Header Ads

Terpikat Dengan Pemandangan Bukit Sawangan

Bukit sawangan merupakan sebuah nama tempat/ daerah yang berada di kabupaten Magelang. Keistimewaan daerah ini adalah lokasinya yang berada di antara gunung Merbabu dan Merapi sehingga menawarkan view yang sangat indah sekali. Maka dari itu disini ada satu objek wisata yang familiar dan populer nih sob, yaitu ketep pass. Jika diantara temen-temen ada yang sudah pernah kemari maka kalian sedang berada di daerah bukit Sawangan.

Pemandangan Gunung Merapi
Selain pemandanganya yang menyegarkan mata, hawanya juga sangat sejuk. Sehingga dapat memikat hati para pengunjung yang pernah singgah kemari.

Alhamdulillah.. hari minggu (16/04/17) saya ada rencana pulang kampung karena didesa ada acara. Nah, malamnya sebelum berangkat terbesit dibenak pikiran saya untuk mengubah rute perjalanan. Biasanya sih kalau pulang kampung saya seringnya lewat Salatiga, terutama jalur lingkar Salatiga. Untuk rute yang saya ubah yakni dari Sumowono - Banyubiru - ambil arah ke Kopeng, terus sampai Sawangan - Selo - kemudian turun gunung sampai ke Tlatar. Memang perubahan rute ini memakan waktu 2 kali waktu tempuh perjalanan. Biasanya kalau lewat jalur normal sih sekitar 2,5 jam sampai. Sedangkan kalau lewat rute tersebut bisa memakan waktu hingga 5 jam. Wawww.... tapi no problem..

Alhamdulillah hari yang dinanti tiba juga, saya berangkat dari rumah sekitar jam 6 pagi. Agak kesiangan juga sih soalnya kurang persiapan. Hehehe.. hari ini cuaca sedang cerah selama perjalanan saya perhatikan gunung-gunung yang terlihat sepanjang perjalanan begitu jelas. Pertama-tama ada gunung Ungaran, Prahu, Sindoro, dan Sumbing, ke empatnya nampak terlihat jelas dan cerah sehingga membuat saya semakin bersemangat memacu kendaraan.

Ketika tiba di daerah Kopeng saya lihat gunung merbabu sedikit demi sedikit mulai tertutup oleh kabut, tapi saya tetap positif thinking dan tidak putus asa. Soalnya pengalaman beberapa waktu lalu juga demikian. Jadi masih ada kemungkinan bagian lain dari sisi gunung merbabu belum tertutup kabut. Jadi logikanya misalnya di daerah A gunungnya tertutup kabut belum tentu di daerah B juga tertutup. Tapi itu hanya kemungkinan kecil #KecilSekali.

Traveling In Merapi Mountain
Singkat cerita saya sudah tiba di daerah Sawangan, Alhamdulillah ternyata benar juga.. gunung merapinya amazing.. Masya Allah.. nampak terlihat jelas dengan ciri khasnya. Gunung yang sering meletus ini bertipe gunung api strato dengan memiliki ketinggian 2.930 meter diatas permukaan laut. Jika terlihat jelas kita akan mendapati sebuah bekas aliran lahar yang masih tersisa.

Pemandangan Gunung Merbabu Dari Sawangan
Selain gunung merapi saya juga mendapati pemandangan gunung merbabu yang tak kalah menarik. Kedua gunung ini nampak terlihat jelas dari bukit Sawangan. Nah, gunung merbabu sendiri termasuk gunung non-aktif dengan memiliki ketinggain 3.145 mdpl. Di daerah Sawangan ini juga ada jalur pendakian gunung merbabu juga hloh sob, yakni lewat jalur Suwanting.

Gunung Sumbing
Kalau pas cerah maka gunung Sindoro dan Sumbing pun nggak mau ketinggalan..

Singkat cerita akhirnya saya pun tiba di sebelah gerbang masuk objek wisata ketep pass. Cuma saya nggak masuk, cuma numpang istirahat. Hehehe.. nah bagi kalian yang mau menambah wawasan mengenai gunung berapi khususnya gunung Merapi ini bisa masuk ke objek wisata ketep pass, terus masuk ke museum gunung api & teater mininya. Wah.. seru ya..

Setelah dirasa cukup saya pun kembali melanjutkan perjalanan. Dari objek wisata ketep pass turun sedikit lalu saya mengambil arah menuju ke Boyolali. Untuk medan yang satu ini bisa dibilang extream hloh sob, soalnya jalanya naik turun dan berkelok kelok. Kalau misalkan temen-temen ada yang mau lewat sini pastikan kendaraan kamu dalam kondisi prima dan berfungsi dengan baik ya sob..

Merapi Mountain
Selama perjalanan saya perhatikan didaerah sini kedua gunung baik merapi dan merbabu semuanya mulai diselimuti kabut. Tapi no problem.. Alhamdulillah tadi udah lihat pemandangan yang indah maksimal. Nah di Selo ini ada 2 objek wisata yang recommended nih sob yaitu Gancik Hill Top dan Oemah Bamboe New Selo. Kedua objek wisata ini berlawanan arah, kalau Gancik lokasinya berada di lereng gunung merbabu, sedangkan New Selo lokasinya berada di lereng gunung merapi. Untuk masalah akses sih sudah cukup mudah, cuma.. nanjaknya bro.. makanya pastikan kendaraan kamu benar-benar dalam kondisi prima saat mau liburan kesini.

Nah, karena saya tidak ada niatan mau mampir ke Gancik ataupun Selo jadi saya langsung saja bablas ke tujuan. Yaitu kampung halaman. Hehehe..

22 comments:

  1. Wah bagus banget, di depok juga ada namanya daerah sawangan :D

    ReplyDelete
  2. deket banget itu sama gunung merapi, berasa sedang diajak berhadapan dan bicara langsung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Ev.. pemandanganya top markotop :D

      Delete
  3. Njenengan asli boyolali ta mas?
    Ini judulnya mudik yang menokmati banget hehehe. Gaheran sih, pemandangannya ga perlu di ragukan lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas Jo.. ane asli wong Boyolali. Hehehe
      Iya nih mudik duluan :D

      Delete
  4. Ajib mas...lama saya g maen ke Boyolali...sering ke Boyolali tp cm di daerah" tertentu...paling sering di selo pas nanjak Merbabu Merapi...br tau ada wisata gancik hill top

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga favoritnya di daerah Selo mas :D nggak ada bosenya..

      Delete
  5. kalo datang ke temp-at yang indah seperti ini, hati suka dag dig dug ser, ingat Yang Diatas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah..
      iya ya mbak, betapa kecilnya kita dimuka bumi ini..

      Delete
  6. Pemandangannya indah. :D Sejuk deh kelihatannya.

    ReplyDelete
  7. Di jateng skrg ini banyak bukit-bukit ya mas. Tapi aku terakhir main itu ke Salatiga ke View Goa rong, kayak bukit juga sih cuma bisa lihat view 5 gunung langsung.

    Jadi pengen nyoba mampir ke sawangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan gan :D
      Ohh iya goa rong itu ya.. pemandanganya juga sip..

      Delete
  8. wah sekarang udah beriklan ya mas... keren mantap smeoga makin berkah seberklah gunungnya yang keceeh adem ya mas... alhamdulillah matur nuwun mas suguhannya nikmat bangeet ^-^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah iya nih mas Angki,,, :-)

      Delete
  9. Punya rumah di daerah ini,,, kayaknya Mantap...
    Masih Asri bener...

    ReplyDelete
  10. Bagus ya, sejuk. Cocok untuk destinasi wisata wisatawan dari kota

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, untuk refresing juga :D

      Delete
  11. Cakep cakep pemandangan nya. Sejuk banget lihatnya. Tambah keren blognya juga sekarang ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan pemandanganya bikin mata seger :-)
      Alhamdulillah gan...

      Delete

Powered by Blogger.