Header Ads

Terpesona Dengan Panorama Pantai Tanjung Kesirat Gunung Kidul

#MenangManteb..

Jauh-jauh hari saya dan 3 teman komplek ( 4 orang sama saya ) merencanakan liburan ke Jogja selama 3 hari. Udah kami agendakan mateng-mateng nih, mulai masalah rute,  tempat nginep, pake' motornya siapa aja,  berangkat jam,  dan pulang jam. Sedangkan masalah tujuan, kami jatuhkan 80%nya adalah objek wisata pantai. Masya Allah..  Kan pantai Selatan keren keren tuh,  amazing banget dan alami. Berubung kami juga udah luama banget nggak ke Jogja akhirnya makin menggebu gebu kan hasrat ingin kesana?

Bulan demi bulan hari demi hari dan hari yang kami pilih datang juga. Namun..  Apalah daya kita yang hanya berencana,  Allah lah yang Maha Kuasa. Ke-3 teman saya absen semua. Tinggal saya sendirian mah?

"Ehh,  sorry bro aku ngesuk rak iso,  aku ada panggilan kerja nih, kalau kalian mau berangkat bertiga ya nggak papa, aku tinggal wae. " kata si AL.

"Bheee... Aku ndue kabar gembira nda,  ngesuk aku kon mangkat lembur,  soale mau rung nutup target." kata si L.

"Aku kalau nggak rame-rame ya kurang gimana gitu. " kata si AD nambah nambahin.

Hahahaha..  Alhamdulillah ya,  jauh-jauh hari pula saya juga udah punya rencana B.  Buat mengantisipasi hal-hal kayak gini nih. Kalau saya pribadi mah nggak ngaruh,  ada temen atau enggak ya tetep gass.. ( efek terlalu lama ngetrip sendiri ) #Hikss..

Keindahan Pantai Selatan | Pantai Tanjung Kesirat
Masih ingat nggak sob postingan saya kala itu pas ngebahas soal Air Terjun Sri Gethuk?  Nah,  waktu itu saya mah niatnya dari rumah pengen ke pantai tanjung kesirat,  namun dikarenakan saya kesiangan berangkatnya + badan juga lagi drop jadi saya alihkan rute perjalanan dari pantai tanjung kesirat menuju ke Air Terjun Sri Gethuk. Karena waktu itu nggak jadi ke pantai ya akhirnya hari ini saya agendakan ke pantai tanjung kesirat saja yang berada di Girikarto, Panggangan, kabupaten Gunung Kidul.

Kali ini saya nggak kesiangan yey jadi kecil kemungkinan untuk mengubah rute kayak kemarin lagi #Pokok'eYakin. Ohh iya,  seperti biasa ya karena belum sarapan saya njajan dulu di warung langganan di daerah jalur lingkar Salatiga,  yang warung di pinggir jalan yang didepanya Masjid Jami' Baitus Syukur.

Kali ini saya juga nggak mau dikibulin lagi sama yang namanya GPS.  Ngikut plang terus pokok'e.  Ehh tau tau nyampe di Klaten,  di pinggir pabrik/ museum gula ya?  Kok saya kurang ngeh.  Hehehe..  Ya itulah.

Spoiler dulu ya sob ( Video version pantai Tanjung Kesirat )

Saya tiba di pantai tanjung kesirat sekitar jam 10.30, padahal saya dari rumah jam 5an hloh.  Sudah termasuk ngisi bensin,  buang air kecil,  sarapan,  sama bingung sendiri lewat mana. Ohh iya,  untuk biayanya kita cuma dikenakan biaya Rp. 5.000/ orang. Itu sudah termasuk tiket masuk ke pantai tanjung kesirat sama pantai Wohkudu ( tidak termasuk parkir :p ).

Nah untuk masalah akses dan medan jalan sebenarnya udah bagus sih menurut saya,  cuma extreamnya lumayan menguji adrenaline.  Buat kalian nih yang mau kesini, kalian bisa pake' sepeda motor atau mobil saja. Karena sempitnya jalan maka dipastikan bus pariwisata nggak bakalan bisa masuk. Boro-boro bus pariwisata mah,  orang mobil papasan sama sepeda motor aja udah mepet mepetan jalanya,  nggak kebayang nih kalau mobil ketemu mobil bisa atau nggak. Mungkin hal ini juga yang membuat pantai tanjung kesirat belum tersohor dan sepopuler pantai pantai selatan lainya.

Setibanya disana hal pertama yang saya lakuin adalah "nyari toilet" ini hal paling penting dan nggak bisa ditunda lagi. Wkwkw..

Pantai Selatan | Pantai Tanjung Kesirat
Takjub sekali tatkala saya melihat panorama dan pemandangan pantai yang begitu indah ini,  Masya Allah. Tanpa membuang buang waktu saya langsung cuss ke spot spot unik dan menarik. Ngebahas soal spot nih,  kayaknya nggak ada yang nggak menarik, semuanya menarik hloh sob.  Dari lokasi parkir kita musti berjalan lagi sekitar 100 meteran agar bisa sampai ke bibir pantai.

Alasan utama saya memilih pantai ini adalah viewnya yang luar biasa,  beda dari yang lain mah,  kita akan melihat pemandangan pantai  secara VIP,  yakni diatas bukit yang hijau. Emang ya,  Indonesia tuh emang top cer,  banyak bersyukur kita hidup di negara nan indah dan subur ini. Alhamdulillah.. Nah,  kalau kalian main kesini jangan berharap bisa main air di bibir pantai ya sob,  soalnya nggak ada pantainya mah,  jadi begitu bukit langsung aja laut lepas,  kayak semacam jurang gitu. Karena belum dikelola dengan maksimal di sepanjang tebing ini belum dipasangai tali atau pagar pembatas sob,  jadi hati-hati ya pas foto-foto di pinggiran tebing.

View Pantai Tanjung Kesirat
Spot pertama yang saya tuju adalah spot yang ada satu pohon besar di pinggiran tebing. Pohon ini persis sis berada di bibir tebing,  bahkan nih pohon juga berukuran besar, tapi Allahuakbar nih pohon masih kokoh berdiri dengan tenangnya. Misalkan mau nyender atau ngadem sambil ngemil,  sambil nggak jelas,  sambil ngelamun tentang masa lalu tempat ini recommended banget deh.  Saat sedang asyik mengabadikan momen dari sini saya perhatikan di ujung sana banyak orang rame-rame sambil teriak-teriak,  lagi ngapain coba?  Ngapain lagi kalau ke laut kalau bukan memancing ikan, yah?

Memancing Ikan Di Pantai Selatan
Dirasa cukup saya melangkahkan kaki menghampiri bapak-bapak dan mas-mas yang sedang memancing itu. Ngapain?  Ikutan mancing?  Enggak mah,  gangguin mereka aja, mereka mancing saya jeprat jepret sana sini. Wkwkwk..  Tapi enggak ding,  mereka enggak merasa terganggu dengan kehadiranku.  Udah biasa kali ya ketemu traveller frontal.  Wkwk..

Ganasnya Ombak Pantai Selatan
Kadang disela sela mengambil gambar saya agak-agak ngeri juga mendengar dentuman ombak yang menghantam tebing,  dahsyat!  Belum lagi ombaknya yang gede-gede. Pantai Selatan kan memang terkenal dengan ombaknya yang galak ya sob?

Birunya Pantai Tanjung Kesirat | Gunung Kidul
Kalau menurut saya sih tempat ini recommended banget buat ngisi liburan kamu di akhir pekan,  cuma ya itu tadi kalau bisa pake' sepeda motor aja,  itupun mesin dan all fungsinya dikondisikan,  biar kuat diajak nanjak-nanjak. Sedangkan untuk masalah fasilitas disini masih belum maksimal ya sob,  maklum saja karena masih dalam tahap repairing & upgrading. Waktu kemarin saya kesana cuma ada warung dan toilet saja. Ada sih 2 bangunan di atas tebing,  cuma kalau saya lihat tuh bangunan belum selesai dibangun dan kurang tau juga nantinya mau dipakai buat apa. Yang jelas kosong aja.

Nggak lama sih saya berada disini,  mungkin kurang lebih satu jam,  ya maklum aja sob,  main sendirian mah hlas hles hlas hles. Nggak pake lama,  foto ya seperlunya aja yang penting ada kenang-kenanganya,  malah kadang saya cuma motret objeknya doang sayanya mah enggak,  enggak penting. Wkwkw

Ohh iya,  tadi kan saya bilang kalian jangan berharap bisa main air dibibir pantai yah?  Eiiittt..  Tenang aja sob,  ada kok satu tempat lagi yang bisa kamu kunjungi,  yaitu pantai Wohkudu. Pantainya bersih berpasir putih,  disitu juga kalian bisa mainan air sampai puas sob. Lokasinya sebelum pantai Tanjung Kesirat,  jadi nanti kalian bakal ngelewatin pantai Wohkudu dulu baru Tanjung Kesirat. Gimana penasaran kan pastinya?  Okee cekidot ke Pantai Wohkudu..

23 comments:

  1. Pantai Kesirat emang keren gan..
    Apalagi kalo dateng pas waktu sunset dan cuaca cerah..

    Di sini pula saia menemukan sunset terindah sepanjang hayat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah manteb sekali yah mas, saya tiba disini pas siang hari jadi dipastikan enggak dapat sunset, tapi lumayanlah dapat keringat :D

      Delete
    2. Tapi kan tetep dapet pemandangan laut sama suara ombaknya bung.. haha

      Delete
    3. Saya belum dapat apa-apa, belum kesana. hehehe.

      Delete
    4. Makanya kesana gan, biar dapet apa-apa. Hehehe

      Delete
  2. Pantainya super cantik. Entah kapan ada kesempatan ke sana. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga disegerakan ya mbak anis keinginanya..
      Beneran hloh manteb tenan pantainya :D

      Delete
  3. Setipe kita,, walau temen tiba2 batalin, tetep gaaaas terus , sendirian juga jadi :D ..

    Sama euy,, sering juga dikibulin GPS kalau di tempat-tempat terpencil kaya gini haha..

    Bentuk pantainya mirip-mirip pantai di Bali ya..

    Salam kenal
    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waahh mantab jiwa gan, karena udah menjiwai ya gitu deh efeknya. Wkwkw
      .
      Kalau ada plang mending ikutin plang ajalah gan. Hehehe..
      .
      Iya nih gan, mungkin karena sama-sama pantai Selatan kali ya? Hehe..
      .
      Oke oke salam kenal juga gan :D

      Delete
  4. Ya Allah bang, sabar ya.........................
    pasti sebal banget tapi ya mau gimana lagi. Tolong atas nama kekuatan bulan, maafkan mereka ya bang. Semoga kapan2 abang yg punya hajat penting banget sehingga ga bisa main sama mereka xD wkwkwkwkw
    /apaan dah

    Wah, pertama kali lihat foto pantainya, jadi inget pantai Kelingking di Nusa Penida malah xD

    Trus foto yang agak bawahan kayak teluk Bidadari ._.
    kira2 kalau musim kemarau gitu, rumputnya berubah jadi cokelat ga ya?
    Kan keren jadi kayak di Sumbawa gitu xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Nid, kita cuma berencana Allah lah yang Maha Kuasa :)
      .
      Wah pantai Kelingkingnya udah sampean explore belum mbak, penasaran euy.. :D
      .
      Ditaburi susu di ladang gandum sekalian nggak mbak, ntar jd kokokran. Wkwk
      .
      Wah udah sampai Sumbawa aja nih mbak Nida :D

      Delete
  5. cantik sekali salam kenal balik bang mantap blognya, sudah ada channel youtube juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke oke gan selamat datang di gubuk ane, :)
      Iya gan, video highlights doang sih. Hehe

      Delete
  6. Pantai-pantai di GK memang memukau, termasuk Tanjung Kesirat ini, cantik bangeeet...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mang pantainya Masya Allah..
      .
      Ngangenin dah :D

      Delete
  7. Duh karakter pantai-pantai selatan khas banget gitu. Jadi kangen main ke pantai di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku diajak gan, aku juga udah kangen aja nih :D

      Delete
  8. Belum pernah ke pantai tanjung kesirat mas, kalau lihat videonya ya...kesannya indah banget, pasti para pengunjungnya suka berlama lama disana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mas, karena langsung disuguhi indahnya bentangan birunya lautan :D

      Delete
  9. Kalau ke Gunung Kidul mah gak gak bakal ktnggalan sama pemandangan yang indah ini. Sekali kesana langsung dapat beberapa pantai indah nan cantik..

    Aku jadi pengen kesini lagi.. Saat ini belum ada waktu yang klik..he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mantab mas.. Ane kalau sehari ya paling cm 2 pantai, soalnya kemakan waktu perjalanan yang lumayan lama. Heheeh..
      .
      Wah ane jg pgn kesini lagi nho mas :D

      Delete
  10. Wew, mantep banget liat pemandangan bibir pantainya, akh.. Kalau saya mampir pasti buat destinasi mancing pasti ok mas..😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mang. Kemarin jg banyak yg pada mancing disana :D

      Delete

Powered by Blogger.