Header Ads

Cara Mudah Bikin Video Time Lapse

Time lapse, yah salah satu tekhnik atau trik yang sering kita jumpai dalam hal fotografi ataupun videografi. Mungkin ini tekhnik udah lama banget ya, cuma karena sayanya aja yang kudet jadi menganggap ini adalah waw.. Oke oke saya kira membuat video time lapse ini caranya mudah banget, dengan polosnya saya berfikir, yakni tinggal rekam aja terus nanti pas proses editing tinggal tambahin lagi speednya, dan ternyata ehh ternyata saya BENAR, Benar benar salah.. benar benar ngawur, dan benar benar ngasal #NepukJidat. Yahh namanya juga belajar kan ya.. Heee.. apalagi otodidak. Yang namanya belajar pasti ada salah-salahnya, nggak seru euy kalau langsung bisa, kita belajar sepeda aja jatuh berkali kali masih semangat buat ngegenjot pedal sampai bisa, bahkan sampai kecebur got aja masih strong ya... Hehehe..

Nah setelah saya browsing-browsing di dunia maya Alhamdulillah saya menemukan caranya, Mas Eksa... lain kali kalau mau buat video time lapse jangan divideo lagi ya... #CumaBatin. Caranya adalah dengan ngejebret berkali kali, semakin banyak foto yang kita ambil semakin panjang pula durasi video time lapse yang akan kita buat.Nah, buat yang udah pro saya mohon jangan diketertawakan ya.. Heee...

Oke caranya udah ketemu, yang kedua saya searching lagi yaitu aplikasinya. Sebenarnya banyak sih, cuma karena saya carinya yang geratisan saya pun mencoba memakai software yang bernama "Time Lapse Tool" kalian bisa coba nyari di google, karena saya tidak menyediakan link download disini.

Aplikasi ini gunanya buat ngegabungin foto-foto yang kita jebret tadi dalam bentuk 1 file, yaitu dalam 1 buah video. Langsung saja ya.. berikut adalah tutorialnya... Wait, ini bukan bermaksut saya ngajarin atau ngerasa udah pro ya.. cuma sekedar sharing-sharing aja..

1. Disini saya anggap kalian udah punya banyak foto dalam satu angle. Oke.. yang pertama silahkan kalian buka aplikasi Time Lapse Tool.

2. Silahkan kalian klik New.
3. Cari dimana kita meletakkan lokasi file foto yang sudah kita jebret tadi, kalau sudah secara otomatis akan muncul kotak frames atau interval di bagian squences. Nah,silahkan klik pada kotak tersebut terus klik Import As Squence.

4. Disini kita bisa setting kecepatan videonya, tinggal gosar geser aja paramater Slow & Fastnya, kalau misalkan butuh diedit brightness and contrassnya atau mau ngasih filter kita bisa utak atik pada bagian Effects.

5. Kalau sudah klik tombol Export gede disebelah tombol Play, maka kita akan diarahkan menuju ke halaman baru seperti gambar diatas, nah disini kita bisa atur ouput formatnya.. Kalau saran saya sih mending default aja, nggak perlu diubah soalnya kualitasnya sudah cukup OK, kalau mau diubah ke output yang lebih bagus lagi kita musti bayar, alias upgrade aplikasi ini dulu. Soalnya yang kita pake ini adalah aplikasi gratisan jadi ya maklum aja kalau fiturnya terbatas.

Saya pribadi demen pakai aplikasi ini memang karena mudah banget dalam penggunaan, hasilnya pun cukup halus dan memuaskan. Meskipun versi gratisan yang saya suka adalah nggak ada batasan waktu experiednya, biasanya kalau kita pakai aplikasi yang gratis kan kadang ada batasan waktunya yah? Ohh iya.. ini dibawah ada sample dari ane beberapa hasil timelapse yang sudah saya buat, entar dikira hoax lagi nggak dikasih sample. Hahaha..

Eittsss,, maaf ya kalau hasilnya apa adanya, soalnya juga baru belajar. hheehee..

Nah gimana sob mudah banget kan ya.. untuk masalah pengambilan gambar disini tidak terbatas ya, alias kita mau pakai kamera apa aja bisa, asalkan angel foto dan kameranya nggak goyang-goyang, saran sih mending pakai Gorillapod atau Tripod biar tahan banting goncangan.

Cara saya membuat video time lapse, sebelum proses editing.
Kalau misalkan pakai handphone di playstore sih banyak aplikasi pembuat video timelapse, dan beberapa ada yang sudah pernah saya coba. Dan... saya enggak mudeng pakainya, makanya saya pakai manual aja. Hehehe.. pakai aplikasi kamera bawaan handphone atau yang punya kamera digital juga bisa, terus pasang ke tripod biar nggak goyang. Terus saya juga pakai remote shutter, untuk handphone ada terus yang buat DSLR juga ada, gunanya buat menstabilkan posisi. Biar nggak kesentuh sama sekali. Nah, kalau udah biasanya saya bawa hp lagi terus buka aplikasi stopwatch, gunanya buat melihat tolak ukur waktu kita ambil jebretan. Kalau saya mah tergantung.. kadang 10 detik sekali kadang juga 20 detik sekali. Ini bebas ya.. kalian mau pakai berapa detik. Kalau sudah tinggal kumpulin aja jebretanya sampai banyak. Hehehehe..

Ohh iya tambahan, sebelum kita hunting pasti'in memory kita dalam keadaan bebas ruang yang banyak ya, syukur-syukur sudah kosong. Secara kita ngumpulin banyak gambar, pastinya butuh ruang penyimpanan yang besar. Apalagi yang hasil jebretanya sampai puluhan MB pasti lebih cepet lagi ntar kepangkasnya...

37 comments:

  1. Intervalnya lama juga, 10 detik..
    Trs biasanya berapa lama ambilnya ..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung sih mas, paling ya sekitar 10 - 20 detik, belum bereksperimen lebih dalam lagi kok mas. Hehehe

      Delete
  2. Wah thanks infonya, saya juga belum tahu caranya buat vidio time lapse.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dicoba mbak Anis.. bereksperimen sesuai selera. Hehehe

      Delete
  3. Saya masih gaptek soal bikin video. Paling pake Windows Movie, bawaan pc 💻...

    Soal Time Lapse pun, saya masih awam banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sama dong mang saya juga enggak begitu jago dalam hal video ini sih, cuma kadang rasa penasaran yang terlalu tinggi jadi membuat mood booster untuk bereksperimen. Hehehe

      Delete
  4. awalah, ada software time lapse to? manteb ...

    ReplyDelete
  5. Aku juga belum pernah nyobain bikin video time lapse.
    Di artikelku aku coba pakai aplikasi videoshow lite .. speednya kupelanin.

    Ide kamu bagus juga jepret gambar dalam jumlah banyak lalu disatuin divideo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ternyata pakai video juga bisa to mas? apa mungkin waktu itu saya salah pakai aplikasi editingnya ya.. Hehehe.. Hmm, mungkin bisa tak coba tuh pakai aplikasi videoshow lite.
      ..
      Yaaa.. sebenere bukan ide saya sih mas, wong saya googling dulu tutorialnya. Hehehe

      Delete
  6. nggak ada Video Time Lapse untuk demonya Mas...

    Ok cara ini cocok buat dokumen foto foto prawedding Mas, jadi sekali klik foto akan tampil dengan efek slide

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada mas, udah saya kasih itu dibawah.. via instagram mas. Heee...
      .
      Wah kalau pre wed saya kurang setuju mas, after wed aja biar seruuu.. Hehehe..

      Delete
    2. hehehehe segera bikin after wednya

      Delete
  7. Belum pernah buat vidio ini, tapi sebenarnya klo traveling juga cocok bangat klo jago edit vidio

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, mantep hasilnya, cuma butuh kesabaran aja, ples kameranya jaminan jangan sampe goyang dumang :D

      Delete
    2. jgn goyang ini yg kudu sabar nih

      Delete
  8. setelah beberapa kali baca baru mudeng kaya apa hasilnya dan maksdunya.. maklum saya kudet pisan. tapi bagus jyga hasinya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha,, sama atuh mas, saya juga nggak begitu.. cuma kalau ada rasa penasaran musti digali biar ploongg :D

      Delete
    2. logatnya jangan kesunda sundaan , kito kito ini orang jawa tengah iya toh...

      Delete
    3. Ohh inggih mas, beta tak sadar kalo beta nulis pake basa sunda yaa :D

      Delete
  9. size videonya bakalan bengkak gak mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau penyimpananya dibuat default sih standar mas.. ya kecuali kalau durasinya panjang bakalan bengkak..

      Delete
  10. Baru tau gua ada tekniknya dan caranya, gua kira asal-asalan aja,terus di edit gitu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau asal jangan usul kalau usul nggak boleh asal #Ehh.. Hahaha.. pasti ada lah bang :D

      Delete
  11. Trimakasih mas Eksa atas tipsnya, perlu dicoba nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah silahkan mas Aris, silahkan ber-experimen :)

      Delete
  12. Saya biasanya kalo bikin timelapse pakai settingan di kamera, atau kalau pakai hp biasa pakai aplikasi. Btw izin nyimak, artikelnya informatif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren mas, bisa dong dishare tutornya biar bisa saling berbagi ilmu. Hehehe

      Delete
  13. Sip buanget ini caranya. Thanks mas. Kapan2 aku praktekin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.. iya mbak Aida silahkan dicoba dan selamat ber-experimen, :)

      Delete
  14. saya baru tahu kalau ada aplikasi edit gambar jadi video seperti ini mas, selama ini kan hanya bisa sekedar slide2 dengan efek-efek minimal, kalau ini hasilnya bisa membuat gambar jadi lebih hidup... keren :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Ana, sekarang mah orang makin kreatif pisan euy,, ada aja hal-hal baru, ya.. mungkin bukan baru sih, cuma karena saya baru tau ( kudet ) makanya terkesan baru. Wkwkw

      Delete
  15. Sekarang ada lagi yang baru mas. Tingkatan sedikit lebih sabar dari Timelapse yaitu Hyperlapse. Caranya hampir sama cuman yang bedain ya itu tingkat kesabarannya aja. Btw, videonya keren mas. Saya juga biasa buat timelapse cuman gak lama paling 3 detik doang, soalnya hape saya kurang gede memorinya.

    ReplyDelete
  16. Hasilnya keren juga Ya...
    Harus dicoba langsung nich...

    ReplyDelete
  17. musti bawa tripod, diguncang sedikit gesernya banyak.. :))

    ReplyDelete
  18. ah apalah aku yang masih gaptek
    tapi klo buat di city tour juga asyik ini
    klo mau liat pergerakan kendaraan...
    ah jadi pengen nyoba

    ReplyDelete
  19. Weh jadi pengin nyoba nih.. Buat ngisi waktu liburan.. Hhh
    Podo mas, kl app di store kayaknya ribet banget. Ra mudeng juga aku😂

    ReplyDelete

Powered by Blogger.