Header Ads

Menikmati Telaga Warna Dari Bukit Sidengkeng ( Wana Wisata Petak 9 Dieng )

Dieng memang menjadi destinasi wisata andalan kabupaten Wonosobo. Banyak lokasi wisata yang disuguhkan. Salah satunya adalah telaga warna. Telaga ini memiliki ciri khas dan keunikan. Yakni dapat berubah warna. Hal inilah yang menjadi penamaan telaga warna. Berubahnya warna air di telaga warna karena dipengaruhi oleh zat sulfur ( belerang ) yang tinggi.

Selain dapat dilihat dan didekati ternyata ada tempat lain yang tak kalah menarik untuk melihat telaga warna ini hlo sob. Batu ratapan angin? bukan. Ditempat lain ada sebuah bukit yang bisa pengunjung gunakan untuk melihat keindahan telaga warna. Bukit ini bernama bukit Sidengkeng atau wana wisata petak 9. Lokasinya berada di sebelah pintu masuk telaga warna.

Untuk masuk kesini pengunjung harus merogoh kocek sebesar Rp.5.000/ orang terlebih dahulu. Setelah membeli tiket masuk pengunjung akan disambut dengan pintu gerbang yang bertuliskan Wana Wisata  Petak 9 Dieng. Bunga-bunga yang cantik akan menyambut para pengunjung. Disini juga terdapat beberapa bunga endemik yang ditanam. Supaya para pengunjung yang datang kesini bisa sekalian belajar dunia flora yang terancam punah. 

Kemudian pengunjung akan melanjutkan perjalanan menuju ke atas bukit dengan menggunakan anak tangga yang sudah disediakan pengelola. Silahkan membawa bekal berupa makanan dan minuma jika anda ingin kesini, selain dibutuhkan tenaga yang extra alasan lainya adalah karena diatas sudah tidak ada warung yang menjual jajanan. Selama perjalanan menuju keatas pengunjung dapat melihat telaga warna di balik semak-semak. Namun akan lebih mantap jika melihatnya secara terbuka diatas.

Setibanya diatas bukit pengunjung akan melihat sebuah rumah pohon yang terbuat dari kayu dan digunakan untuk melihat pemandangan telaga warna. Rumah pohon ini ( 8/6/16 ) hanya ada satu. Maka dari itu pengunjung harus rela antri jika ingin naik kerumah pohon untuk mengabadikan momen.

Jika saat musim libur tempat ini sangat ramai dibanjiri para pengunjung, namun tak usah khawatir karena tanpa naik keatas rumah pohon pun pengunjung dapat menikmati telaga warna & pengilon secara bebas.

Dari sini nampak telaga warna berwarna biru dan didampingi telaga pengilon disebelahnya. Bukit-bukit disekitar telaga dengan terasiringnya yang khas ditambah dengan hijaunya pepohonan membuat pikiran dan mata menjadi lebih segar. Selain itu, jika cuaca sedang cerah pengunjung dapat melihat hampara pegunungan disekitar.

Diatas bukit terdapat beberapa pepohonan yang rindang. Maka jangan heran jika anda melihat banyak  pengunjung lain yang berbaring dan bersantai ria di bawah pepohonan untuk istirahat sejenak melepas lelah. 

26 comments:

  1. Mending ke sini pas ga musim liburan ya mas, klo rame, jadi kurang menikmati suasana hihi

    ReplyDelete
  2. Telaga warnanay keren banget ya. Sayang banget jauh mau jalan2 kesana. Hhhmm...

    Nice sharing mas

    ReplyDelete
  3. Pemandangannya keren banget mas (y)
    Salam kenal :)

    ReplyDelete
  4. foto dari rumah pohon itu ngga ada mas? padahal saya pengen lihat -_-
    kayanya pas tuh buat refresing biar otak lebih fresh lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang lebih sama kayak gambar diatas kok mas :D

      Delete
  5. Kira - kira ditelag itu kita bisa nyemplung atau mancing gak gan ???

    ReplyDelete
  6. sepertinya untuk mengunjungi telaga warna ini sebaiknya jangan pada saat liburan, karena tidak akan mendapatkan jatah duduk santai dirumah yang terbuat dari pohon itu

    ReplyDelete
  7. sudah pernah ke telaga warna dieng tapi gak menikmati dari bukit gitu

    ReplyDelete
  8. Sepertinya cocoknya kalau berkunjung kesana dengan kekasih ya kang ?

    ReplyDelete
  9. Memang pemandangan alam yang menakjubkan mas, jaraknya juga sekitar 1 jam setengah dengan rumah saya.. kawasan ini selau ramai pengunjung.. apa lagi pas liburan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah deket dong mas ?
      Boleh mampir ?? Hahaha

      Delete
  10. liburan di kesana rame gak ya mas, rencana tahun baru mungkin kesana jika punya waktu dan uangnya hehe

    ReplyDelete
  11. wow, pesonanya luar biasa mas^^
    warna telaganya ini loh...subhanallah :) :)
    pengen kesanaa....

    ReplyDelete
  12. di daerah saya ada telaga juga yang berwarna juga tapi gara2 gangga bukan belerang... cek aja namanya Danau Cigaru disamain sama Kawah putih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah cocok nih mas buat referensi :)

      Delete
  13. Bagus bangetttt. bulan lalu sempet main ke Wonosobo. Pas perjalanan ke Dieng hujan, akhirnya turun karena pakai motor ;-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih mbak,, disitu emang sering hujan :D

      Delete

Powered by Blogger.