Header Ads

Ke Goa Terawang Sehabis Kondangan #KapanLagiCoba

Pagi ini ( sabtu ) suasana sehabis subuh masih gerimis,  saya menunggu matahari agak sedikit meninggi,  ketika saya melihat kearah Timur rumah Alhamdulillah ada secerca harapan,  di bagian Timur tidak terlihat awan mendung,  bahkan matahari sudah mulai nampak.  Langsung buru-buru prepare buat ke Blora.

Ini juga tumben-tumbenan saya main ke daerah Timur,  dan bahkan ini kali pertamanya saya menginjakan kaki di kota Blora #curhat.  Jauh-jauh hari sudah saya planing sih,  saya mau ke objek wisata goa terawang sekalian kondangan ke salah satu sahabat yang ada disana.  Jadi ceritanya sambil kondangan mampir ke tempat wisata.  Hehehe..  Berubung udah saya cek di gps jarak antara rumah temen sama lokasi goa terawangnya cuma 30 menit, jadi kapan lagi coba?  Kalau nggak ada acara kondangan mungkin saya nggak bakalan sampai ke goa trawang nih.  Hahaha..

Alasan saya yang bikin males main ke daerah Timur ialah ramainya jalan,  banyak lampu traffic light,  debu & polusi, jalur pantura kan?  Saingan jalanya sama the big truck sama bus bus luar kotaan yang asal main srobot,  belum lagi the king of road. Siapa itu?  #EmakEmak :(

Asyiknya Ke Goa Terawang
Jarak antara rumah sampai ke Blora cukup.. Cukup apa ya?  Cukup jauh sih,  hampir 4 jam perjalanan.  Ini kalau ditarik ke Selatan sampai ke Jogja ya sob?  Hehehe.. Saya sengaja berangkat agak pagian sekitar jam 5.30, ini untuk menghindari kemacetan di kota Semarang. Tapi apa daya toh kena macet juga di daerah Mranggen.  Hahaha.. Untuk kali ini saya nggak ngandelin gps,  udah mantep aja ngikutin plang plang di pinggir jalan.  Sekiranya ada plang Purwodadi/ Grobogan/ Blora,  udah ngikut aja. Males euy pake gps entar dikerjain,  dicariin jalan yang nggak-nggak lagi.  Wkwk..

Berubung belum sarapan saya berhenti dahulu di salah satu mini market di Grobogan,  ngisi perut sama ngecharge tenaga, plus ngecek gps,  ini saya ke jalan yang benar atau nggak. Jangan-jangan saya saking pedenya salah arah kan nggak lucu ya sob?  Hloh tadi katanya nggak pake gps mas?  Iya, kan cuma ngecek doang,  apa salahnya sih?  #Ngeles. Sekiranya sudah pulih dan yakin saya kembali tancap gass menuju ke Blora.  Yang saya pikir-pikir mulu tuh pas lewat kabupaten Grobogan. Berubung ini kali pertama saya lewat sini dalam hati berkata "Iki kok ket mau Grobogan wae toh, dowo banget sih kabupatene.  Yang lebih tragisnya lagi pas saya lihat papan di pinggir jalan,  tulisanya gini Jl. Raya Purwodadi - Blora kabupaten Grobogan.  Ini sebenere aku tuh ada di Purwodadi,  Blora,  atau Grobogan yak?  Kok 3 kota ada semua #krik..  #deerr..  Emang fakta sih yah kalau kita belum pernah lewat ke suatu daerah pasti bakalan luama banget rasa rasanya.

Singkat cerita saya sudah sampai di tempat yang dimaksud,  di daerah Ngawen.  Alhamdulillah rumah temen saya berada di pinggir jalan pantura,  jadi nggak perlu susur gang buat nyariin lokasinya.  Saya tadi tiba jam berapa ya?  Jam 9.30 kayak'e. Alhamdulillah ketika tiba disana saya disambut dengan ramahnya,  emang fakta yak orang Indonesia tuh ramah-ramah euy.  Ohh iya plus dihidangin sate khas Blora. Tau aja nih perut juga masih demo minta isi.  Hehehe..

"Ko,  iki sate khas Blora udu sate Madura. "
"Ohh bedo to mbak? "
"Yo bedo to yo,  bumbunelah yo bedo.  Mau awakmu pas lewat perbatasan weruh pora ono tugu bentuk sate?"
"Ohh iyo kae ( padal ora weruh )"

Ini perlu tak ceritain juga nggak ditempate temen ngapain aja?  Nggak perlu ya sob?  Langsung saja pasti kalian udah nggak sabaran pengen lihat gua trawangnya kan?  Hahaha #PeDeJrenk.  Oke oke jadi saya ninggalin tempate temen sekitar jam 11.15 lah,  dari situ langsung go ke goa trawang yang berada di desa Kedungwungu kecamatan Todanan. Nah,  kalau ini saya pake' gps. Hehehew.. Jalanya cukup baik sob,  kita akan melewati hutan-hutan jati nan rindang.  Kalau pas siang bolong lewat daerah sini suasananya adem banget euy.

Setibanya dilokasi saya disambut sama si penjaga loket yang ramah.

"Berapa mas? " tanyaku.
"9.000 mas. " jawabnya.
"Masih jauh nggak mas lokasi goanya? " tanyaku sambil memberikan uang.
"Deket kok mas,  tinggal ngikutin plang itu udah sampai. " jawabnya.

Naik Sepeda Yuukk..
Tanpa membuang buang waktu saya langsung penasaran sama goanya,  eiittt tapi kayaknya ada yang menarik perhatian saya dulu nih. Yaitu taman goa trawang. Taman yang sederhana ini dibuat kekinian dengan gaya-gaya model yang lagi ngehitsss..  Pas tadi saya kesini taman ini dikerumuni sama anak-anak sekolah yang pada baru pulang sekolah. Berubung saya bukan anak hits jadi saya nggak lama sih berada di taman ini dan akhirnya saya langsung ngelanjutin perjalanan ke goa terawangnya.

Menurut papan informasi yang saya baca di depan pintu goa disini terdapat 5 buah terawang. Maksudnya ada 5 spot unik untuk kita menerawang keluar goa.

Goa Terawang Yang Ke-1
Yang pertama kita akan disambut sama pintu goanya terlebih dahulu,  enggak tau juga ini terawang nomor 1 atau bukan. Hehehe..

Goa Terawang Ya Ke-2
Yang berikutnya lumayan gede nih sob,  tadi juga disini ramai pengunjung yang pada foto foto jadi saya nggak begitu lama berada di terawang nomor 2 ini.  Yang unik nih sob disini ada akar akar pohon yang menggelantung jadi kalau misalnya buat mainan tarzan tarzanan seru juga euy  #SayaNggakNyoba. Ohh iya disini tadi ada bendera merah putih guede banget. Saya juga terkagum sama stalaktit goa yang khas banget, Masya Allah.  Dari sini maju sedikit lagi suasananya udah beda. Kenapa?  udah nggak seterang tadi,  ini fix kita beneran masuk ke dalam goa yang gelap, kalau tadi mah masih terang benderang.

Lanjut ke terawang yang ke 3 nih sob. Disini saya rasa cukup top kalau buat foto-foto. Cahaya dari luar yang masuk kelihatan runcing memanjang kebawah dan kalau dilihat tu,  gimana gitu..

Goa Terwang Yang Ke-3
#ThePowerOfMiniPod maklum aja sob,  saya kesini sendirian jadi tak ada yang motoin,  jadi saya dari rumah udah bawa gorillapod ( minipod ), meskipun hasilnya nggak semaksimal tripod sih tapi tak papalah lebih praktis.  Hehehe..

Ohh iya sob,  kalau kamu mau foto dibawah cahaya jangan melongok keatas yah,  yakin silau banget.  Bisa dibayanginlah pas kita berada di tempat yang gelap tiba tiba mata kita kena cahaya yang terang. Kasihan kan mata kita #SaveEyes.  Jangankan di tempat yang gelap,  pas kita naik motor dijalan dimalam hari dari arah berlawanan ada orang naik motor/ mobil terus lampunya dipasangin lampu LED gitu terus tiba-tiba sorotan lampunya ngenain mata kita, sebel kan yah?  Nggak sekalian pake lampu jarak jauh mercusuar aja om biar nyampe bermil mil jauhnya? #BahasApaSih

Goa Terawang Yang Ke-4
Lanjut ke terawang nomor 4. Kalau yang ini bisa saya bilang mirip sama yang nomor 3. Cuma bedanya ini cuma ada 1 lubang cahaya yang masuk dari atas,  sedangkan di terawang nomor 3 tadi kayaknya #KalauNggakLupa ada 3 lubang cahaya yang masuk dari atas.  Itu yang fotoin siapa mas?  Ohh itu masih sama the power of minipod + timmer kamera.  Hehehe..

Oke oke lanjut ke yang terakhir,  yaitu yang nomor 5. Yang terakhir ini pula yang sering saya jumpai gambarnya di internet atau di blog blog travelling lainya. Kalau yang nomor 5 ini lebih mirip sama yang nomor 2, cuma bedanya yang nomor 5 ini lebih kecil lubangnya.

Goa Terawang Yang Nomor 5
Lagi ngapain mas?  Serius amat?

Lagi !! Goa Terawang Yang Nomor 5
Lagi laper atau lagi baper nih..

Ohh iya sob,  didalam goa ini lembab banget,  tanah yang saya pijak juga sangat lunak. Nggak tau juga ya efek apa. Saran juga nih sob kalau kalian mau kesini mending pake jaket atau baju panjang, soalnya didalamnya banyak nyamuk.

Yaahh nggak terasa udah rampung aja sampai ke terawang nomor 5. Ini udah mentok poll,  ada sih goa kecil,  cuma saya nggak yakin ini tembus. Hehehe..  Kalau saya rasakan memang nggak panjang panjang amat sih goanya ( kalau besar iya ). Tapi recommended deh buat kamu yang mau ke Blora.

Sedangkan untuk masalah fasilitas bisa saya bilang lumayan lengkap yaa..  Udah ada mushola,  toilet,  tempat bersantai,  tempat selfie,  & tempat sampah. Kayaknya ini nih yang musti diperhatikan para pengunjung, kalau buang sampah harus pada tempatnya yah sob.

Video Goa Terawang Blora versi Highlight by Eksapedia :
Setelah meninggalkan goa terawang sebenere saya mau sekalian mampir ke Bledug Kuwu, itu loh yang mirip geyser, atau letupan lumpur, bukan yang ada si Sidoarjo ya?  tapi karena udah kesorean jadi saya urungkan niat ke Bledug Kuwu,  padahal pas ngelihat plang papan penunjuk arah ke Bledug Kuwu,  ia seolah olah memanggil manggil dan melambai lambai "ayo sini..  Ayo sini.. " serah loe dah,  #Abaikan. Kapan kapan mungkin kita akan kesana,  ehh kita?  Saya maksudnya.

14 comments:

  1. Keren banget tuh buat foto. :D Hehehehe .....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak, recommendedlah kalau main ke Blora..

      Delete
  2. serasa artis gitu pas masuk ke terawang 3 dan 4,cahayanya tembus mirip lampu sorot di panggung2 gt ya.. hihi,
    keren lah pokoknya tempat ini..
    salam travelers..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walah.. Saya malah baru nyadar mbak, iya iya kayak di panggung panggung gitu. Wkwk..
      .
      Oke oke salam travelers juga :D

      Delete
  3. Paliiiing bikin badmood kalau lagi jalan2 tuh ngelihat sampah berserakan di mana2 :(
    Kayak ga beradab sekali :(
    Tidak suka pokonya.

    Btw itu sinar mataharinya jadi keinget Mr. Bean deh xD kan beliau suka tuh tiba2 jatuh dari sinar yang menyorot ke bawah xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak sama.. Ane juga kagak suka.. Apalagi tempate masih alami..
      .
      Ehh saya malah baru ngeh hloh. Wkwkw.. Tapi ane nggak jatuh dari sinar hloh mbak :D

      Delete
  4. emang enak traveling sendiri mas hehe
    tapi fotonya bagus apalagi liat berkas cahaya yang masuk
    kayak di film2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih keren aslinya sih mas, lebih ngena suasananya :D

      Delete
  5. Menarik yah ini Goa Terawangnya, jadi pengen foto ala ala disana, wkkkk..

    ReplyDelete
  6. Keren tempatnya, Mas, rekomen sepertinya kalau kesini. Apalagi pancaran cahayanya itu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yo'i mas.. Silahkan diagendakan mas :D

      Delete
  7. Replies
    1. Serem sih mbak, tp berubung disana ketemu para pengunjung lain ya biasa biasa aja :D

      Delete

Powered by Blogger.