Header Ads

Menyusuri Desa Wisata Sidomukti Di Lereng Gunung Ungaran

Sidomukti merupakan desa wisata yang berada di kabupaten Semarang. Tepatnya berada di lereng gunung Ungaran kecamatan Bandungan. Lokasinya yang berada di lereng gunung inilah yang membuat desa Sidomukti memiliki potensi wisata yang menjadi incaran para wisatawan.

Untuk menuju ke objek wisata Sidomukti pengunjung bisa menggunakan rute Semarang dengan menggunakan jalur pemancingan Jimbaran. Sedangkan dari arah Kendal pengunjung bisa menggunakan jalur Boja - Limbangan - Sumowono, kemudian kalau sudah sampai pasar Bandungan ada pertigaan ambil kiri menuju ke Semarang.

Karena berada di lereng gunung tak heran jika pengunjung musti melewati jalan yang menanjak serta berliku-liku. Ini juga yang harus pengunjung perhatikan untuk mengecek kondisi mesin kendaraan sebelum menuju kemari. Nah, untuk menuju kemari pengunjung bisa menggunakan transportasi berupa sepeda motor, dan mobil, sedangkan yang lain belum bisa karena akses jalan desa menuju ke wisata cukup kecil.

Bagi anda yang belum pernah kemari mungkin bertanya-tanya, ada apa sajakah di desa wisata Sidomukti ini. Yang pasti ada berbagai macam tempat wisata yang menarik.

Umbul Sidomukti, mata air alami yang berada di lereng gunung Ungaran
Umbul ini terletak di pintu masuk pertama. Pengunjung perlu membayar tiket masuk sebesar Rp.10.000/ orang terlebih dahulu untuk bisa masuk kesini. Walaupun bertemakan umbul ( mata air ) ternyata disini masih terdapat fasilitas dan wahana permainan yang menarik. Seperti naik motor sport ATV, naik kuda, flying fox, dan masih banyak lagi yang lainya.

Rasanya pasti ada yang kurang, manakala pengunjung yang datang kemari tidak melihat mata airnya. Iya nggak? nah untuk menuju ke umbulnya pengunjung hanya perlu berjalan mengikuti jalan yang sudah disediakan kira-kira 300 meter.

Umbul sidomukti memiliki 2 kolam yang bertingkat. Dimana antara kolam yang atas dan bawah memiliki kedalam yang berbeda. Airnya begitu jernih dan segar, maklum saja karena mata air ini didatangkan langsung dari gunung Ungaran yang memiliki ketinggian 1.200 dpl. Pengunjung pun boleh untuk mandi dan bermain air di kolam ini. Namun jangan lupa untuk membawa pakaian ganti ya kalau mau mandi disini.

Dari atas umbul sidomukti pengunjung bisa melihat panorama alam berupa danau rawa pening dan pegunungan yang membentang luas. Seperti gunung Telomoyo, Merbabu, dan Andong. Hijaunya hamparan perbukitan sekitar juga menjadi penyejuk mata bagi pengunjung yang memandangnya.

Kalau sudah yuk naik lagi ke pondok kopi dan goa Tirta Mulya
Jika masih ada waktu tidak ada salahnya untuk mencoba naik ke atas lagi. Sebelumnya pengunjung musti membayar lagi di pintu masuk sebesar Rp.4.000/ orang. Untuk menuju keatas pengunjung harus kembali memacu kendaraan lagi dengan medan yang lebih menanjak. Walaupun jalanan sudah bagus namun masih ada beberapa kendaraan yang tidak kuat menanjak.

Jarak antara umbul sidomukti dan pondok kopi hampir 1 Km. Semakin keatas pemandanganya juga semakin bagus. Ini bisa menjadi penyemangat bagi pengunjung yang sudah lelah akibat menempuh perjalanan jauh.

Setelah sampai di lokasi, pertama-tama pengunjung akan melihat pondok kopi yang berdiri di dekat lokasi parkir. Bagi anda yang memiliki saku lebih tidak ada salahnya untuk mencoba memesan hidangan kuliner yang ada di pondok kopi ini. Pengunjung bisa menikmati hidangan sambil menikmati sejuknya udara gunung Ungaran dan panorama alam yang indah dari sini.

Di sekitar pondok kopi ini dibuat taman yang bagus dan rindang. Hiasan bunga-bunga juga menambah nilai plus tersendiri. Banyak para pengunjung yang bersantai ria dan bercanda tawa di sekeliling taman.

Berbicara masalah goa lokasinya berada di sekitar taman, sudah ada papan penunjuk arahnya juga. Untuk memasuki goa tirta mulya ini pengunjung harus merogoh kocek sebesar Rp.5.000/ orang.

Sebelum memasuki goa pengunjung akan melihat sebuh pintu gerbang yang terbuat dari kayu. Dari luar nampak gelap gulita. Namun begitu masuk kedalam ternyata sudah dipasang beberapa lampu di sudut goa untuk mempermudah pengunjung menyusuri goa. Walaupun begitu tidak ada salahnya jika anda masuk kesini membawa alat penerangan tambahan seperti lampu senter.

Goa tirta mulya memiliki panjang sekitar 100 meter dan lebar 3 meter. Goa ini adalah goa buatan, dan dibuat oleh 5 orang di tahun 2009 yang lalu dan rampung sekitar 1 tahun 3 bulan kemudian. Goa ini memiliki ujung berupa sebuah tanah kecil yang menyuguhkan pemandangan yang indah.

Saat berada di tepi jurang ini pengunjung diharapkan untuk berhati-hati. Jika anda datang kesini pas hari libur tak jarang tempat ini dipadati oleh para pengunjung lain, sehingga sangat ramai dan penuh sesak. Jika anda ingin mengabadikan momen disini terpaksa harus mengantri menunggu giliran.

Ujung goa tirta mulya hanya tempat kecil itu, jadi begitu pengunjung sudah puas berada disini untuk kembali harus melalui jalur yang sama saat tadi masuk.

Jika anda ingin melakukan refresing dan jauh dari keramaian kota, tidak ada salahnya anda mencoba berkunjung kemari. Pemandangan alam yang ditawarkan sangat menarik dan cocok untuk menyegarkan pikiran setelah bekerja.

Bagi anda yang ingin bermalam ( menginap ) disini juga sudah disediakan tempat penginapan. Mulai dari pondok wisata family fun resort dengan berbagai tipe, lalu ada villa pondok kopi, homestay pinus, dan camping ground.

16 comments:

  1. Keren banget yaa hmmm
    jadi pengen jalan-jalan ke desa itu dehh :D

    ReplyDelete
  2. weleh, indah banget destinasi wisata desa Sidomukti di Ungaran ini teh atuh yah..makjleb dah

    ReplyDelete
  3. keren kang, boleh dong tuh main-main ke goa tirta mulya...

    ReplyDelete
  4. Sampe sekarang loh aku belum pernah ke sini hahahah. Duh Gusti kapan ada waktu ke sini ahahhaha

    ReplyDelete
  5. kok ngga masuk mas ke goa itu? hehehee jadi penasaran :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masuk kok mas, cuma didalem gelap banget jadi no photo :D

      Delete
  6. wah bagus nih tempatnya mas, di daerah pegunungan ya, tiket masuknyapun sangat menyesuaikan hehe...

    ReplyDelete
  7. Keceh ya tempatnya, baru tau kalo disana ada goa buatan ^-^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih keceh aslinya mbak :D sejuk segar..

      Delete

Powered by Blogger.