Hal-Hal Ini Penting Kamu Perhatikan Sebelum Liburan ke Tiongkok

Hal-Hal Ini Penting Kamu Perhatikan Sebelum Liburan ke Tiongkok
sumber:wikipedia.org
Jalan-jalan ke Tembok China yang membentang panjang, atau wisata di danau yang cantik  Tiongkok memang menarik. Nggak heran kalau ada banyak wisatawan yang datang ke sana setiap tahunnya, karena memang ada banyak hal menarik dari negeri ini untuk dijelajahi.

Terlebih setelah ada banyak promo dari China Airlines ke berbagai tujuan di Tiongkok, makin menarik pula Negara ini untuk didatangi.

Tapi, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum liburan ke Tiongkok. Nampak sederhana, tapi beberapa tips berikut ini dijamin berguna banget selama liburan di sana.

Tentukan Kawasan Mana Yang Ingin Dikunjungi
Tiongkok itu besar sekali lho! Luasnya hampir sama dengan Benua Eropa dan Amerika yang terdiri dari berbagai provinsi. Berbeda kota, beda pula pemandangan dan pengalaman liburan yang diberikan. Karena itu, coba kulik info dulu tentang kota-kota yang ada di Tiongkok dan berapa tiket China Airlines menuju ke sana. Kalau bisa dapat kota cantik dan dengan harga tiket murah, pasti bikin bahagia kan?

Jangan Pergi Waktu Libur Nasional
sumber:businessinsider.com
Kamu nggak akan tenang liburan di sana ketika musim Libur Nasional tiba. Pada momen ini, tempat wisata sebesar Tembok China sekalipun akan penuh sesak dengan manusia, tidak hanya turis asing tapi juga turis lokal. Kamu pasti nggak kepengen datang ke sana tapi cuma dapat pemandangan kepala manusia bukan?

Tidak hanya di Tembok China, pemandangan yang sama juga akan kamu temukan di tempat wisata lain kalau datang ke Tiongkok pada musim liburan tiba. Ingat, penduduk Tiongkok adalah salah satu yang paling padat di dunia, dan sebagian dari mereka pasti ingin liburan juga di momen ini.

Sediakan Uang Cash
Terutama untuk naik kendaraan umum, karena mereka tidak menyediakan kembalian. Jadi, pastikan kamu cek dulu harga transportasi sekali jalan di sana dan siapkan uangnya dengan pas.

sumber:metrotvnews.com
Uang cash juga penting buat makan dan membeli barang di Tiongkok. Karena tidak semua toko dan resto menyediakan mesin EDC buat kartu kredit. Selain itu, kamu juga harus hati-hati kala menerima kembalian, karena ada beberapa pedagang yang curang dengan memberikan kembalian berupa uang palsu.

Baca Juga : Keren! Jembatan Sigandul Di Temanggung Ini Mendadak Naik Daun

Sedia Lauk Ala Indonesia
Tiongkok memang surganya makanan, tapi nggak buat kamu yang suka dengan masakan berbumbu pedas atau umat Muslim. Sebagian besar makanan di Tiongkok bukanah makanan Halal, jadi sebaiknya sedia lauk seperti abon, rending atau mie goreng.

Untuk makan, bisa diatasi dengan menggunakan aplikasi yang berbagi informasi tentang makanan dan restoran halal di Tiongkok. Selain itu, makanan di Tiongkok juga jarang yang memiliki rasa pedas. Jadi sebaiknya kamu bawa bumbu cabe kering sendiri dari Indonesia buat menambah selera.

sumber:ummi-online.com
Bawa Tissue
Baik tissue basah maupun tissue kering, dua-duanya sama pentingnya kalau kamu liburan ke Tiongkok. Terutama buat ke toilet, yang bagi masyarakat setempat pun dinilai jorok. Hanya sedikit toilet yang menyediakan tissue, dan tak sedikit toilet umum yang amat kotor.

Agar aman, pilih toilet di resto atau di hotel saja. Selain bersih, kamu juga terhindar dari pemandangan tak mengenakkan di dalam toilet umum Tiongkok yang sebagian jorok.

Kuasai Bahasa Lokal
Meski tidak sangat fasih, menguasai bahasa lokal adalah satu hal penting kalau kamu liburan ke Tiongkok. Terutama jika melakukan perjalanan tanpa guide.
Meski bahasa Inggris juga bisa dipergunakan dan sebagian besar masyarakatnya menguasai bahasa ini. Namun ada baiknya untuk mengetahui bahasa percakapan dasar dari daerah tempat kamu liburan. Pasti bakal bantu banget buat komunikasi dengan warga lokal.

3 comments:

  1. Jadi inget kemaren ke Thailand bawa Royco (ngapain coba wkwkw). Tapi emang kalo mau hemat dan terjamin kehalalannya, mending bawa makanan simpel lah dari Indonesia.

    Ohya, kalau menurut saya lagi, baiknya sebelum berangkat nyari kenalan dulu. Biar bisa dikasih tau mana destinasi yang menarik, sekalian jadi tour guide.

    ReplyDelete
  2. aku klo ke Tiongkok malah pengen ke Tibet (Lhasa) ato sekalian ke inner Mongolia
    belajar bahasa penting sih tapi pas sma aku payah banget sama mandarin huhu

    ReplyDelete
  3. wah liatnya aja gerah mas wekeke... smeoga aman mas di sana...

    ReplyDelete

Powered by Blogger.