Header Ads

4 Destinasi Di Kledung Yang Patut Kamu Coba Saat Di Temanggung

Negri tembakau adalah julukan untuk sebuah kota penghasil tembakau terbesar di Jawa Tengah yang mempunyai keindahan dua gunung yang tinggi, apalagi kalau bukan kota Temanggung. Tak heran jika banyak masyarakat dibuat terpesona oleh keindahanya apalagi saat melewati daerah Parakan, Kledung, hingga perbatasan Wonosobo. Tak heran memang karena daerah tersebut merupakan daerah yang paling banyak menyuguhkan view yang luar biasa berupa pemandangan gunung Sindoro dan Sumbing.

Kedua gunung yang bersebelahan ini seolah menjadi magnet bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke negri tembakau. Bahkan hanya melintas saja kamu langsung dapat melihat kegagahan kedua gunung ini di kanan dan kiri jalan. Selain dibuka untuk destinasi wisata berupa treking gunung & camping, dilereng kedua gunung ini menyimpan tempat-tempat yang bagus dan patut kamu coba saat berkunjung ke kota Temanggung, diantaranya adalah.

1. Lembah Sindoro Posong Yang Sejuk & Menawan.
Objek Wisata Posong Temanggung
Terletak di desa Tlahap kecamatan Kledung objek wisata lembah Sindoro Posong kini semakin banyak diminati bagi para wisatawan. Lokasinya yang strategis serta menawarkan keindahan yang luar biasa membuat posong menjadi tempat wisata yang cocok untuk dijadikan tempat refresing di akhir pekan maupun di hari libur. Segarnya udara pegunungan serta pemandangannya yang indah menjadi salah satu alasanya. Meskipun untuk menuju kesana pengunjung perlu berjibaku dengan kerasnya medan jalan yang berbatu serta menanjak sejauh 3,5 Km agar bisa sampai ke lokasinya. Untuk masalah transportasi pengunjung bisa menggunakan sepeda motor atau mobil.

Sampai saat ini objek wisata lembah Sindoro Posong terus berbenah dan dirombak sedemikian rupa agar semakin apik dan menarik minat para wisatawan. Mulai dari dibuat tugu tulisan POSONG, kemudian rumah bambu, taman, dan lain sebagainya.

2. Sedengkeng Pass Diatas Ketinggian 1823 Mdpl.
Sedengkeng Pass Temanggung | Gunung Sindoro
Meskipun belum resmi menjadi tempat wisata rupanya sedengkeng pass memiliki keistimewaan sendiri. Yaitu pengunjung dapat menikmati keindahan gunung Sindoro diatas ketinggian 1823 mdpl. Terletak di dusun Petarangan kecamatan Kledung objek wisata Sedengkeng Pass menawarkan fasilitas berupa bangunan bambu yang unik dan klasik. Selain bangunan bambu disini terdapat sebuah ayunan sederhana yang terbuat dari kayu yang langsung menghadap ke gunung Sindoro.

Meskipun terlihat indah namun perjuangan untuk mencapai sedengkeng pass bukanlah hal yang mudah. Karena pengunjung musti treking menggunakan sepeda motor sejauh 4 - 5 Km dengan medan yang lebih extream dari pada posong. Untuk menuju kemari pengunjung hanya bisa menggunakan sepeda motor dengan keadaan mesin yang sangat maksimal. Selama perjalanan menuju kemari pengunjung akan dimanjakan dengan panorama alam yang indah dan melewati lahan pertanian yang cukup panjang.

3. Embung Kledung : Danau Kecil Di Dataran Tinggi Dengan  View 2 Gunung Yang Indah.
Embung Kledung Di Temanggung
Dibangun ditahun 2010 yang lalu dan difungsikan sebagai kolam penyimpanan air dimusim kemarau membuat embung Kledung terlihat seperti danau yang indah. Awalnya embung Kledung hanya difungsikan sebagai kolam penyimpanan air biasa, namun seiring berjalanya waktu banyak masyarakat yang berkunjung kemari untuk melihat keindahanya. Maka dari itu dibuatlah menjadi sebuah destinasi wisata. Di beberapa bagian embung sudah terpasang beberapa tempat duduk yang nyaman, sehingga cocok sekali dijadikan tempat berisitrahat sambil menikmati view pegunungan terutama gunung Sumbing.

Dibandingkan dengan Posong maupun Sedengkeng Pass embung Kledung jauh lebih mendingan, karena untuk bisa sampai kesana kamu tak perlu berjalan jauh, hanya berjarak sekitar 400 meter dari jalan raya. Meskipun medan jalanya berupa jalanan yang berbatu. Lokasinya tidak jauh dari tugu perbatasan Wonosobo - Temanggung. Untuk aksesnya pengunjung bisa menggunakan sepeda motor atau mobil.

4. Tempat Istirahat Yang Nyaman : Rest Area Kledung.
Rest Area Kledung Temanggung
Yang berikutnya ada rest area Kledung, lokasinya paling strategis dan mudah ditemukan. Jika kamu dari Temanggung kota lokasinya berada dikiri jalan tepat sebelum perbatasan Temanggung - Wonosobo. Tempat ini sekaligus menjadi tempat yang paling recommended yang musti kamu coba, terutama jika kamu melewati kecamatan Kledung.

Selain untuk beristirahat kamu akan dimanjakan dengan pemandangan panorama alam berupa gunung Sindoro yang tepat berada di depan mata. Gunung yang memiliki ketinggian 3.136 mdpl ini nampak terlihat gagah dan berdiri tegak jika dipandang dari rest area Kledung. Disini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas umum berupa taman, toilet, dan mushola.

47 comments:

  1. Cakep banget pemandangan gunung sindoro ini mas, semuanya tampak asri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlu dicatet nih mas kalau mau lewat Kledung :D

      Delete
  2. seneeng, kalau liat awan biru cerah kaya gini. bikin good mood :)

    embung ini pernah dibahas yg di postingan sebelumnya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, ane pakai poto ya lalu. Hehehe

      Delete
  3. Motretnya keren banget sih Mas, jiyah.. sindoro sumbing, gunung kembar yang cantik

    ReplyDelete
  4. Sindoro emang mantepp dah, rencana besok juni mau mendaki kesana mau ikut ga nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau muncak ane mikir mikir dulu mas :D Hehehe

      Delete
  5. Save nih, aku lebih suka yang ayunan itu Mas. Bisa duduk santai sembari baca buku tuh. Asik benar :)

    Sepertinya beda pakaian lagi ini blog ya, Mas?
    Betul kah, apa cuma mataku saja yang salah..he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya sip mas, mantep banget kalau membaca sambil melihat pemandangan yang indah ini :D

      Iya nih mas, baru ganti. Hehe

      Delete
    2. Apalagi bacanya sembari seruput kopi mas..hehe
      Tapi off dulu di bulan Ramadhan ini ya..

      Oh gitu, bener berarti matakuku bener ya, gak salah..hehe

      Delete
    3. Hahaha.. Iya mas, pas buka aja :D

      Delete
  6. Bagi mereka pemburu wisata tantangan dalam menempuh perjalanan menuju target wisata tak akan menjadi kendala, semua akan terbayar dengan pemandangan yang disajikan
    bagus banget pemandangan alam yg disuguhkan masyaallah ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak menjadi kepuasan tersendiri ketika kita berjuang dan mendapatkan apa yang telah diperjuangkan..
      Masya Allah :)

      Delete
    2. Dalam memperjuangkan harapan tentu saja akan ada kendala yang harus dilewati, berat atau ringan suat kendala tergantung bagaimana kita menyikapinya
      Dan rasa bahagia itu adalah saat kita mampu mensyukuri anugerah dari Nya, eh Maya barusan nulis apa ya hehe ... maaf ya Maya sok bijak nih

      Delete
  7. Kledung ini apa ya, semacam titik puncak jalan raya wonosobo-temanggung ataupun sebaliknya. Dan gak pernah bosen kalo lewat sini :3
    Dari keempat tempat ini, aku belum pernah sekalipun mampir :D
    Sudah sejak lama jd incaran mau kesini tapi mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kledung ki kecamatan mas, perbatasan Temanggung - Wonosobo :D tempate jossss pokoknya. Hehehe

      Delete
  8. Mantap wisatanya mas, Indonesia memang kaya akan wisatanya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, bangga jadi orang Indonesia :)

      Delete
  9. Masya Allah, maka nikmat Tuhanmu manakah yang kamu dustakan?

    Temanggung oh Temanggung. Tunggu adik punya uang ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinnn.. Semoga dipermudahkan dalam mencari rejekinya :)

      Delete
  10. Mantap sekali. Pemandangannya sejuk. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih sejuk kalau kesana langsung mbak :D

      Delete
  11. Aku pernah lewat sini tapi nggak singgah :-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Besok lagi kalau lewat musti jangan sampai kelupaan mas :D

      Delete
  12. Waah, asyik banget tuh kledung, kepingin ke sana :)

    ReplyDelete
  13. Aq sering lewat sini kalo mau nanjak sindoro lho mas, tp malah br tau ada tempat wisatanya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mantep mas, besok kalau ke Sindoro lagi bisa jadi referensi nih :D

      Delete
  14. yang nomor 3 cakep tuh viewnya, embung kledung. Danau disana boleh mancing gak? atau kalau gak renang gitu. hehe...

    ReplyDelete
  15. Paling suka embung kledung, indah bgt suasananya... Hawanya adem g itu mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah udah pernah to mas ?? mantep ya ?? Masya Allah..

      Delete
  16. Embungnya itu bagus banget. Kalau pas nyampe Kledung pasti sdg kabut jadi paling2 cuma makan di resto.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Iya juga sih mbak :D tapi kalau sedang cerah Masya Allah,, bikin ngiler mbak viewnya :)

      Delete
  17. Replies
    1. Masya Allah.. keren aslinya kok mbak :D

      Delete
  18. subhanallooh ini asli awesome banget *matablingbling

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, Masya Allah.. lebih awesome aslinya kok mbak :)

      Delete
  19. jawa itu kok indahnya pake banget :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya main ke Jawa mas, hehehe

      Delete
  20. Baru tahu kalau ada Embung Kledung yang viewnya bagus banget itu! Selama ini cuma lewat di antara Sindoro-Sumbing aja tapi nggak pernah tau ada tempat secakep itu :(

    ReplyDelete
  21. Mungkin lain kali pas lewat bisa diaplikasikan mbak :D

    ReplyDelete
  22. wah banyak gunung di Temanggung
    aku jadi pingin naynyi memandang alam dari atas bukit
    tapi view gunung sindoro aku paling suka...

    ReplyDelete

Powered by Blogger.