Header Ads

Telaga Pengilon Yang Airnya Sebening Cermin

Wonosobo - Setelah kemarin saya membahas mengenai telaga warna kini akan saya kasih satu tempat lagi yang masih satu komplek dengan telaga warna. Sudah pada tau? Belum ya.. makanya tetep stay di tempat duduk dan kita simak pembahasanya.

Nama tempatnya adalah telaga pengilon. Tempat ini masih satu komplek sekaligus berjejeran dengan telaga warna. Dibandingkan dengan telaga warna telaga pengilon ini berukuran lebih kecil. Uniknya adalah walau bersebelahan telaga pengilon ini nggak mengandung zat sulfur hlo sob. Nah jadi kalau kamu masuk ke telaga warna jangan sampai melewatkan tempat yang satu ini ya kawan. Tenang aja nggak bayar lagi, soalnya ini sudah sepaket dengan telaga warna.

Dua Telaga Andalan Di Dieng
Jarak antara keduanya juga terbilang cukup dekat, dan bisa diakses dengan jalan kaki. Nah kalau misalkan kamu bingung dimana lokasinya, nanti kita bakalan lihat papan petunjuk arah yang telah disediakan pihak pengelola yang tersebar di beberapa sudut, jadi nggak usah khawatir nyasar yah sob. Telaga pengilon airnya kehijauan kalau dilihat dari kejauhan namun saat didekati airnya bening dan jernih. Nah disini juga terdapat biota air berupa ikan-ikan kecil dan berbagai jenis capung. Berbeda dengan tetangganya disana nggak ada tanda-tanda kehidupan biota airnya.

Ohh iya sob, karena kejernihanya itulah telaga ini dinamakan telaga pengilon. Dalam bahasa jawa ngilo berarti bercermin jadi intinya adalah sebuah telaga yang bisa dibuat untuk bercermin.

Saat berjalan hendak ke telaga pengilon nanti kita bakalan menjumpai banyak para pedagang yang menjual beraneka makanan berupa gorengan hangat, jamur crispy, dan aneka snack. Kalau misalkan kamu lupa bawa bekal makanan bisa nih menikmati hidangan di bibir danau sambil menikmati kesejukan yang ada.

Ini bukan belerang lagi ya sob? jadi nggak usah takut sama bau yang menyengat. Beda sama telaga warna, kalau disana kan telaganya mengandung zat sulfur yang tinggi, sedangkan disini nggak ada. Jadi kamu bisa lepas masker saat kesini.

Selain kedua telaga tersebut kawasan wisata telaga warna juga masih menyimpan berbagai objek menarik lainya, apakah itu? nantikan kelanjutanya.. Hahaha..

18 comments:

  1. wih, indah sekali view nya mas, kalau dilihat mirip danau toba ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga sih mas, tapi masing-masing tentu punya keunikan tersendiri :D

      Delete
  2. oooh, kalau di deketin airnya bening yak. Aku pernahnya ke telaga warnanya..tp udah lama banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak mampir ke Pengilonya mbak ?? :D

      Delete
  3. baru tau artinya mas waktu datang dimari hehe... thanks mas

    ReplyDelete
  4. Kok nggak ada yang dari dekat, padahal pengen lihat jernihnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohh iya ya.. Hehehe.
      lupas mas, entar ya :D

      Delete
  5. Waaaaah jadi penasaran sama telaga ini. Semoga suatu saat bisa liat langsung ah. Makasi infonya ya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke mbak, semoga bisa lekas berkunjung :D

      Delete
  6. itu bisa di pake buat berenang ga mas :-?

    ReplyDelete
  7. Wah iso nggo ngilo ya mas saking jernihnya :)
    Ahhh makin cinta sama central java deh.

    Pas banget ada bakul gorengan pula , mantab....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak anget-anget di pinggir danau. Hahaha

      Delete

Powered by Blogger.