6 Hal Yang Musti Kamu Perhatikan Saat Mau Pakai Filter ND ( Neutural Destiny )

Bagi para pecinta photography tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya gear ya sob? nah gear pada kamera sendiri juga menyangkut filter. Emang sih yang namanya filter tuh dimana mana kok kayaknya ada ya.. nggak di kendaraan, nggak di AC, nggak di aquarium, dan termasuk pada kamera digital. Nah, filter ini biasanya dijual terpisah sama kamera pas elo beli 1 set kamera sob, kecuali kalau toko yang elo beli ngasih bonus.

Neutural Destiny Filter
Disini saya akan ngebahas soal filter ND. Apa itu filter ND ( Neutural Destiny )? filter ini berguna buat ngurangin stop pada kamera atau mengurangi efek cahaya yang masuk ke lensa kamera. Sob, kalau kita perhatikan di siang bolong kita maen ke pantai dan menginginkan jepretan dengan exposure lambat mungkinkah? enggak kan, pasti..

Maka dari itu filter ND berguna buat kalian yang pengen belajar long exposure photography.. Dan pastikan ketika kalian mau ngebeli nih filter kalian sesuaikan dengan kebutuhan. Soalnya di pasaran tingkat stop filter ND sendiri berbeda beda sob..

Nah dibawah ini gue bakalan ngasih beberapa hal bagi elo yang mau nyobain filter ND sob, dan ini bukan termasuk hal wajib atau paksaan ya sob..

1. Kamu bakalan ngedapetin hasil jepretan yang nggak lumrah
Diatas tadi sudah saya singgung masalah ini ya sob, yaitu kalau pas disiang hari elo mau ngejepret dengan long exposure sudah dipastikan enggak bisa, makanya elo wajib pake' nih filter buat ngedapetin hasil jepretan yang enggak lumrah alias pas elo publish ke sosial media pasti yang ngelihat bakalan asing.Wait! kalau di mata photograhper proffesional tentu udah hal yang biasa kayak gini mah.

2. Belajar melatih kesabaran
Kok bisa? tentu saja sob, dengan menggunakan log exposure yang agak lama disitu kesabaran kita dilatih, bayangin pas elo ngejepret dengan time 10 second dan rupa rupanya masih belum pas komposisinya dan elo musti tambahin menjadi 20/ 30 second, sudah pasti waktumu akan terbuang disitu, belum lagi gonta ganti spot foto. Tapi dibalik kesabaran yang kamu jalani kamu bakalan ngerasa puas banget pas ngedapetin hasil jepretan yang bagus sob..

3. Kalau beli filter ND yang versi square kamu juga harus beli holdernya
Kalau misalkan filter ND yang kamu suka adalah versi square ( kotak ) maka kamu wajib beli ring + holdernya sob, buat nempelin filter didepan lensa kamera. Tapi kalau saya pribadi hanya pakai ring yang dulu pernah saya beli 1 set filter, terus buat nempelin filternya di depan kamera cuma pake paper clip sob, hasilnya toh sama saja. Hehehe #IritModeOn.

4. Makin mahal makin bagus kualitasnya
Sudah bukan hal asing lagi hal yang kayak gini ya sob, filter ND yang bagus adalah yang menggunakan bahan Glass. Kalau dipasaran yang paling sering digunakan sama photographer adalah filter ND bermerk Haida atau H&Y.

5. Mulai sekarang musti bawa Tripod atau Gorillapod kalau hunting
Nikon Dan Filter ND
 Jika kamu enggak suka bawa tripod dengan alasan kesulitan atau enggak nyaman bawanya mulai sekarang kamu musti biasain deh sob, soalnya memotret dengan exposure yang cukup lama sudah pasti tidak memungkinkan kita memegangnya dengan tangan kosong. Jangankan 10 second, 2 second saja gambarnya sudah nggak karuan. Maka dari itu tripod adalah senjata utama yang wajib ada didalam tas kamu.

6. Selain Tripod mungkin kamu butuh cable realese atau remote realese
Cable realese adalah kabel yang digunakan untuk mengganti tombol shutter pada kamera sob, cuma kekurangan kabel realese ini adalah jaraknya enggak bisa jauh-jauh dari kamera sob. Sedangkan kalau remote realese ini jauh lebih bagus karena selain jaraknya yang bisa lumayan jauh kita emang bener-bener enggak nyentuh kamera jadi kemungkinan kamera goyang sangat sangatlah minim #KecualiKenaAngin atau kesenggol temen kamu. Kalau misal kamu males beli 2 benda ini kamu bisa memanfaatkan timer pada kamera sob, jadi 2 benda ini enggak seharus tripod.

So.. gimana sob? setelah ngebaca serba serbi tentang filter ND ini sob? penasarankah? pengen nyobakah? serius.. pastikan kalau beli disesuaikan dengan kebutuhan kamerakamu ya sob biar enggak salah acara.

9 comments:

  1. Wah, yang kayak beginian belum masuk dalm jangkauan angan impian......alias belum kepikiran. Keren bang! Jempol empat deh. Saya nih masih pakai teknik-teknik tradisional+konvensional. Tapi udah ada beberapa artikel di blog ini yang saya tandain, maksudnya ntar kalau sudah lowong, mau dicobain heheheh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ngangkat jempol 4 e gimana kui Nid. Wkwkwk..
      .
      Saya juga masih belajar kok Nid masih banyak kesalahan dan kekurangan :D ..
      . Whahaha Alhamdulillah kalau ada yang bermanfaat..

      Delete
  2. Nyerah deh kalo foto pake DSLR, hahaha.
    Orang saya aja kalo foto pake DSLR atau Mirrorless gak tau utak atik, kalo foto pake yang auto, wkwkwk :))
    Makanya lebih suka foto pake kamera Hp aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih mas. Saya kadang juga males ngeluarin kamera, motretnya pake hp aja. Hahaha

      Delete
  3. Bagus nih tipsnya :D Berhubung udah jarang piknik buat hunting, jadinya sekarang pakai kamera HP dulu aja buat motret seadanya hehehe

    ReplyDelete
  4. Mas eksapediaaaaa tolong potoin aku tolong. Pantes aja foto2mu kece badai, lah wong udah profesional, hhh

    ReplyDelete
  5. Ya Allah aku termangut-mangut takjub. Ilmu photografi-ku masih seputar HP aja mas, hehe. Tapi aku jadi tau ada filter gitu pas mampir ke blog kece ini. Thanks ilmunya ya

    ReplyDelete
  6. Neutural Destiny....emboh apa itu juddulnya susah dikatakan ya,,,,

    intinya untuk hasil poto yang bagus, harus didukung dengan kamera yang bagus juga

    ReplyDelete
  7. Aku sendiri harus banyak pelahar nih untuk bisa foto..he
    Btw, bener sih tripot memang baiknya dibawa kalau travelling, kepake atau nggak, pasti bakal menolong disaat dibutuhkan :)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.