Header Ads

Belajar Menanam Dengan Media Air Di Hidroponik Agrofarm Bandungan

(26/02/17) Seperti yang kita ketahui bahwasanya menanam tanaman umumnya dengan menggunakan media tanah karena tanah mengandung banyak unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman. Ternyata selain menggunakan tanah kita bisa menanam tanaman dengan media air hloh sob.. Mau tau? oke kita langsung saja otw ke Bandungan..

Tepatnya di daerah Bandungan kabupaten Semarang kita dapat belajar dan melihat langsung seperti apa tanaman yang ditanam dengan menggunakan media air. Atau istilah kerenya metode penanaman ini adalah Hidroponik. Banyak sekali masyarakat kita yang beralasan tidak memiliki lahan luas untuk menanam tanaman, padahal ada beberapa opsi yang bisa kita gunakan untuk tetap bisa menanam tanaman di lahan sempit. Ada tabulanpot dan hidroponik ini sendiri.

Dimana sih lokasi tepatnya hidroponik agrofarm ini? mudah sekali sobat, lokasinya nggak jauh dari pasar Bandungan. Dari pasar bandungan silahkan kalian ambil arah ke Ambarawa. Kurang lebih 100 - 200 meter kalian pasti akan lihat papan penunjuk arah ke hidroponik agrofarm di kiri jalan. Dari jalan raya sendiri lokasinya juga nggak jauh kok sob.

Setelah sampai disana kemarin saya rada-rada bingung karena disini sepi pengunjung, padahal hari ini adalah hari minggu. Ya mungkin karena ini adalah wisata edukasi jadi maklum sajalah.

Di hidroponik agrofarm ini ada beberapa rumah tanaman yang bisa kita pilih. Ada sayur mayur seperti selada, mint, sawi, tomat, paprika, dan yang lainya. Dari beberapa rumah tanaman yang saya pilih adalah rumah tanaman sayur salada, sawi, mint dll. Untuk yang tomat dan paprika beda tempat.

Nah untuk memasuki rumah ini kita perlu merogoh kocek Rp.10.000/ orang + bonus 2 sayur langsung dipetik dari medianya. Gimana sob? seru nggak??

Begitu masuk kita nggak dianggurkan gitu aja hloh sob, kita bakal ditemani sama pakarnya, atau kalau dalam bahasa hewan biasa disebut pawang. Hehehe. Nah si masnya ini bakal menjadi tour gate kita selama kita berada di dalam ruangan ini. Maaf banget pas kemarin kesini saya lupa nanya siapa namanya. Mulai dari pembibitan, penyemaian, hingga tanaman dewasa pun nanti dijelaskan disini. Seperti gambar diatas adalah tanaman salada muda.

Simak-->>
Jadi untuk memulai menanam tanaman dalam air ini hal pertama yang perlu kita lakukan adalah memilih bibit tanaman dulu sob. Kalau kemarin disini dengan cara stek. Tentunya ada ilmu sendiri ya sob cara menyetek tanamanya gimana. Kemudian kita pindahkan bibitnya ke rockwoll. Apa itu rockwoll? ya sejenis media tanam bentuknya sih kayak kapas cuma kalau rockwoll lebih mudah hancur oleh akar, jadi recommendedlah. Nah sebelum dipindahkan lagi kita musti nunggu beberapa minggu - bulan ( masing-masing tanaman berbeda ). Nah apa cuma air gitu aja sih? tentunya enggak ya sob, air ini adalah air campuran nutrisi yang diperlukan tanaman. Kalau misalkan sobat mau nyoba bisa browsing ya campuranya apa. Tentunya ada kadar dan rumusnya tersendiri.

Gimana sob? kalau lihat tanaman yang subur dan ijo-ijo gini pasti hati demen dan betah ya nglihatin terus. Hehehe. Puas juga kalau mau dimasak. Hmmm..

Aman dikonsumsi nggak nih? pastinya ya sob. Apalagi di hidroponik agrofarm bandungan ini nggak pake yang namanya pestisida. Wew...

Nah kalau tak punya lahan luas kita bisa menggunakan media pralon atau bekas botol air mineral sob. Untuk tata caranya bisa searching di internet. Hehehe.

Setelah puas menikmati ijonya sayur mayur di agroofarm bandungan ini saya mencoba jalan-jalan disekitar kebun. Rencananya mau masuk ke kebun paprika cuma karena yang jaga kebetulan nggak ada jadi nggak enak kalau langsung nylonong masuk gitu aja. Ya.. nggak jadi deh..

15 comments:

  1. Bagus banget. Di Bandungan emang lengkap deh semua ada

    ReplyDelete
  2. wah tempat cara Menanam Dengan Media Air Di Hidroponik Agrofarm Bandungan sering saya lewati lho mas....merapi demak satu kali pulang pergi lho....tapi dimana persisnya itu yang g tahu mas...sekarang jadi tahu deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah pendekar dong mas :D
      dari dataran tinggi kedataran rendah. Hehehe

      Delete
  3. Wuih mas cantik2 betul itu sayuran
    Saya juga ada keingina budidaya gini nih, praktis ya ga perlu media tanah yang luas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap mbak nita, bisa hemat ya kalau nanam tanaman sendiri :D

      Delete
  4. Bandung memang terkenal kreatifnya dengan tak memiliki lahan yang luas masih bisa menanam sayur mayur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bandungan mbak bukan Bandung. Hehe

      Delete
  5. waaah jadi pengen nyoba nanam kaya gitu

    ReplyDelete
  6. kalo ke bandungan cuma sering lihat karaokenannya yang berjamuran disana-sini...ternyata ada juga agrofarm. Jadi pengen nanem kangkung di halaman nie....

    ReplyDelete
  7. Saya juga sempat kepikiran mau membuat instalasi untuk hidroponik seperti itu di kampung, sementara kepikiran menggunakan pompa air tenaga surya biar aliran air nutrisi jalan terus, tapi memang belum ada waktu buat fokus ngejainnya, kalau pulang kampung malah isinya mancing lele di kolam samping rumah...ahahha

    ReplyDelete
  8. aku juga lagi belajar tanam menanam mas, walaupun belum ke hydroponik.. mahal uy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah cocok mas, go green...
      Ada cara yang murah kok mas :D

      Delete
  9. Wahh cocok bgt buat dirumahnya nich dgn cara hidroponik ,tapi blm begitu paham dgn cara ini

    ReplyDelete
  10. Wahhh baguss banget jadi pengen menanam seperti ini..!!

    ReplyDelete

Powered by Blogger.