Header Ads

Fenomena Awan Lenticular Clouds Di Dekat Gunung Ungaran

(05/02/17) Setelah semalam hujan gerimis di pagi yang cerah ini saya keluar rumah hendak mencari tanaman air, atau bisa juga disebut eceng gondok. Tanaman air yang satu ini kerap kita jumpai di alam terbuka seperti di kubangan, danau, sawah, kolam, sungai, dan tempat-tempat yang banyak air lainya. Karena sekarang ini musim hujan maka saya pikir tak susahlah mencari tanaman air ini.

Perjalanan saya mulai ke arah Barat tepatnya di daerah persawahan Srogo. Disana saya mencari di sekitar area persawahan dan kolam-kolam. Beberapa kali mencari saya keheranan karena tak melihat satupun tanaman yang saya cari. Entah faktor apa ya kok tanaman ini nggak ada sama sekali, biasanya banyak hloh. Pikir saya dalam hati.

Bentar-bentar. Ini Eksa mau buat apa ya tanaman eceng gondoknya? Hehehe.. Ohh iya lupa sob, tanaman ini akan saya pakai buat penghias kolam ikan. Selain mencukupi kebutuhan oksigen dalam kolam dengan adanya tanaman ini kolam kan akan menjadi lebih segar dan indah saat dipandang.

Oke, rupanya saya kurang beruntung karena sudah mondar-mandir kesana kemari tak satupun tanaman air saya dapat. Disela-sela kesibukan saya mencari sesekali saya melihat serta mengagumi keindahan gunung-gunung disekitar yang dipagi hari ini terlihat begitu jelas. Ada gunung Ungaran, Merbabu, Merapi, kemudian bergeser sedikit nampak gunung Sumbing, Sindoro, dan Prahu. Karena keterbatasan alat jadi saya tidak mengabadikan momen kecerahan cuaca di pagi hari ini. Cukup dinikmati dengan lensa mata, dan disimpan di memory otak & hati. Masya Allah..

Karena sudah menyerah saya memutuskan untuk pergi ke pelabuhan tanjung Kendal. Niat saya kesana hendaklah mencari kerang-kerangan ( kulit kerang ). Gunanya ya kurang lebih sama tanaman yang tadi saya cari.

Saat otw kesana pandangan mata saya tertuju ke gunung Ungaran karena melihat ada sesuatu yang fenomenal menurut saya. Apa coba? yaitu fenomena awan Lenticular Clouds. Fenomena awan langka ini biasanya sering muncul didaerah dataran tinggi termasuk bukit dan gunung.

Saya sejenak berhenti menikmati karunia Allah yang sangat indah ini. Alhamdulillah di pagi yang cerah ini saya diijinkan untuk melihat keindahan awan Lenticular Clouds.

Mana sih mas awanya? sama aja deh kayaknya? Hahaha.. Coba dicek lagi sob, disekitar gunung Ungaran itu ada awan yang asing nggak? ada kan ya pastinya? yap awan tersebut berada di sebelah kiri gunung Ungaran. Foto ini saya ambil di jalan menuju ke pelabuhan.

Ngomong-ngomong apa sih itu awan Lenticular? Nah menurut sumber yang saya baca awan ini terbentuk  karena adanya udara lembab yang dipaksa mengalir keatas disekitar puncak gunung. Jadi nggak heran kalau awan ini kerap kita jumpai / lihat di daerah pegunungan dan dataran tinggi.

Nah gimana sob? cantik sekali bukan? jangan lupa bersyukur ya ketika melihat sesuatu yang indah, apalagi kalau yang berhubungan dengan alam..

Bonus :
Gambar yang saya share diatas merupakan gambar yang saya ambil dari angle yang sama. Karena saya cuma sekali berhenti dan kemudian melanjutkan perjalanan menyelesaikan misi utama.

Walaupun tanaman airnya nggak dapet Alhamdulillah masih dapet kulit kerangnya buat hiasan kolam. Btw kulit kerang yang saya ambil adalah kulit kerang yang sudah mati, alias cuma rumahnya aja. Atau kalau masyarakat sini nyebutnya Sotong / tiram. Beda hlo ya..

20 comments:

  1. Aq masih belum paham mengenai awan lenticular meskipun penjelasannya sudah kubaca berulang-ulang,, jadi itu sejenis fenomena alam? Ada berapa jenis fenomena awan yang ada di dunia ini? Cuma lenticular?
    Maaf ya saya memang bukan scientist heheh... Tapi terus terang artikel ini sangat menarik dan informatif,,,gambarnya pun indah sangat..., superr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya ada banyak gan fenomena awan yang terjadi di bumi kita ini, cuma kalau saya pribadi lebih sering melihat awan Lenticular ini..
      Nah masalah penjelasan intinya terjadinya awan ini adalah udara lembab yang dipaksa naik. Hehehe//

      Delete
  2. Cantik banget, aku malah jarang memperhatikan lho.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perhatikan lagi ya mbak, apalagi rumahnya kan di daerah pegunungan. Hahaha. piss...

      Delete
  3. ya saya suka banget menikmati penomena awan, meski saya tidak tahu istilah-istilahnya, kekaguman saya saat saya mampu berimajenasi dengan bentuk-bentuk atau penampakan awan, ada yang seperti burung, wanita, dan masih banyak lagi
    masyaallah ciptaan Allah memang luar biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohh iya.. gitu juga bisa mbak. Biasanya awan-awan tersebut membentuk menyerupai sesuatu ya. Hehehe..
      Iya benar sekali Masya Allah..

      Delete
  4. Eceng gindog klo ditaro di kolam ikan bisa jadi sarana pembibitan ya mas?

    ReplyDelete
  5. Wah ini toh fenomena awan lenticular. Tapi terlihat bagus ya pemandangannya..

    ReplyDelete
  6. Waaah, aku baru tau loh mas tentang lenticular clouds ini, maklumlah aku tinggalnya di daerah yang dikelilingi pulau, hehe.. Indah banget. Beruntung kalian yang tinggal di daerah pegunungan, banyak view cantik disana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetep bersyukur apa yang telah Allah berikan mbak. Yang pasti ada keindahanya masing-masing.
      Hehehe..
      Sini dong main ke gunung, atau ane yang main ke pulau :)

      Delete
  7. liat suasananya tenang, bikin pikiran juga tenang dan adem x-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah..
      nikmat yang luar biasa pasti ya mbak :)

      Delete
  8. Keren banget ya, mas.
    Waktu itu di Jogja juga kelihatan, deket Merapi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah nggak diabadikan mbak ?? :D Hehehe

      Delete
  9. Dulu sering lihat kalau pas melintas di Sindoro sama Sumbing, kalau Ungaran baru sekali lihat pas temen sedang muncak, katanya anginya lumayan kenceng saat itu.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.