Cara Membuat Efek Foto HDR Lewat Photoshop

Hallo sobat.. kabar apa kabar apa? baik ya.. oke, pada pertemuan kali ini saya akan ngebahas mengenai editing. Jane ini juga bukan rahasia lagi sih tapi no problem ya sekali kali ngeshare hal editing gambar. Nah sebelum menuju ke rumah makan pembahasan saya yakin pasti kalian punya cara sendiri-sendiri buat ngerombak bagaimana hasil jepretan kalian menjadi wow dan enak dilihat. Apalagi dijaman sekarang ya.. banyak sekali aplikasi-aplikasi smartphone yang udah ngemudahin banget buat masalah editing. Ada Snapseed, Pixlr, Psx, dan lain sebagainya. Tinggal pilih effect jadi deh.. Sesimpel itu.. Tapi bukan berarti mengedit gambar lewat pc pake' photoshop atau lightroom ketinggalan jaman hloh ya, kalau menurut saya jelas pake' pc makin mantep lah.. yah walaupun pas lagi males nyalain pc pake smartphone juga. Wkwkwkw.. #Plakk..

Oke sob, jadi saya ini bukan ahlinya di bidang kayak beginian hanya sekedar bisa bisa dikitlah. Hehehe.. But, nggak ada salahnya kan saya berbagi yang dikit-dikit ini pada kalian?

Mengedit Foto HDR
Saat kita ngejepret gambar entah pake' kamera digital atau smartphone pasti hasilnya nggak 100% sama dengan apa yang kita inginkan, bener nggak sob? brightnessnya kurangkah, saturasinya kurangkah, atau malah terlalu ngejreengg.. saya pribadi juga awal-awal suka photography penasaran sama hasil jepretanya para master, kok bisa ya.. kok bisa ya.. pikirku dalam hati. Padahal settingan juga udah tak samain. Masak iya objek yang dijepret harus sama juga. Kalau master ngejepretnya di Maldives masak iya saya harus kesana buat belajar jepret doang, nggak lucu kan? mana mahal lagi. Hehehe.. usut punya usut ternyata oh ternyata.. editingnya juga dimainkan. Owalah...

Berubung saya juga malah muter-muter pake' lightroom saya kasih tutorial ngawurnya pake' photoshop aja ya sob, dan kayaknya kalian juga udah punya deh software yang satu ini di pc kalian. Kalau saya mah pake yang versi lawas #banget, tapi kalau kalian punyanya yang baru ya nggak masalah sih. Sama saja.. Oke, jadi langsung aja ya sob..

1. Ambil gambar yang ingin kalian edit
Silahkan masukan gambar yang ingin kalian edit didalam lembar kerja. Bisa kan ya? oke langsung loncat ke step berikutnya.

2. Kalau sudah buat copy layer dengan menggunakan tombol pada keyboard Ctrl + J, atau manualnya klik menu di task bar : Layer - Duplicate Layer - Ok.

Tutorial Photoshop Editing HDR
3. Next step, klik Image - Adjustments - Shadow/ Highlight. Ohh iya, ini saya pake gambar lama, foto gunung Ungaran yang saya ambil di daerah Limbangan, dan kala itu settinganya kurang pas jadi terlalu gelap objeknya.

Cara Mengedit Foto Menjadi HDR
4. Next step akan muncul kotak dialog baru kayak gitu sob, nah kalau sudah jangan lupa centang Show More Options. Terus selanjutnya terserah kalian ya mau dirombak kayak gimana. caranya tinggal geser-geser aja itu Amount, Tonal Width, Radius dll. Soalnya tiap gambar beda-beda kebutuhanya, jadi ya disesuaikan sesuai selera kalian, subjektif yah..

Terus gimana masalah hasilnya? kalau saya bilang sih cukup memuaskan sob, bisa lihat gambar dibawah ini perbedaan yang sudah saya rombak sama yang belum.

Clear Udah Jadi Foto HDRnya
Jauhh banget ya sob perbedaanya? nah nggak cuma sampai disitu yah sob, misalkan nih kalian udah otak atik tool box yang diatas tadi kok masih terasa kurang pas ya.. kalian bisa atur sendiri pencahayaanya lewat curves atau levels, kalau mau dikasih efek agak-agak biru/ kuning ya tinggal ditambahi sesuai selera.

Intinya adalah dalam hal editing itu selera kita, jadi nggak ada patokan harus gini harus gitu, yang penting enak dipandang dan nggak terlalu mencolok. Lah wong foto punya kita ya terserah kita dong mau kita edit kayak gimana, ya nggak sob? hehehe.. Oke, jadi itu dulu ya sob tutorial ngawur yang bisa saya share hari ini semoga bermanfaat dan maaf maaf kalau ada kesalahan, kan judulnya tutorial ngawur. Hehehe..

13 comments:

  1. Pas jaman belum kenal lightroom, photoshop nih selain buat edit foto2 ditambah efek kartun buat edit hasil foto biar makin kece. tapi sekarang, udah g ngedit di photoshop lagi, lebih suka edit foto di lightroom, lebih praktis dan g pake ribet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau ane malah agak gadok sama lightroom mbak, biasanya pake photoshop. Atau kalau cuma standar seperti brightness&contrassnya doang ane malah pake photoscape. Heheheh..

      Delete
  2. Lebih cerah ya? :o Wah, jadi nyesel dulu pas pelajaran TIK materi photoshop ngantuk dan nggak merhatiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga mbak Anis, dulu pas praktek kejuruan malah maen game. Wkwk

      Delete
  3. Sejujurnya saya sih gak suka foto saya dikasih efek HDR. Tapi suka aja kalo foto orang lain kena HDR wkwkwkw xD gaktau deh.

    Waktu scroll di IG gitu, kan ada tuh yang akun2 dengan 1 tone yg sama. Kerennn, baguss. Tapi saya tahu itu efek editing, dan gak real. Tapi tetep sukaa karya mereka.

    Tapi kalau udah berhadapan dg editing foto sendiri, rasanya kok sayang gitu ya fotonya digini gituin. Pinginnya real aja.

    Ya gitu pokoknya.

    Ini sih salah satu bentuk ngeles atas masih belum bisanya pake photoshop dan masih bertahan di photoscape :') #SEDIH

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Nid. Kalau lihat foto para master yg udah jago salut sama mereka. Tapi kalau ane yg menghadapi editing pasti mlentang. Wkwkw..
      .
      Wkwkwk..
      Nggak papa nid ane juga lebih sering pake photoshop ketimbang photoshop :D

      Delete
  4. Wah makasih tipsnya.
    Aku kurang suka sih sama HDR, tapi ada beberapa foto yang memang akan lebih bagus untuk HDR. Cocok-cocokan memang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih mbak sesuai selera, subjektiflah :D

      Delete
  5. There are some many photo editing tools through out the Web. But to find a decent app sometimes is a challenge. I've spent days and weeks to find lightroom plugins that would answer all my needs. So I think you made a great job presenting this list!

    ReplyDelete

Powered by Blogger.