. Biar nggak bingung kasih ancer-ancernya dong mas kalau dari Semarang? nah kalau kamu dari Semarang sehabis melewati batas kota atau tugu Selamat Datang Salatiga nanti ada persimpangan, silahkan ambil yang kanan, kalau lurus ke kota ya sob. Setelah belok kanan lurus terus sekitar 7 Km sob barulah kamu akan lihat tamanya dikiri jalan. Ohh berarti sebelum perempatan ke Kopeng ya mas? Oke betul sekali, lokasinya sebelum lampu merah ya.

Taman Kota Jalur Lingkar

Setelah melihatnya kita bisa langsung mencari lokasi parkir. Tenang aja sob, area parkirnya cukup luas jadi nyaman pastinya. Nah taman ini adalah lokasi paling strategis kalau buat beristirahat maka tak heran kalau kamu kesini pas arus mudik lebaran atau hari libur tempat ini akan kebanjiran pengunjung. Ada biaya parkirnya nggak nih mas? masalah itu saya sendiri kurang paham sob soalnya kemarin pas kesini nggak bayar apa-apa. Jadi setelah parkir langsung saja masuk ke lokasi taman.


Memasuki taman kita akan disambut oleh berbagai hiasan dan desain taman yang sederhana. Nah ada banyak tempat yang bisa kita jadikan tempat beristirahat nih sob, silahkan cari sendiri ya. Hehehe.. Selain berguna sebagai sarana umum taman kota Salatiga juga dijadikan tempat terbuka hijau loh sob. Keren ya?

Taman Lalu Lintas Salatiga

Nah yang nggak kalah menarik kalau kamu kesini bawa anak kecil atau adik yang masih dibawah umur ada sarana edukasinya loh sob. Yaitu taman lalu lintas. Dimana tempat ini dibuat layaknya jalan sungguhan yang lengkap dengan berbagai tanda rambu-rambu lalu lintas. Pastinya kita bisa mengajari anak kita betapa pentingnya memahami sebuah rambu-rambu supaya nanti kalau sudah besar nggak terbiasa melanggar rambu-rambu.


Demkian pula warga sekitar yang biasanya meluangkan waktu berkunjung ke Jalur Lingkar Salatiga ini dengan anaknya, atau istilah jawanya momong anak pas hari libur. Pastinya anak-anak akan senang kalau diajak ke tempat seperti ini ya sob? Lah mas saya kan udah gede? Emang kenapa? orang dewasa juga nggak apa-apa kok kalau mau kesini, ya itung-itung memperdalam ilmu lagi sob.


Taman ini kapan dibuatnya ya mas? Menurut sumber yang saya dapatkan taman kota ini dibangun pada tahun 2012 yang lalu. Kemarin saat saya kesini masih banyak para pekerja yang membersihkan taman seperti menyapu, memotong rumput, mempercantik bunga dan lain sebagainya. Wah semoga aja sampai besok-besok taman ini tetap bersih dan terjaga ya sob.

Beberapa Burung Yang Tinggal Di Sini

Burung Di taman Kota Salatiga

Selain taman lalu lintas disini sudah ada beberapa kandang burung. Jadi ada kebun binatang mininya gitu sob. Ada burung apa aja nih mas? yang pertama dari gerbang pintu masuk ada kandang burung merpati, didepanya ada burung burung beo atau istilah lainya Tiong Emas dan Mamiang. Lanjut kebawah setelah menuruni anak tangga ada kandang burung Parkit dan Cockatiel, jadi ini dua spesies dalam satu kandang ya sob. Terus didepanya ada burung Betet Merah. Ehh tunggu dulu, dibawahnya lagi masih ada sob yaitu kandang burung Dara dan ayam. Wah banyak banget ternyata ya mas?


Oke sekarang kita bahas fasilitas ya sob. Selain tempat parkir yang nyaman dan area taman yang indah disini sudah ada mushola. Nah pastinya memudahkan kita dalam urusan beribadah ya. Kemudian di bawah ada tanah lapang yang cukup luas. Disekelilingnya banyak pepohonan yang membuat adem suasana. Terus sudah ada toiletnya juga. Yang nggak kalah penting tempat sampahnya juga ada. Pastikan kalau mau buang sampah pada tempatnya ya sob supaya taman ini selalu bersih, indah, dan enak dipandang.


Nah jadi gimana sob yang nanti mau pulang kampung lewat Salatiga mau mampir kesinikah? lumayan kan, sekalian melepas lelah sambil menikmati kesejukan udara di kaki gunung Merbabu. Pastinya bikin semangatmu pulih kembali dong.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama