Header Ads

Menikmati Keindahan Gunung Merapi & Merbabu Dari Ketep Pass

Kalau di Temanggung ada wisata alam lembah Sindoro Posong maka di Magelang ada Ketep Pass. Ketep Pass merupakan sebuah objek wisata alam yang mengusung tema pemandangan dan view pegunungan. Jika di Posong kita dapat melihat gunung Sindoro & Sumbing maka disini kita dapat melihat gunung Merapi & Merbabu, cuma arah pandangnya yang ditonjolkan adalah view gunung Merapi.

Nah kalau temen-temen mau yang viewnya gunung Merbabu, ada recommended place nih, yaitu di daerah Selo Boyolali, tepatnya di New Selo. Jaraknya dari Ketep Pass mungkin sekitar 45 menit.

Oke oke jadi kali ini saya enggak akan membahas masalah Selo maupun Posong, melainkan Ketep pass itu sendiri. Objek wisata yang berada di perbukitan Sawangan Magelang ini bukanlah tempat baru ataupun tempat yang lagi ngehits sob. Melainkan objek wisata lama.

Gunung Merapi Dari Ketep Pass
Untuk menuju kemari juga bukanlah hal yang sulit. Kalau mudahnya sih lewat Kopeng sob, dari jalur Lingkar Salatiga ambil arah ke Kopeng, lalu ikuti saja papan plang penunjuk arah yang sudah terpampang di pinggir pinggir jalan, hmmm.. kalau dari jalur lingkar sih mungkin sekitar 1 jam kurang lebih.

Untuk masalah transportasi kita bisa menggunakan sepeda motor dan mobil, bus besar juga bisa tapi lewatnya Magelang, bukan jalur lingkar. Soalnya yang lewat jalur lingkar medan dan lebar jalanya tidak memungkinkan.

Kalau saya pribadi sih lebih suka lewat Kopeng karena pemandanganya beautiful banget sob. Dari awal kita masuk ke Kopeng pertama-tama kita akan disuguhi pemandangan gunung Telomoyo & gunung Andong, seterusnya kita akan melihat pemandangan gunung Merbabu. Dan kalau cuaca sedang cerah gunung Sindoro dan Sumbing pun juga dapat kita lihat. Masya Allah.. Udaranya juga fresh banget, ditambah dengan alam pedasaan dan kearifan lokal warga sekitar dapat menjadi pemandangan tambahan selama perjalanan.

Gunung Merapi Jawa Tengah
“Bukankah Kami telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan, dan gunung-gunung sebagai pasak?” (An Naba', 78: 6-7)
Wusssssssss... Tara.. Kita udah sampai di Ketep Pass nih sob. Nggak perlu jalan lagi deh karena dilokasi parkir kita udah dapat melihat pemandangan gunung Merapi.

Sampai disini silahkan saja mau explore dari sudut mana dulu sob. Mau melihat pemandangan dulu? ke teater? atau ke museum gunung api? atau mau neropong? atau mau ke toilet dulu mungkin yang tadu diperjalanan nahan hajat? #Hehehe #Piss.

Keindahan Lereng Gunung Merapi
Kalau saya pribadi sih lebih tertarik menikmati keindahan gunung merapi dan merbabu sob. Masya Allah.. indah banget. Kalau sedang cerah kita akan dapati cekungan cekungan di sela sela gunung. Bahkan di sisi lain gunung merapi tepatnya di puncak masih terdapat bekas letusan gunung merapi beberapa waktu yang lalu. Allahu Akbar..

Gunung Merbabu Dari Ketep Pass
“Dan Dia menancapkan gunung-gunung di bumi supaya bumi itu tidak goncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk” (Surat An-Nahl:15)
Berbeda dengan tetangganya disisi lain gunung merbabu terlihat lebih tenang. Apa karena gunung merbabu termasuk kategori gunung non-aktif ya sob? Entahlah..

Saat berada disini rasanya nanti-nanti dulu pulangnya, soalnya memang suasanan dan pemandanganya bikin pengunjung betah berlama lama disini.

Ohh iya.. jangan sampai ketinggalan masuk ke museum gunung api ya sob, soalnya disini kita dapat menimba ilmu mengenai gunung berapi, khususnya gunung merapi. Karena namanya museum sudah pasti ada benda-benda yang disimpan disini. Nah kalau dimuseum ketep pass ini yang disimpan apalagi kalau bukan batu alam dari gunung merapi. Bukan batu akik ya sob.. Hehehe

Oke sobat,, gimana udah puas belum?? kalau misalkan udah, ada beberapa tempat yang lokasinya nggak begitu jauh hloh dari ketep pass. Ada:
- Top Selfie Kragilan, desa Pakis.
- Hutan pinus Grenden.
- Air Terjun Kedung Kayang.
- Jalur pendakian merapi, New Selo ( Boyolali ).
- Jalur pendakian merbabu, Gancik Hill Top ( Boyolali ).

Nah gimana, mantep kan ya?? Udah punya agenda weekend ini?? kalau belum recommendedlah refresing kesini...

14 comments:

  1. Gunungggg saya suka hehe, jadi kangen belum naik lagi soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ajakin dong mbak kalau muncak. Hehehehe

      Delete
  2. Betul ya ketep pass ini sudah dari jaman kapan ya :D
    Tp tetep memiliki daya tarik tersendiri, dan gak kalah sm tempat2 wisata baru yg banyak bermunculan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, pemandanganya sip sekali :D

      Delete
  3. Wow, pemandangannya super yahud ya :)

    ReplyDelete
  4. ini modelnya kayak View goa rong ya mas, kayaknya kapan-kapan saya pengen nyobain kesini.

    ReplyDelete
  5. Pas bulan Maret dan September ke sini tuh pas banget buat nungguin matahari terbit, tepat di tengah-tengahnya Merbabu-Merapi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kelewat nih mas bulan Maretnya :-O Huhuhu..

      Delete
  6. Pemandangan yang indah, jadi ingin mendaki. Hehe

    ReplyDelete

Powered by Blogger.