Header Ads

Nggak Sengaja Nemu Belalang Sembah Langka : Paratoxodera SP

Belalang sembah umumnya berwarna hijau, spesies inilah yang paling banyak kita temui dan sering dilihat oleh orang-orang. Disadari atau tidak belalang sembah tidak hanya berwarna hijau hloh sob. Bahkan di muka bumi ini banyak spesies belalang sembah yang berwarna warni dengan indah. Ada yang coklat, putih, pink, dan lain sebagainya. Warna dari belalang sembah ini sendiri bertujuan untuk mengecoh mangsanya dan berkamuflase tentunya. Kalau bunglon beda lagi ya berkamuflasenya. Hehehe.. Nah, dari beberapa jenis belalang sembah langka yang ada di Indonesia, salah satunya adalah Paratoxodera Sp. Siapakah dia? apakah kesatria baja hitam?

----
Nemu Paratoxodera SP
Ini semua berawal saat saya keluar dari rumah hendak berkumpul bersama teman-teman #Nongkrong. Saat keluar, pas mau menaiki sepeda motor tiba-tiba mata saya tertuju kebagian lantai rumah, dan kalau saya perhatikan bentuknya sih mirip sebuah ranting kayu. Kukira itu hanyalah sebuah ranting kayu biasa. Namun setelah saya perhatikan lebih tajam lagi ternyata benda tersebut adalah sebuah makhluk hidup, yaitu belalang sembah yang bentuknya sangat keren. Tanpa pikir panjang saya ambil belalang sembah tersebut kemudian saya masukan ke dalam sangkar burung kosong. What? bisa kabur dong? ohh enggak sob. Belalang sembah ini berukuran cukup panjang dan besar, keren banget. Karena terburu buru saya nggak sempat untuk memperhatikanya lagi. Dalam hati nanti saja setelah main.

Waktu demi waktu berlalu hingga saya lupa kalau kemarin saya nemu binatang unik yang masih tak simpan dalam kandang burung. Langsung dengan cepat saya hampiri sarang burung tempat tinggal sementara binatang sembah itu. Dalam hati berkecamuk apakah ia sudah kabur atau masih ada didalamnya. Dan akhirnya... setelah melihat sarang burungnya ternyata masih ada belalang sembah itu. Saya ambil dan perhatikan lagi lebih dalam.

Memang ini baru kali pertama saya ngelihat binatang ini bahkan di televisi, internet, dan surat kabar lainnya belum pernah lihat. Bentuk dari belalang sembah ini begitu keren dan unik sob. Tubuhnya berwarna coklat, hitam, dan putih. Sekilas mirip sekali dengan ranting pohon yang sudah kering. Di pahanya terdapat seperti serpihan daun. Bentuk tubuhnya panjang berukuran kurang lebih 10 cm dan masih bisa terbang. Badanya kurus dan lonjong. Matanya tajam dan agresif. Tanganya menekuk layaknya sabit. Dengan keadaan tubuh seperti itu memungkinkan spesies belalang sembah yang satu ini pandai berkamuflase dari mungsuhnya dan sabar menantikan mangsanya lewat didepanya. Dan kemudian.. Happ... lalu ditangkap...

Masih diliputi dengan rasa penasaran saya coba mencari informasi di internet mengenai belalang sembah yang satu ini. Dimulai dari kata kunci belalang sembah langka, jenis-jenis belalang sembah, spesies belalang sembah, dan yang lainya. Namun hasilnya NOL BESAR! nihil. Tiada satupun yang membahasnya. Ada sih satu, yang mengabarkan salah satu seorang warga menemukan jenis belalang langka di dekat rumahnya. Dan kalau saya perhatikan gambarnya mirip dengan belalang sembah yang saya temukan. Namun didalam berita tersebut hanya dijelaskan mengenai seorang yang menemukan belalang doang alias nggak disebutkan secara rinci jenis dan genusnya. Sehingga kurang memuaskan. Tidak menyerah begitu saja saya terus telusuri hingga menemukan website yang berisikan galeri foto serangga. Disana juga ada salah satunya foto yang mirip lagi, namun saya belum sepenuhnya mantap karena website tersebut dalam bahasa inggris. Ada juga video mengenai belalang yang sama, namun lagi lagi tidak ada keterangan yang jelas didalamnya.

Karena lama tidak membuahkan hasil yang pasti saya coba iseng-iseng mengunggah fotonya di instagram dengan menggunakan tambahan hastag indonesia dan inggris seperti #seranggalangka #insectgram #instainsect. Berharap ada yang tau dan sudi memberitahu jenis dan spesiesnya. Soalnya masih penasaran banget euy..

Selang beberapa jam ada salah seorang yang komen dan memberitahu saya mengenai jenis belalang sembah yang satu ini. Ia bilang belalang ini berjenis Paratoxodera SP. Setelah saya cek galeri foto instagramnya benar saja ternyata si masnya adalah kolektor serangga dari Yogyakarta. Semua galeri fotonya 90% adalah foto serangga. Wah sungguh beruntung sekali saya hari ini. Alhamdulillah.. Karena sudah tau jenisnya saya masih penasaran dengan yang lainnya. Dari beberapa website yang saya kunjungi isinya kurang lebih serangga ini adalah :

Belalang Sembah Langka
Berjenis serangga belalang sembah
biasa disebut dengan belalang sembah, belalang setandu, cangcorang, atau walang kadung. Kalau dikampung sini biasanya nyebutnya walang kadung/ cangcorang. Ditempat kalian apa sob??
Jenisnya Paratoxodera sp
hampir mirip dengan partoxodera cornicollis
Kingdom : Animalia
Class : Insecta
Genus : Paratoxodera
Phylum : Arthropoda
Order : Mantodea

Paratoxodera SP Indonesia

Beruntung sekali karena belalang sembah ini termasuk spesies serangga yang tinggal di Indonesia. Dan Alhamdulillah saya juga beruntung karena dapat melihat binatang ini pertama kalinya. Karena di Indonesia sendiri binatang ini tergolong langka dan sukar ditemui #Katanya.

Setelah puas melihat biodatanya dan sudah tahu siapa sebenarnya si belalang sembah langka ini, akhirnya belalang ini saya lepaskan di pohon rambutan didepan rumah di atas pohon, kalau dibawah nanti takutnya ditemu sama anak kecil malah dikill yah, makanya mending saya taruh atas saja. Hehehe.. walau rasa hati ingin memeliharanya namun saya rasa kehidupan bebaslah yang sebenarnya ia inginkan. 1 - 2 hari saya lepas di atas pohon ia masih berada ditempat yang sama walaupun posisinya berubah ubah. Dan di hari berikutnya ia sudah tidak ada. Mungkin sudah pergi mencari makanan dan kembali ke kehidupan yang ia inginkan. Sebagai kenang kenangan saya sempat merekam dan memotretnya aktifitasnya beberapa saat.

Video belalang sembah Paratoxodera SP :

43 comments:

  1. Unik mas, saya juga baru melihatnya ini mas, mungkin sekarang sudah langka banget ya belalang sembah ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas ane juga baru kemarin lihat yang seperti ini...

      Delete
  2. Mungkin itu Cengcorang yang berevolusi mengikuti lingkungan tempat hidupnya, mirip sekali ranting pohon, belalang yang unik sekali

    ReplyDelete
  3. bentuknya memang unik mangkanya langkanya pas banget momentnya untung ngak cepet kabur ya ;)

    ReplyDelete
  4. Wuaaah ini mah udah gak pernah ada. Fotonya bagus pula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe. Iya mbak, saya juga baru kemarin lihat :D

      Delete
  5. sampe cari di instagram yak :D biasanya belalang sembah itu warnanya ijo, yg itu gambarnya ga begitu jelas min,

    mimin baik banget setelah ditangkap lalu dilepas, dan serangganya anteng2 ajah waktu dilepas, sampe 2 hari belom juga terbang.. potonya kurang banyak min..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada banyak sih mbak, cuma saya pilih yang lumayan bagus aja, kebanyakan gambar tidak baik juga buat blog soalnya. Hehehe

      Delete
  6. pengalaman berharga kalo bisa ngamanin gambarnya

    ReplyDelete
  7. kayak ranting ya om tapi belalang

    ReplyDelete
  8. unikkk keren, mirip kayu gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas saya juga baru pertama kali lihat :D

      Delete
  9. belalang langka itu ya mas, bentuk lain dari belalang sembah yang ada pada umumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak denger denger emang langka, tapi syukurlah di Indonesia ada :D

      Delete
  10. kira kira hidup nya di daerah seperti apa gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau itu saya kurang tau mas :D

      Delete
    2. di daerah seperti tempat tinggal admin pastinya wong di temukannya di sana

      Delete
  11. unik Sekali bentuknya dan memang langka dan jarang di temui walang kadung yang seperti itu, kamuflase sempurna dari bentuk dan warnanya.

    ReplyDelete
  12. ni blalang gx suka menggigit kn Mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas saya pegang jinak jinak saja mas :D

      Delete
    2. Oooo.. artinya bisa d jadikan sahabat nih.. :D

      Delete
  13. cengcorangnya punya nama engga tuh?

    ReplyDelete
  14. Kalau aku biasa menyebutnya walang kayu, Mas.. Sekarang memang sudah jarang terlihat, sih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak kalah sama pembangunan yang sangat pesat kali ya :-(

      Delete
  15. Lucu ih belalangnya, bentuknya kayak batang

    ReplyDelete
  16. ndak suka belalaang. inget aja sama belalang yang suka ngeluarin bau tuh kalo dia keganggu. waktu kecil sering banget dibauin belalang tsb karena banyak maen di kebon. hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya itu gan,,
      Hahha.. itu salah satu bentuk pertahanan dirinya kalau ia merasa terancam :D

      Delete
  17. Iya ya bentuknya kayak ranting pohon, untung gak keinjek >_<

    ReplyDelete
  18. wah belalang sembahnya unik banget
    kamuflase yg sempurna sama kayak ranting

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan saya sendiri juga agak ketipu pas pertama kali lihat :D

      Delete
  19. unik banget bentuk belalangnya kak, penemuan baru kah?

    ReplyDelete
  20. Akhirnya nemuin jga biodata ni mahluk. Pgi ini saya menemukanya, benar adanya sya kira ranting, eh ternyata bukan. Thanks gan

    ReplyDelete

Powered by Blogger.