3 Air Terjun Di Karanganyar Yang Mesti Kamu Datengin

Karanganyar merupakan salah satu kabupaten yang berada di lereng gunung Lawu. Dimana yang kita tau bahwa gunung lawu merupakan gunung yang berada di tengah-tengah perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dengan Jawa Timur. Gunung lawu sendiri termasuk gunung mati (non-aktif) dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki.

Nah, kali ini saya tidak akan membahas mengenai gunung lawunya melainkan objek wisata yang berada di lerengnya. Sudah bukan sebuah misteri lagi ya sob, kalau gunung itu adalah sumber air. Maka dari itulah ada beberapa aliran-aliran air tersebut yang jatuh dari atas tebing sehingga terbentuklah sebuah air terjun yang cantik.

Di kabupaten Karanganyar sendiri ada 3 air terjun yang dijamin top dan nggak ngecewain nih sob. Apa aja diantaranya?

1. Air terjun Grojogan Sewu
Tawangmangu Waterfall
Nama lain dari air terjun ini adalah Tawangmangu atau Tawangmangu Waterfall. Lokasinya berada di desa wisata Tawangmangu hanya berjarak 1 jam perjalanan dari Solo kota kurang lebih. Air terjun grojogan sewu sendiri bukanlah objek wisata baru sob, melainkan sudah lama sekali. Cuma sampai saat ini masih eksis dan ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Untuk masalah akses juga sudah oke nih sob, selain sepeda motor dan mobil bus besar pun juga bisa sampai kesini.

Fasilitasnya juga sudah komplit. Yang nggak kalah menarik adalah di depan pintu gerbang kita akan melihat banyak penjaja oleh-oleh khas Tawangmangu, jadi kita nggak perlu repot-repot nyari pusat oleh-oleh kesana kemari.

Ngomongin soal oleh-oleh nih pasti dominan ke makanan ya sob. Hehehe.. Oke, jadi kamu perlu waspada saat bawa makanan/ minuman di kawasan ini ya sob karena disini masih banyak terdapat satwa endemik khas gunung lawu, yakni kera ekor panjang. Nah, kalau nggak mau jajanan kamu diambil oleh kawanan kera ekor panjang, maka amankanlah..

Kita perlu menuruni anak tangga terlebih dahulu sebelum sampai ke air terjun. Jaraknya dari pintu gerbang juga nggak jauh kok sob, sekitar 10 menit mungkin sudah sampai.

Masya Allah.. setelah sampai kita pasti akan terkagum dengan air terjun yang tinggi ini sob. Airnya jernih, dingin, dan ditambah udaranya yang masih segar alami. Nah yang perlu diperhatikan adalah pengunjung dilarang untuk mendekat ke air terjun. Alasanya ya pastinya keamanan ya sob. Misalkan mau istirahat disini jug ada banyak warung makan, atau mau main air ke kolam renang (anak-anak) juga ada.

2. Air terjun Jumog
Bergeser sedikit ke kecamatan Ngargoyoso, tepatnya di desa Berjo disini terdapat air terjun yang juga nggak kalah top sob, yaitu air terjun Jumog ( Jumog Waterfall ). Walaupun tak setinggi air terjun grojogan sewu air terjun jumog memiliki keistimewaan tersendiri. Yakni yang menjadi ikon dan ciri khasnya ialah jembatan yang berada di depanya. Tak jarang banyak para wisatawan yang rela mengantri demi berfoto disini.

Jarak antara lokasi parkir dengan air terjun juga nggak terlalu jauh, paling kurang lebih 5 menit ( tanpa istirahat ) kita sudah sampai di depan air terjun. Disepanjang perjalanan menuju ke air terjun kita akan menjumpai banyak warung-warung makan yang tersebar di pinggiran sungai. Nah buat kamu yang mau ngisi perut boleh nih nyoba hidangan yang ada disini.

Aliran airnya juga masih fresh, dan alami. Sedangkan di pinggir-pinggir sungainya ditumbuhi tanaman gunung berupa pohon pakis dan yang lainya. Mantapp dah..

3. Air terjun parang ijo
Masih di kecamatan Ngargoyoso. Dari desa Berjo kita bergeser sedikit ke Girimulyo. Disini kita akan menjumpai air terjun parang ijo. Berbeda dengan air terjun jumog air terjun parang ijo jauh lebih tinggi, tapi tak setinggi air terjun grojogan sewu.

Nah dari air terjun Jumog kita cuma butuh waktu 10 menit perjalanan dengan menggunakan sepeda motor. Sayang banget kan sob kalau dilewatkan begitu saja?

Dari lokasi parkir kita juga nggak perlu jalan jauh-jauh kok sob, paling 5 menit juga udah sampai di air terjunya. Untuk masalah nuansa dan suasana sih kurang lebih seperti di air terjun jumog. Disekelilingnya banyak ditumbuhi tanaman pakis sehingga terkesan sejuk dan segar.


Gimana sobat? mantep kan? Nah, makanya pas kamu berkunjung ke kabupaten Karanganyar pastikan tidak melewatkan air terjun diatas itu ya sob. Nah sebagai catatan saja buat kalian yang mau kesini siap-siap dengan medan jalan yang menanjak serta berkelok kelok ya, maklum saja karena lokasinya berada di lereng gunung. Cek juga keadaan mesin kendaraan anda pastikan dalam peforma terbaik terutama rem.

14 comments:

  1. Parang ijo dan jumog paling keren mnrtku. Ga cuma curugnya, tp penataan pepohonan dan tanaman lainnya yg mnrtku sangat rapi dan asri

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Besok pas liburan coba mampir kesana mbak Wahyu :D Hehehe

      Delete
  3. Enaknya kalo pergantian musim emang ngadem di air terjun mas...beberapa kali ke Tawangmangu, jd kurang greget kl kesana lagi...pengen mblusuk cr air terjun kecil " heehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, Tawangmangu emang top. Tapi jumog & parang ijo boleh juga :D

      Delete
  4. Hahaha,,, yang baru aku datangi cuman Air Terjun Grojogan Sewu mas,,,, masih ada ya rupanya kera-keranya,,, :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, sudah jadi penghuni tetap kali ya :D

      Delete
  5. Fotomu ajib mas, mbok aku dikasih belajar hahahahhaha.
    Kemarin sih mampirnya ke Jumog aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane juga masih belajar kok mas. Hehehehe..
      Wah mantep ya mas, ditunggu postinganya :D

      Delete
  6. Ngeliat air terjun tuh bawaannya langsung seger gimana gitu :D

    ReplyDelete

Powered by Blogger.