Header Ads

Indahnya Telaga Warna Dieng

Wonosobo - Kalau denger istilah Dieng pasti deh banyak diantara kalian yang langsung tertuju ke Telaga Warna. Bukan suatu keanehan memang jika banyak orang yang mengidolakan tempat tersebut jika berkunjung ke daerah Dieng. Apa alasanya? yuk kita simak sama-sama.

Terletak di ketinggian 2000 diatas permukaan laut serta dikelilingi banyak pegunungan membuat lokasi wisata ini menjadi fenomenal. Apalagi jika kamu berkunjung kemari pas musim libur. Siap-siap aja berjibaku dengan kepadatan pengunjung yang menyerbu. Ini menandakan kalau telaga warna memang nggak diragukan lagi keindahanya. Telaga warna sendiri masih masuk kedalam objek kawasan wisata dataran tinggi Dieng kabupaten Wonosobo.

Telaga Warna
Nah mungkin pada penasaran kan kenapa kok namanya telaga warna? Disebut demikian karena ( menurut informasi ) telaga ini kerap kali berubah-ubah warnanya. Mulai dari hijau, kebiruan, dan kuning. Ini karena didalamnya terdapat kandungan sulfur ( belerang ) yang tinggi.

Masalah rute menuju kemari nggak usah khawatir sob, karena Dieng itu sudah terkenal dari dulu sehingga papan petunjuk arah di pinggir jalan pun juga semakin banyak, ya ini gunanya buat kita-kita yang baru pertama kali kesini biar nggak nyasar. Untuk bisa sampai kesini kita bisa menggunakan sepeda motor, mobil, truk, dan bus. Tapi bentar sob.. sebelum berangkat cek kondisi mesin kendaraan terlebih dahulu ya, soalnya nanti treknya waw banget. Dari dulu cuma denger cerita orang aja kalau Dieng itu treknya super, ya percaya nggak percaya sih tapi emang beneran #Ngeri. Jangan lupa fungsi rem harus diperhatikan ya sob buat nanti pulangnya.

Setelah sampai silahkan parkirkan kendaraan kita di lokasi yang telah disediakan, kalau sudah langsung saja ke loket pembayaran. Meskipun udah terkenal tapi harga tiket masuknya masih terjangkau kok sob, cuma Rp.15.000/ 2 orang saja? didalam juga nggak cuma telaga warna doang. Ada telaga lain, gardu pandang, goa, flying fox, dan lain sebagainya? Dobel kan nikmatnya? Hahahaha..

Nah yang nggak kalah asyik apa lagi coba sob? kita nggak perlu jalan jauh-jauh buat bisa sampai ke bibir telaga. Setelah kita masuk dari pintu gerbang, maka bisa langsung melihat hamparan telaga warna nan indah ini. Ohh iya sob, satu tips lagi nih kalau kamu mau kesini. Jangan lupa pakai masker, karena bau belerangnya lumayan kuat disini. Kalau misalkan lupa nanti kamu bisa beli di sekitar sini, banyak kok yang jual.

Setelah kita sampai disini seolah rasa lelah akibat menempuh perjalanan jauh hilang begitu melihat hamparan air yang berwarna biru kehijauan ini. Panorama alam yang sangat kontras membuat siapa saja yang berkunjung kemari betah berlama-lama. Jika cuaca sedang cerah kita bisa melihat telaga warna jauh lebih nikmat, karena telaga ini dikelilingi oleh jajaran pepohonan yang rindang serta di apit bukit-bukit dan pegunungan yang tinggi.

Nah buat kamu yang pertama kali kesini jangan bingung cari tempat-tempat yang bagus ya sob, karena disini udah banyak papan petunjuk arah ke berbagai objek lokasi seperti yang saya katakan diatas tadi, yah walaupun ada beberapa yang musti kita harus bayar lagi, tapi nggak apa. Sepadan kok sama pemandanganya.

Ohh ya, telaga ini nggak boleh diceburin ya sob, #Wajar! kalau air tawar mungkin nggak masalah sih, tapi ini belerang jadi berbahaya sekali pastinya.

23 comments:

  1. duuhh kegnya cuma aku gitu yaa yg blum prnh menjelajahi indahnya pulau Jawa..
    ayo dong kapan jelajahi pulau sumatera mas eksa? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngomong-ngomong Sumatera jadi inget temen yang kemarin merantau kesana. Huhuhu..
      iya kapan-kapan mbak kalau ada rejeki dicoba. Hehehe..

      Delete
  2. Di Banyuwangi jyga ada yang bagus, kawah ijen. Silahkan datang. Apalagi pada saat bulan-bulan juni juli. Blue fire satu-satunya di Indonesia sedang bagus-bagusnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas ngidam kesana tapi belum kesampaian. Hahaha

      Delete
  3. Subhanallah air nya indah bgt kang, itu efek kamera apa emang asli nya kayak gitu kang??

    ReplyDelete
  4. wah mudah2an bisa berkunjung ke Dieng nih, amin...indah bgt ya, indonesia itu indah bgt...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, kalau yang asli pasti lebih indah :)

      Delete
  5. Subhanallah indahnya... Semoga satu saat bisa kesana. :)

    ReplyDelete
  6. Indahnya pemandangan Telaga Warna Dieng kang, jadi pengen berenang di sana, tapi takut bau belerang, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. WAh jangan kang, nggak boleh. Hahaha..

      Delete
  7. destinasi wisata dieng memang sangat luar biasa khususnya telaga warna ini, saya pernah tahun lalu berkesempatan maen ke situ deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau tahu saya ikut mang, nebeng mobilio mang lembu...

      Delete
  8. Sayang sekali tidak bisa mandi, kurang seru jadinya. Harga tiketnya ramag sekali, berdua 15 ribu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Iya mas kalau mandi bahaya.. :D

      Delete
  9. Kalo ini sih udah legendaris banget, kisahnya sering wara-wiri di buku pelajaran Bahasa Indonesia "Asal Usul Telaga Warna" hahaha.
    Dan memang bener-bener amazing ya indahnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. iya mbak, Dieng emang mantep banget :D

      Delete
  10. Pingin ke sini .... Penasaran banget ma telaga warnanya

    ReplyDelete
  11. Wah murah juga ya kalau sama pacar jadi 15.000 saja :-) Tapii.. kalau naik flying fox bayar lagi gak ya ?

    ReplyDelete

Powered by Blogger.