Macro Challange : Hunting Foto Macro Dengan Menggunakan Lensbong

Hari ini saya bingung nih mau ngapain, mau kemana, dan kalau nggak ngapa ngapain malah jadi lebih bingung. Karena hari ini adalah hari minggu tak pikir meh ke tempat wisata yang deket-deket aja. Kan banyak mah disekitar tempat tinggalku objek wisata baru yang belum sempat saya explore.

Tapi apa daya mood nggak mendukung buat jalan-jalan. Akhirnya saya memutuskan buat hunting aja, belajar macro photo. Emang sih ini beda banget sama kalau kita motret landscape tapi nggak papa sih ada serunya juga. Cieeee.. Yang punya lensa baru? Ohh maaf enggak sob, lensbong yang kemarin saya bahas ini bukan barang yang barusan saya beli, udah lama. Sekitar bulan Ramadhan kemarin. Cuma baru saya review hari ini. Soalnya kemarin-kemarin masih belum sempat. Hehehe..

Hunting Foto Macro Dengan Lensbong | Eksapedia

Nah sob belajar macro photo itu ada asyiknya hloh. Butuh ketelitian dan konsentrasi tingkat tinggi. Apalagi yang mau kita jepret adalah serangga. Kita harus super hati-hati dalam mendekati objek. Kaget sedikit saja tuh serangga langsung kabuurrr.. Jangankan yang punya sayap yang nggak punya sayap aja dideketin langsung kabur. Wkwkwk..

Jadi mainin lensbong ini selain memaju mundurkan lensa ke objek tekhnik zooming juga diperlukan, tapi seperlunya aja. Kalau berlebihan makin pecah gambar yang dihasilkan. Terus kalau smartphone kalian udah ada fitur manual mode juga bisa dimanfaatkan untuk menusuk fokus lebih dalam. Weeew..

Asyiknya hunting foto macro ini adalah budgetnya yang mumer (murah meriah) tinggal cari kebon, sawah, lapangan, atau pekarangan rumah. Nggak perlu perencanaan. Ya kecuali loe mau jepret foto serangga langka di pedalaman hutan Kalimantan atau Amazon itu baru terkecuali.

Meskipun mumer saya nggak ke kebon deket rumah tapi hari ini saya go to Limbangan, salah satu kecamatan di kabupaten Kendal yang berbatasan dengan kabupaten Semarang. Dari rumah paling sekitar 1 jamlah kurang lebih. Kenapa ke Limbangan, nggak ke yang lain. Kan secara kabupaten Kendal punya banyak area persawahan ya? Jawabanya adalah karena Limbangan ini kecamatan di lereng gunung Ungaran. Dan kalau ngebahas soal gunung ya pasti sejuk dan segarlah. Cocok buat terapi paru-paru. Bener nggak sih?

Well dapat apa aja saya disana.. Yuk kita lihat sama-sama.

Spesies Laba-Laba Pinggir Sungai

Ini bentuknya unik bener laba-labanya, bahkan baru kali ini saya ngelihat. Alhamdulillah bentuknya kecil, coba kalau besar mungkin saya langsung kabur. Hehe..

Hasil Jepretan Pake Lensbong | Belalang Warna Warni

Terus ada belalang colorfull #NgarangNama. Kenapa tak sebut demikian? Ya kenapa lagi kalau bukan tubuhnya yang warna warni. Heehhe.. Bikin gemes deh bokehnya.

Bunga Yang Indah

Ini bunga bentuknya kecil tapi lumayan sih kalau di deketin pake lensbong jadi agak mendingan. Dan bunga ini rasa-rasanya banyak kita jumpai ya? ada yang bisa kasih tau apa namanya?

macro Challange

Kalau yang ini saya nggak tau mau nyebutnya lalat atau bukan, mirip sih, cuma ukuranya jauuhh lebih kecil. Agak kerepotan juga sih nyari titik fokus dan jepretnya, soalnya bentuknya yang terlalu kecil. Mungkin butuh tripod.

Kumbang Merah

Dan.. Yang terkahir ini saya juga enggak tau apa namanya, kayak bapak pucung tapi bentuknya lebih gahar dan galak. Arrrggghh....

Ternyata banyak ya serangga-serangga disekitar yang belum kita kenal, bahkan baru pertama kali saya lihat. Kayak laba-laba dan yang mirip bapak pucung itu. Ini kan saya huntingnya di pinggir sungai sebenarnya sempet lihat beberapa capung yang sliwar sliwer kesana kemari cuma kalau mau motret capung belum level saya mah. Baru mau dideketin udah kabur duluan apalagi dideketin. Wkwkw.

Seperti yang saya bilang tadi sob. Motret serangga itu asyik tapi kudu sabar karena nanti banyak delimanya. Bayangin aja kita lihat capung yang indah. Warnanya nge-jreng ehh pas mau dipotret ia kabur dan ngilang. Nggak tau apa mau diexpose di media. Wkwkw. Tapi emang gitu sih resikonya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama