Header Ads

Tanam Mangrove Di Pantai Kartika Jaya Kendal

(18/12/16) Akhirnya hari yang saya nanti-nantikan tiba juga, yaitu tepatnya pada pagi ini di Kendal ada event tanam mangrove di pantai kartika jaya. Acara ini diadakan oleh imaken ( ikatan mahasiswa Kendal ), meski ada kata mahasiswa acara ini terbuka untuk umum.

Kebetulan ada salah seorang temen yang sudah lama ikut dalam organisasi imaken ini dan Alhamdulillahnya saya dikabari dan diajaknya menanam pohon mangrove di pantai kartika jaya. Saya kira malah di pulau tiban, ternyata bukan.

Agendanya acara dimulai jam 6 pagi, tapi karena saya bangunya agak kesiangan + nunggu temen ( tetangga ) jadi jam 6 baru berangkat dari rumah. Hahaha.. biasa molor.. Kami juga nggak langsung ke lokasi karena harus mampir di Sekopek dan Karang Sari dulu untuk nyamperin temen yang lain.

Setelah beres semua kami berempat langsung tancap gas menuju ke daerah kartika jaya. Nah Kartika Jaya ini berada di kecamatan Patebon, letaknya berada di daerah Utara kota Kendal. Bisa kita akses dari batas kota Kendal di daerah Jambearum dan dari alun-alun Kendal ke Utara. Sebelum ke lokasi kami musti kumpul dulu di dekat Masjid buat nunggu rombongan lain yang belum dateng.

Cuaca pagi ini memang sedikit mendung, nampak disebelah Utara awan mendung gelap menyelimuti langit, sedangkan dari arah Barat & Selatan nampak lebih cerah. Meski begitu tidak menyurutkan para hadirin yang begitu antusias ingin menanam pohon mangrove di pantai kartika jaya.

Skip.. skip.. singkat cerita kami melanjutkan perjalanan menuju ke lokasi sekitar jam 8 pagi. Untuk masalah rute kami menggunakan rute yang sama ketika hendak ke pulau tiban, cuma bedanya sebelum sampai ke pulau tibanya kami belok kiri, kemudian lurus terus sampai mentok..

Sepeda motor yang kami bawa pun harus dititipkan ke rumah warga sekitar. Maklum saja karena pantai kartika jaya belum dikelola sama sekali.

Medan yang kami lewati berupa jalanan yang berbatu, sesekali harus melewati jalanan yang becek karena tanah yang habis diguyur hujan semalam. Kami musti melewati daerah pertambakan yang lumayan jauh. Jalanan cukup sulit saat kami melewati lumpu-lumpur yang melilit sandal. Tak jarang para aktivis mencopot sandalnya.

Pemandangan sedikit berbeda ketika saya melihat di arah lain. Nampak hamparan pegunungan terlihat jelas dan cerah, ada gunung Sindoro, Sumbing, dan Prahu. Masya Allah..

Setelah melewati medan yang lumayan sulit kami pun sampai di pantai kartika jaya... Alhamdulillah.. Sebelum melanjutkan perjalanan lagi banyak diantara kami yang mainan air, nyuci sandal yang terlapisi lumpur, dan mengabadikan momen..

Bisa dikatakan pantai ini masih bersih, ya meskipun ada beberapa sampah yang tersebar di beberapa sudut. Pasirnya hitam keabu-abuan dan halus dan ombaknya tidak terlalu besar. Tanaman-tanaman seperti tapak kuda juga tersebar di bibir pantai, sehingga menjadikan perpaduan warna yang indah. Masya Allah..

Ya aslinya sih kami bisa dikatakan sudah sampai di pantai kartika jaya, cuma ini bukan tujuan utama kami, karena lokasi penanaman pohon mangrovenya ke sana lagi.

Okeee... lanjut..

Sebelum melanjutkan acara menanam pohon mangrove kami semua berkumpul terlebih dahulu untuk berdo'a kemudian dilanjutkan dengan pengarahan oleh salah satu aktivis. Pengarahan ini meliputi cara menanam pohon mangrove yang baik & benar.

Setelah beres kami semua diarahkan menuju kelokasi yang nantinya akan ditanami pohon mangrove, disini juga sudah disediakan banyak sekali bibit-bibir pohon mangrove. Nah, untuk cara menanamnya sendiri caranya cukup mudah sob tinggal dijabut saja itu kelopak hitam yang berada di ujung tunas, kemudian tancapkan bagian yang lancip.

Kami semua menyebar ke berbagai sisi untuk menanam pohon mangrove, dan,, nggak memakan waktu lama bibit-bibit yang disediakan ludes ditanam aktivis. Wah.. wah.. sungguh sangat antusias sekali ya kawan-kawan imaken ini. Salut deh..

Nah kalau yang ini adalah pohon mangrove muda yang beberapa waktu lalu ditanam oleh aktivis juga. Nampak daun-daun muda mekar dengan suburnya..

Mungkin bagi kalian yang belum pada tau nih, kenapa to kok pohon mangrove itu penting? yang pasti adalah untuk mencegah erosi dan abrasi pantai atau istilahnya adalah pengikisan tanah. Terus dapat menstabilkan daerah pesisir, menjadi tempat hidup berbagai spesies air dan masih banyak lagi yang lainya. So.. pohon emang penting bagi semua makhluk hidup. Nggak cuma pohon-pohon dihutan saja hloh sob yang perlu dilestarikan dan dijaga, tapi pohon mangrove / bakau pun juga harus dijaga.

Setelah semua sudah habis kami pun kembali ke pantai. Ada yang main air, main bola, dan bersantai ria. Saat sedang bermain di bibir pantai salah seorang temen pun menawani mau ikutan nyari tiram.

"Kae meh do nang ndi wi?" tanyaku.
"Ohh... meh do nggolek tiram. pie, meh melu san po?"
"Yowes ayo.."

Untuk cerita mencari tiramnya nggak saya share ya sob. Hehehehe.. Jadi setelah kami semua puas dan waktu menunjukan jam 11 siang kami pun bergegas meninggalkan pantai kartika jaya. Semoga saja kedepanya pantai kartika jaya dapat menjadi destinasi wisata yang bagus. Namun tetap harus dijaga dari sampah dan dilestarikan hutan mangrovenya..

Salam Go Green...

36 comments:

  1. Wih, keren ya. Semoga bisa makin memeprcantik lingkungan dan perusakan alam bisa diminimalisir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, semoga makin indah pula :)

      Delete
  2. Wah keren, ih pengen deh ikut menanam mangrove yang nantinya akan menjadi ekosistem baru yang memberikan banyak manfaat untuk lingkungan sekitar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, besok kalau ada lagi silahkan ikut :D

      Delete
  3. kayaknya tempatnya penuh perenungan mas mantap semoga segera tumbuh besar mas manggrove"nya mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mas semoga makin menghijaukan bumi :D

      Delete
  4. sepertinya liburan tahun ini penuh dengan petualangan ya mas :D

    ReplyDelete
  5. backgroundnya keren, Sindoro Sumbing :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, Alhamdulillah kala itu cuaca sedang cerah :)

      Delete
  6. Positif banget kegiatannya.. Go Green ^^

    ReplyDelete
  7. Nanam bakau itu penting banget yaaa...
    Semoga kesadaran semacam ini semakin subur di dada setiap anak negeri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya om biar makin hijau bumi kita ini :)

      Delete
  8. kayaknya beberapa tahun kedepan bakal jadi pemandangan yang bagus ya mas, kalau tanaman mangrovenya sudah tumbuh besar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, makin seger kalau dipandang :D

      Delete
  9. Keren jalan-jalannya. Tidak hanya menikmati alam tetapi juga peduli. Semoga semakin cantik pantainya :)

    ReplyDelete
  10. ini baru namanya anak muda, keren kegiatannya

    ReplyDelete
  11. Mantab bener kegiatannya. Mugi2 makin banyak yg kena virus anak muda keren yg peka sama lingkungan. Keep istiqamah.

    ReplyDelete
  12. aku udah pernah ke sini, tapi dulu :-D

    ReplyDelete
  13. Itu cara tanamnya gimana Mas? Tinggal tancap aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pentolanya dicabut terus tinggal tancap aja om :D

      Delete
  14. Aktifitas yang menyenangkan dan bermanfaat terutama menanam mangrove'y di pantai, perlu ditiru dan dilestarikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga yang lain juga ya gan, biar bumi kita makin hijau..

      Delete
  15. weh hebat ya para aktivis ini, meski medannya membuat sandal terlilit lumpur tapi tetap semangat dengan misinya melestarikan tanaman bakau ini, semoga makin banyak yang menyadari bahwa melestarikan lingkungan adalah kewajiban semua orang
    selamat ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin mbak., Makasih atas do'anya :) Semoga generasi penerus bangsa masa kini makin mencintai alam dengan caranya masing-masing..

      Delete
  16. Keren banget nih, aktifitas Go Green-nya…
    Bibit tanaman mangrove ternyata seperti itu ya Mas…
    Panjang pada masing-masing bibitnya berapa cm Mas…?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayak ranting kayu gitu sih mas, untuk masalah panjang bervariasi sih n ane nggak ngujur jadinya nggak paham masalah panjangnya berapa cm. Hehehe

      Delete
  17. Wisata asyik yang juga mengedukasi ya mas, bukan hanya jalan-jalan biasa tapi memberi arti lebih dengan memberi kontribusi positif buat obyek wisata yang di kunjungi.. Semoga bisa di tiru oleh yang lain.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.