Melatih Ilmu Grapyak Saat Traveling

Grapyak? what is that? ada yang sudah pernah dengar kata tersebut? Hahahaha.. jarang pastinya kan ya, mungkin kalau temen-temen orang Jawa pastilah tau arti kata grapyak tersebut. Ya.. Grapyak kalau diartikan dalam bahasa Indonesia #MenurutSaya artinya kurang lebih adalah ramah.



Dulu waktu kecil saya sering banget dibilangin sama mbah, mbok jadi orang tu yang grapyak. Maksudnya adalah kalau ketemu orang dijalan, entah itu siapa saja disuruh nyapa. Waktu itu saya sering banget ngikut mbah ke sawah, ya main main nggak jelas gitu atau cuma sekedar disuruh nganter mbah ke sawah naik sepeda motor, nah pas ketemu orang pasti mbahku ini selalu bilang. "Tuh ada pak *** sapa!" saya cuma senyum, selebihnya mbah yang nyapa, setelah itu baru mbah ngasih komen. "Kok diem aja?" enggak kok mbah tadi udah senyum. "ya harus bilang, biasain kalau ketemu orang tuh tanya atau nyapa, jadi orang tuh harus grapyak."



Dan mungkin ini alasan kenapa orang pedesaan tuh orangnya ramah-ramah dan friendly banget.





Seiring berjalanya waktu ilmu grapyak mulai perlahan saya terapkan dikehidupan sosial, karena semakin dewasa saya merasa komunikasi itu perlu banget. Dan pastinya sangat bermanfaat.



Ketika traveling saya nggak begitu ngeh ilmu grapyak, dalam benakku yang penting saya dapat merasakan liburan ples dapat foto yang bagus #MenurutSaya. Tapi ternyata perlahan lahan saya mulai sadar bahwasanya dilain sisi saya kok menjadi lebih aktif dalam bertanya kepada orang lain ya, apalagi ditambah saya seorang blogger. Nggak mungkin juga ketika saya traveling terus saya publish di blog pengamalan traveling saya tanpa memberikan informasi terperinci mengenai objek wisata yang saya kunjungi.



Misalnya sejarah tempat wisata ini bagaimana? mulai dikembangkan menjadi tempat wisata ini dari sejak kapan? dan lain sebagainya.



Point atau orang pertama yang saya tanyain biasanya adalah tukang parkir, biasanya sekedar basa-basi. "Mas, kok agak sepi ya?" Iyalah mas orang belum buka tempat wisatanya. Wkwkwk.. enggak enggak bercanda. Jawabanya pasti kalau hari minggu rame mas. Iyalah mas orang hari libur. #PLaaakkk.. secara saya lebih sering traveling di hari sabtu ketimbang ahad. Kenapa? karena sabtu buat traveling sepuasnya kemudian ahadnya buat istirahat ( ngecharge energi ) buat kerja besok seninya.



Terus bisa juga pas papasan sama warga setempat. Kan sering tuh kita pas otewe ke tempat wisata yang mengharuskan kita jalan kaki terlebih dahulu. Kita pasti sering papasan bertemu dengan warga setempat yang mungkin sedang berkebun, mau ke ladang, ngambil air, dan lain sebagainya. Saya biasanya melempar senyum kepada mereka atau sekedar nyapa. Ya kalau mereka sedang nggak sibuk biasanya ngobrol ngobrol sebentarlah...



Tapi emang sih, bener.. biasanya warga disekitar tempat wisata itu orangnya ramah-ramah.



Terus kalau ndelalah saya lupa bawa bekal biasanya saya juga suka nongkrong di warung, misi saya masih sama. Yakni menggali informasi mengenai tempat wisata yang saya kunjungi. Kalau diwarung kan suasananya agak nyante ya... biasanya pas ngobrol gitu sayanya sering kebablasan alias pembicaraanya sampai kemana-mana, dan memang ini yang saya suka, mencairkan suasana. Apalagi bisa sampai bercanda tawa gitu. Hahahaha...







Yang terakhir adalah bertemu dengan sesama travelers. Ini juga yang nggak kalah seru, apalagi kalau ketemunya sama orang luar kota. wah jadi bisa bertukar informasi mengenai objek wisata, dan produk unggulan kota masing-masing. Biasanya saya ikutan nggabung aja, atau minta tolong suruh potoin kemudian ngobrol basa basi.. terus kemudian ngexplore tempat wisata sama-sama. Kan jadi seru dan berkesan.. Hehehe.. Untuk masalah yang ini saya nggak pilih-pilih ya, mau cewek atau cowok tetep friendlylah, kalau cuma sama cewek doang kan modus jadinya. Hahahaha.. Tapi ya nggak papa juga sih #Plaaakk!!! Kayak beberapa tahun yang lalu pas saya sama Latif main ke air terjun Seloprojo disana kami bertemu sama temen-temen Magelang. Yaitu mbak Uma, mbak Novi, mbak Astri, dan mbak Okte. Awalnya saya disuruh motoin dulu, setelah itu ngobrol singkat basa basi.. akhirnya saya sama Latif memutuskan buat gabung. Jadi seru kan travelingnya. Alhamdulillah sampai sekarang saya dan mbak mbak tadi masih sering kontek di instagram. Walaupun kemungkinan buat bertemu lagi sangatlah minim, tapi tetep akrab dan rasanya tuh udah temenan lamaaa...







Terus kalau di Temanggung ada mas Ryan, markasnya ada di embung Kledung. Waktu itu saya lagi main ke embung Kledung, karena kepagian posnya belum buka. Akhirnya saya memutuskan untuk langsung masuk dan jeprat jepret sana sini tanpa pikir panjang. Nggak beberapa lama dari kejauhan saya lihat ada seorang pemuda datang dari semak semak perkebunan sambil bawa motor, yaaa kayak kesatria baja hitam gitulah.. Hehehehe.. Setelah ngobrol sebentar mas Ryan tadi minta file jepretan saya kalau udah puas main disini. Nantinya filenya mau dibuat stiker untuk promosi. Saya mah nggak masalah. Alhamdulillah sampai sekarang mas Ryan masih ingat saya dan katanya kalau main ke embung Kledung main aja nggak usah sungkan. HAhahaha. Faktanya sampai sekarang masih belum mampir lagi :D



Dan... tentu saja banyak kisah dan cerita lain yang mungkin nggak bisa saya tulis semua disini. Hehehehe.. Emang ya... bener banget kata mbah.. ilmu grapyak ini memang sangat bermanfaat kalau kita terapkan dalam kehidupan kita sehari hari.



Nah mungkin buat temen-temen yang seneng mendaki pengalamanya lebih dari saya pasti kan ya. Soalnya sering denger dari temen-temen kalau ndaki tuh paling gampang nyari temen. Intinya ya itu tadi.. grapyak...



Karena ini judulnya melatih ilmu grapyak saat traveling buat temen-temen yang #mungkin jarang traveling nggak usah berkecil hati. Kenapa? karena traveling ini adalah salah satu cara 'saya' melatih ilmu grapyak. Selebihnya kita bisa melatihnya ke tetangga, ke temen lama yang mungkin udah nggak kontek kontek'an, ke temen baru, misal kita mau nglamar dia kerja, atau pas antri servis kendaraan. Dan masih banyak lagi contohnya. Jadi tetep be your self.. jangan pesimis..

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama