Header Ads

Gancik Hill Atau New Selo?

Dua objek yang berada satu kecamatan Selo ini memiliki keindahannya masing-masing. Jika di Gancik hill top kita dapat menikmati keindahan gunung merapi, maka sebaliknya di New Selo kita dapat menikmati keindahan gunung merbabu. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa kedua gunung ini lokasinya berada bersebelahan, layaknya seperti tetangga.

Bagi teman-teman yang ingin berwisata ke kecamatan Selo, kabupaten Boyolali kayaknya musti mencoba kedua objek wisata ini deh. Lokasi keduanya memang dekat, jika kita berada di gancik hill top kita pun akan melihat objek wisata new selo, begitu pula sebaliknya. Nah, disini ada beberapa referensi bagi teman-teman yang ingin berkunjung ke gancik hill ataupun new selo.

1. Bersiaplah Untuk Melewati Medan Jalan Yang Extream
Saat kita on the way menuju ke Selo entah melalui jalur Cepogo ( Boyolali ) atau Sawangan ( Magelang ) kita akan dihadapakan dengan medan jalan yang cukup extream, yakni berupa tanjakan atau turunan tajam, bahkan kelokan tajam pun akan sering kita jumpai. Nah, setelah sampai ke daerah Selo jangan terburu-buru bernafas lega karena akan ada satu tantangan lagi yang musti kamu hadapi.

New Selo Dari Jalan Raya
New Selo : Dari jalan raya kita akan melewati jalan yang super menanjak, pastikan untuk mempersiapkan ancang-ancang dari bawah. Tanjakan ini lurus namun semakin keatas semakin extream, ada beberapa kelokan tajam saat akan sampai, so berhati-hatilah. Tak jarang pula ada beberapa orang yang kendaraanya tidak kuat menanjak, alhasil yang berboncengan pun harus rela menurunkan yang diboncengkan. Jalanya beraspal dan lumayan lebar. Yang nggak kalah asyik adalah begitu sampai di parkiran kita sudah sampai dilokasi new selo, atau kalau mau ke oemah bamboe cukup berjalan beberapa meter saja.

Gancik Hill Dari Jalan
Gancik Hill : Dari jalan raya kita musti melewati daerah perkampungan. Medanya berupa jalan beton yang cukup baik, namun di jalur lain ada yang masih berupa aspal. Dari jalan raya kita sudah disambut dengan medan yang menanjak, namun itu belum seberapa karena medan yang extream lagi berada di sesudah membeli karcis/ tiket masuk. Semakin keatas jalanya semakin sempit. Bahkan untuk berpapasan antara sepeda motor pun sulit. Selain sempit juga curam banget tanjakanya. Jadi lagi-lagi jika kendaraan kamu nggak kuat berboncengan musti rela nurunin temen yang bonceng. Lokasi parkirnya berada di pos-pos warung makan yang sudah disediakan, nanti akan ada petugas yang mengarahkannya, so jangan khawatir. Namun jika memarkirkan kendaraan kamu di pos-pos itu kamu musti wajib jalan kaki cukup jauh, tapi itu jauh lebih baik dari pada memaksakan kendaraan. Ingat! jangan coba-coba memaksakan kendaraanmu sampai keatas, karena banyak para pengunjung yang jatuh gara-gara sepeda motor yang mereka kemudikan tidak kuat berjalan diatas curamnya tanjakan.

Dari kesimpulan diatas bisa kita tarik bahwa Gancik Hill Toplah yang lebih extream medanya daripada New Selo.

2. Pemandangan Alamnya Yang Luar Biasa, Cross Cek Sendiri Aja Deh. Sama-sama Beautiful
Gunung Merbabu Dari New Selo
New Selo : Seperti yang kita bahas sebelumnya bahwa di New Selo kita akan dimanjakan dengan panorama alam indahnya gunung merbabu, Gunung berketinggian 3.145 mdpl ini nampak jelas terlihat di depan mata. Jika cuaca sedang cerah kita dapat melihat jalan-jalan yang berkelok dan tebing-tebing yang ada di lerengnya. Disini kita juga dapat melihat tulisan Gancik Hill Top jika kita jeli melihatnya.

Gunung Merapi Dari Gancik Hill Top
Gancik Hill : Lain halnya dengan gancik hill, disini sebaliknya kita akan dimanjakan dengan panorama alam gunung merapi. Gunung yang masih aktif ini memiliki ketinggian 2.930 mdpl nampak terlihat jelas dan gagah dari sini. Berbeda dengan merbabu di puncak gunung merapi kita akan sering mendapati kepulan asap yang keluar dari kawah gunung merapi. Ini juga menjadi indikasi bawah gunung merapi sampai sekarang masih memiliki tanda-tanda aktifitas vulkaniknya.

3. Rumah Pohon Yang Unik & Klasik Dimiliki Keduanya
Sekarang kan lagi ngetrenya rumah pohon. Sehingga banyak objek wisata baru bermunculan dengan menambahkan rumah pohon sebagai variasinya. Nah rumah pohon ini juga tak luput dari Gancik Hill ataupun New Selo.

Oemah Bamboe New Selo
New Selo : Rumah pohon ini berada di atas lokasi parkir. Jaraknya juga enggak begitu jauh, pengunjung hanya dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp.10.000/ orang untuk bisa masuk kedalam rumah pohon ini. Gaya dan arsitekturnya klasik, bambu-bambu yang disusun rapi ini bukanlah bambu biasa, soalnya ukuranya besar-besar. Disini banyak terdapat spot-spot dan menara yang bisa digunakan pengunjung untuk menikmati keindahan gunung merbabu.

Rumah Pohon Gancik Hill Top
Gancik Hill : Berbeda dengan yang ada di New Selo, di Gancik Hill ini rumah pohonya bentuknya memanjang. Menaranya ada satu yang paling tinggi, yakni di depan, didekat tulisan gancik hill top. Karena memanjang banyak para pengunjung yang jalan-jalan dari ujung ke ujung dengan nyaman. Untuk masuk kemari hanya membayar Rp.8.000/ orang ( sudah termasuk parkir sepeda motor ). Itu juga sudah ditarik pas kita berada di daerah perkampungan sebelum melewati medan yang extream.

4. Sama-sama Menjadi Jalur Pendakian Favorit.
Kedua objek ini sekaligus menjadi jalur pendakian favorit. Dan konon katanya Selo adalah jalur pendakian yang paling mudah. Entah mau ke merbabu ataupun merapi. Sebelum adanya rumah-rumah pohon ini lokasi ini adalah lokasi jalur pendakian, jadi jangan heran ketika kalian berkunjung kemari melihat banyak para pendaki yang naik ataupun turun gunung.


25 comments:

  1. Pemandangannya keren pisan. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren kalau kesana langsung kok mbak :D

      Delete
  2. Sayang waktu ke Gancik Hill saya tidak ikut penelusurannya sampai puncak yang di atas kang. Dengan alasan kacapean dan jaga kondisi, karena harus melajutkan perjalanan. he,, he, he,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane juga mentok sampai rumah pohon tok mas Indra. Hehehe

      Delete
  3. Pemandangannya aku suka banget Mas. Coba kalau dekat pengen bisa kesitu, semoga dilain kesempatan bisa berkunjung juga.

    Aku suka pas di gancik hill nya, apalagi kalau suasana pagi ataupun sore. Keren sepertinya untuk mengabadikan foto :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga keturutan mas keiinginanya :-)

      Iya nih mas kayaknya keren banget, Masya Allah.. pemandanganya luar biasa..

      Delete
  4. Luar biasa merbabu benar-benar top markotop ! 🙌🙌🙌

    Kalau ada waktu liburan panjang pingin juga survei disini 😎

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung mas Indra dikunjungi :D Hehe

      Delete
  5. berarti wisata satu hari bisa langsung ngunjungin 2 objek wisata di kecamatan selo yah

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. Iya mbak Wahyu, Masya Allah :-)

      Delete
  7. Duo merbabu merapi ini memang ya duh viewnya keren banget mas :D

    ReplyDelete
  8. saya yes. new selo, supaya kliatan bulenyah

    ReplyDelete
  9. Wisata sekaligus bertualang ya hehe, medan yang ekstrim yang harus ditempuh akan terbayar dengan pemandangan indah yang disajikan oleh alam yang sangat mempesona setiap detainya sangat menyejukan mata dan membuat hati menjadi damai, rujukan yang sangat keren untuk berwisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak pokoknya recommended dah :D

      Delete
  10. New Selo itu yang tulisannya kayak di Hollywood gitu ya, (efek liat temlen temen)
    btw aku kok lebih kepingin ke Gancik Hill ya, kayak di Paralayang Batu gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keduanya sip kok mas, silahkan kalau dicoba dua duanya :D

      Delete
  11. di selonya aja sudah indah, apalagi itu langsung berhadapan dengan Gunung Merbabu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Ev.. mantap banget..
      Masya Allah :-)

      Delete
  12. kalau liat di instagram2 pengen jalan kesini, tapi belum ada temen yg diajak. pada sibuk hehe
    kapan-kapan lah sapa tau bisa pas sekalian muncak ke merbabu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Oke gan, silahkan dicoba :D

      Delete
  13. Saya udh lama pingin ke New Selo tapi blum ksampean. ..dua2nya emang keren ya mas. Kalo makanan lokal daerah sana apa ya? Biar bs liat view gunung merbabu/merapi yg indah sambil ngemil. Hehehe....

    ReplyDelete

Powered by Blogger.