Header Ads

Nggak Cuma Seller, Sekarang Pembeli Juga Punya Modus Menipu Seller !!

Assalamualaikum gaes.. gimana kabar kalian ?? sehat sehat saja kan.. Nah, pada pembahasan kali ini saya akan berbagi tips buat kalian yang sering berbelanja ataupun berjualan secara online. Tak dapat dipungkiri jaman sekarang adalah jaman modern yang serba online. Maka dari itu tak heran banyak orang juga memanfaatkan internet untuk mencari penghasilan. Nah meskipun sudah serba online tentu saja ada dampak baik dan buruknya.. Ini semua tergantung kita bagaimana menggunakan dan memanfaatkanya..

Bagi kalian yang suka online onlinenan kayaknya harus menyimak beberapa tips berikut ini supaya kalian tetap aman dalam bertranksaksi jual beli.

Mungkin kalian udah familiar dengan yang namanya penipuan online dengan abal-abal si penjual ini menjual barang dengan barang yang jauh dibawah pasaran dengan embel-embel promo, cuci gudang, dan juga banting harga, yaaa.. kalau perlu banting gudangnya sekalian biar greget..

Disini gue nggak bakalan membahas secara detail mengenai jenis-jenis penipuan, kalian bisa cek atau buka aja thread saya di kaskus beberapa tahun yang lalu mengenai. Cara Membedakan Seller Jujur Atau Tidak.

Dan ini ada beberapa modus yang mungkin sering kita jumpai didunia maya, ( ini gue cuma ngebahas yang dunia maya doang hloh ya ).


1. Mengirim SMS dapet hadiah
Biasanya si modus ini ngirim sms ke banyak nomor dengan iming-iming hadiah uang tunai jutaan rupiah, mobil dan lain sebagainya. Biasanya juga mengatas namakan Bank 'ini'. Nah yang membuat gue bingung adalah. "Hlah gue kan bukan nasabah dari bank 'ini' kok dapet hadiah? hadiah dari mananya coba? Terus kalau misalkan kalian menjumpai hal ini dan ternyata kalian sebagai nasabah bank 'ini' mending kalian cuekin aja.

Masih dengan modus SMS kalian nanti juga disuruh membuka alamat web yang dilampirkan melalui sms. Udah jangan kalian gubris, lsngsung delete aja tuh sms. Yang menjadi pertanyaan gue adalah. "Nih orang kok nggak modal banget ya, masak buat situs web pake domain gratisan." Kadang ada juga yang berlagak proffesional pake .COM, tapi kalau dilihat dari desain dan isi blognya nggak banget ( nggak proffesional banget ). Wait.. mas Eksa pernah bukak berarti? iya.. iseng :D

Gimana kalau telfon ? nggak usah diterusin. langsung tutup aja! kalau terus terusan diganggu ya sementara di offkan aja hp nya.. misalkan lewat WA ya.. offkan saja data nya..

2. Promo, banting gudang, cuci harga, pasar gelap dan lain-lain.
Alah... yang kayak beginian nggak usah dibaca keles... udah saya buktikan juga. Pernah tuh yang jual kamera DSLR murah banget, setelah saya cek di toko resminya harganya selisih 50% lebih. Yang jadi pertanyaan. "Ada emang orang jual barang terus ngasih harga dibawah harga asli sampai lebih dari 50%?" Jangankan jual rugi, kita jual 50:50 kalau bahasa jawanya bakbuk ( nggak untung nggak rugi ) aja males, apalagi yang ini jual sampai banting gudang lebih dari 50%. juragan amat tuh orang, lah daripada duitnya buat kulakan barang terus dijual rugi mending disumbangin ke panti asuhan, ke masjid, ke Palestina, Suriah dan lain-lain kalau merasa kaya raya mah. Malah hasilnya bisa dipanen sampai ke akherat .. iya nggak gaes??

Makanya yang kayak gini jangan dibaca langsung block atau laporkan aja. entah di WA, fb atau instagram sama aja.

Kalau mau aman makanya pake rekber bukalapak atau tokopedia !!
Oke.. gue setuju sama pernyataan diatas, setuju banget malah.. karena gue seller sekaligus buyer disana, namun taukah anda bahwasanya dua situs rekber diatas juga ada penyelundup?? bagaimana modusnya ?? oke akan gue kasih bocoran..

Jadi seller disana tuh akalnya bisa gue bilang licin selicin belut, awal awal bukalapak dan tokopedia launcing mereka juga udah jualan disana, namun karena mereka biasanya memasang harga dibawah pasaran sang pemilik situs pun dengan mudah langsung memblokir akun tersebut. Nah kini muncul lagi mereka, pastinya dengan topeng baru.. yaitu memasang iklan dengan harga yang sama dengan seller seller lain, nggak cuman barang baru, bekas pun mereka juga jual. Dan mereka juga pinter sih mendeskripsikan barang, jadi seolah olah barang itu real dan siap dikirim.

Jadi kalau kalian inbox si seller menanyakan barang ini ready atau nggak kemudian si seller ini membalas dengan chat seperti ini kurang lebih "kirim no WAnya nanti biar di add" udah langsung klik pojok kanan atas di chat ( bukalapak ) langsung laporkan admin, dengan alasan mengajak bertranksaksi diluar bukalapak, sertakan juga bukti screenshotnya biar nanti si admin memblokir nih akun..

tapi gimana kalau kita nggak chat, maen order gitu aja ?? tenang duit loe masih aman, karena masih dibawa sama bukalapak. Nah karena kita udah order otomatis data diri kita udah seller pegang nih. termasuk alamat dan juga no hp. Nah modusnya nanti dia bakalan ngirim sms dan menyuruh loe mengklik link tersebut dan mengisi data-data kalian. Udah.. sampai sini kalian screenshot aja kemudian laporkan saja akunya, karena kalau kalian klik link tersebut dan mengisi data diri termasuk username dan password bukalapak maka akun kalian langsung sekejap diambil alih sama si penipu itu, jadi nanti si penipu bakalan pake akun kalian untuk mengkonfirmasi barang diterima jadi sudah dipastikan duit di akun bukalapak loe berpindah tangan ke akunya, nah BAHAYAnya kalau akun kalian menyimpan saldo banyak. Makanya hati-hati saja..

Intinya kalau suruh bertranksaksi diluar bukalapak atau tokopedia tinggalin aja tuh, untuk masalah duit tenang aja.. nanti juga bakalan balik ke akun kalian kalau si seller nggak mengirim barang yang kalian pesen.. ngirimpun masih bisa dikomplain kalau barangnya nggak sesuai. Misal pesen HP terus dikirim nasi goreng kalian masih bisa komplain dan melaporkan ke bukalapak sehingga nanti uang kalian akan kembali ke akun kalian utuh..

YANG TERBARU !!!

Sebenarnya ini nggak baru sih, cuma baru menurut gue karena gue baru tau :-|
Oke kalau tadi kita ngebahas si seller penipu SEKARANG ADA PEMBELI YANG NIPU, jadi makin pinter kan ?? Terus gimana modusnya ??

Mereka biasanya beroprasi di forum jual beli facebook atau OLX, dia akan WA kita menanyakan barang yang kita jual. Cara dia tanya sih selayaknya pembeli pada umumnya, tanya size apa, warna apa, bagaimana kondisinya dan lain sebagainya.. Nah kalau udah, nanti dia juga bakalan ngirim nama dan alamatnya, tentu saja ini alamat palsu dan nama palsu. Bahkan sampai kadang ada yang ngirim foto KTP, lagi-lagi ini juga KTP palsu yang entah mereka dapat dari mana...

Dia juga bakalan minta nomor rekening kita, dan secepat kilat dia akan mengirim bukti transfer entah lewat SOBATKU, E-MONEY MANDIRI atau lewat ATM langsung. Lagi-lagi ini editan dan jangan dipercaya.. Jadi nanti dia bakalan pura-pura transfer ke rekening kita dengan menggunakan e-money bank mandiri. dan kode OTPnya dia yang pegang, jadi nanti kita disuruh cari mesin ATM terdekat buat mencairkan uang tersebut dengan memasukan kode OTP yang dia kasih.

YANG MENJADI PERTANYAAN !! "Ada ya orang nggak kenal sama sekali tapi udah maen transfer gitu aja, jangankan barang yang harganya jutaan, yang harganya puluhan ribu aja mungkin kita ogah.. Ini darimana coba ??

Kalian nggak percaya ?? Silahkan saja buka youtube dengan kata kunci "PENIPUAN E-CASH BANK MANDIRI" maaf saya nggak ada videonya.. Heeee...

Jadi nanti dia itu nelfon kita dan nyuruh kita pergi ke mesin ATM terdekat nanti dipandu untuk pengambilan uangnya, nah sampai sini udah GAWAT DARURAT. !! udah saran gue jangan ladenin, itu kalau ATM loe isinya duit banyak, bisa ludes dalam hitungan MENIT !! BAHAYA Banget !!

Terus gimana kalau diancam inilah itulah, dilaporkan ke orang tua lah ( emang murid SD ). Biarin.. itu cuma ancaman doang, atau istilahnya ngegass... atau kirimin video tausiah juga kalau perlu, biar insaf tobat dan taat. Aamiin...

Terus gimana kalau udah kelanjur ?? nah kalau udah kelanjur ya susah sih.. soalnya duit kita udah dipegang sama dia, ada 2 jalan. yang pertama berdo'a aja. do'a terkena musibah. karena kita nggak bisa berakad dengan makhluk karena dia dzolim yaudah kita berakadnya dengan Allah saja.. kalau mau lapor ke polisi bisa sih tapi saran harus cepet dan hari itu juga, biar bisa dilacak jejaknya dan uangnya masih belum ditarik sehingga pihak berwajib bisa memblock nomor rekening dia.
Nah parah banget kan ya.. nggak punya ati sekali, bayangin kalau yang jual tuh orang butuh duit. bener-bener butuh misalnya, ( yaa.. sebenarnya kita semua butuh sih ) maksudnya lebih butuh sekali, misal untuk berobat atau bayar sekolah anak, Ehh malah ditipu gitu.. apa yang nipu itu ngga berfikir seperti ini ya "kalau gue diginiin gimana perasaan gue."

Namun apalah daya, yaa semoga orang-orang seperti ini diberikan hidayah oleh Allah sehingga ia bisa kembali ke jalan yang benar dan mencari rizki yang baik dan halal.

Oke, jadi ini mas Eksa tumben nggak ngeshare tentang traveling? Iyaa kemarin sih gue ngepost alasan kenapa semangat traveling down.. dan sekarang masih. Hehehe.. Yaa kalau jepret sih okelah masih sering, cuma jepret barang dagangan doang..

Jualan apa sih mas Eksa ini? Ya jualan kecil kecilan sih, sama jual beli kamera bekas. Yaa.. namanya juga hobby jadi nggak bisa lepas dari kamera. Hahaha..

Karena banyak kasus penipuan yang marak terjadi belakangan ini makanya gue bikin postingan tentang mewaspadai gerak gerik penipuan supaya nggak memakan korban lebih banyak lagi, nah makanya buat kalian yang abis baca postingan ini alangkah baiknya kalian share postingan ini supaya temen-temen kalian pada tau, dan orang-orang awam nggak jadi bahan sasaran para mereka..

3 comments:

  1. Ni pengalaman temen..
    Dia beli barang via IG.. Sellernya ngasih harga murah kebangetan, sampe 50% harga pasaran.. Black Market katanya..

    Akhirnya ketipu dah.. Udah lama dilaporin polisi sama bank yang buat nransfer..
    Sampai sekarang akun IG nya masih aktif tipu".. hadehh

    ReplyDelete
  2. Makin kesini hidup kan makin mudah ya, teknologi dan informasi berkembang sedemikian rupa. Sayangnya gak semua manusia bisa beriringan berkembang kebijaksanaan dan pinternya menggunakan dua hal tersebut.

    Makin pinter cari celah supaya untung dengan cara cepat dan ga bener iya.

    ReplyDelete
  3. Sangat bermanfaat sekali informasinya, ijin share ya :)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.